Creativepreneur and Career

Cara Memulai Bisnis Afiliasi Buat Pemula, Waktunya Kamu Coba

bisnis afiliasi

Saat ini, banyak solo entrepreneur yang menjalankan bisnis afiliasi, termasuk pada content creator dan blogger. Ditambah lagi, bisnis ini kedengarannya menarik soalnya kamu bisa dapetin uang dari internet. Asalkan, kamu menjalankannya dengan rencana yang emang udah matang. Makanya, kali ini kita bakal simak ulasan tentang bisnis afiliasi. Scroll terus kebawah buat mencari tahu.

Apa Itu Bisnis Afiliasi

Mixed race businesswoman using laptop

Sumber Gambar : forbes.com

Afiliasi merupakan program yang memberimu komisi buat menawarkan sekaligus menjual produk barang, layanan, dan website, bisa pilih salah satu. Contohnya yang paling umum yaitu link referral

Kalau kamu menjadi affiliate, kamu cantumkan link tersebut di website kamu buat mengarahkan pengunjung ke website lainnya yang menjual suatu produk barang atau layanan. Saat ada pengunjung yang beli produk tersebut, kamu bakal dapetin komisi.

Sementara, contoh cara yang paling mudah dan sering dilakukan yaitu memasang banner iklan. Cara ini cocok buat kamu yang punya website atau blog pribadi. Banner iklan tersebut berisi produk afiliasi yang kamu promosikan. 

Ketika pengunjung tertarik buat beli produk barang atau layanan di iklan tersebut, mereka akan mengklik banner-nya. Kemudian, mereka bakal diarahkan ke website penjual buat melakukan pembelian. Kalau transaksi jual beli udah berhasil, kamu bakal dapetin komisinya.

Kelebihan Bisnis Afiliasi

man-smiling-with-laptop-self-directed-learning

Sumber Gambar : betterup.com

Nah, dalam ulasan singkat ini, kamu bisa lihat kelebihan bisnis afiliasi, seperti berikut:

  1. Biaya Awal Murah. Kamu biasanya nggak perlu bayar apapun buat gabung di program afiliasi.
  2. Mudah untuk Gabung. Prosesnya simpel, cukup mengisi formulir serta promosi produk.
  3. Nggak Perlu Mengirim atau Mengembalikan Produk. Tugas kamu cuma promosi aja sepenuhnya.
  4. Nggak Perlu Sedia Produk atau Layanan. Kamu cuma mengarahkan pengunjung ke website penyedia produk, nggak perlu punya stok produk.
  5. Nggak Ada Persyaratan Tertentu. Pokoknya bisa promosi, kamu nggak perlu ikut kursus atau latihan apapun.
  6. Bisa Dapetin Uang Setiap Saat. Seperti bisnis online pada umumnya, afiliasi juga bisa kamu lakukan kapan aja 24/7 bahkan saat kamu tidur.

Kekurangan Bisnis Afiliasi

bisnis afiliasi

Sumber Gambar : howdoyougetrichonline.com

Selain punya kelebihan, ada juga kekurangan bisnis afiliasi, seperti berikut:

  1. Butuh Waktu Buat Membangun Referral. Buat dapetin jumlah uang yang signifikan, dibutuhkan waktu buat menciptakan referral.
  2. Harus Bisa Internet Marketing. Meskipun nggak latihan, supaya bisnis sukses, kamu harus punya skill atau seenggaknya paham tentang pemasaran lewat internet.
  3. Ada Batasan Buat Iklan. Ada batasan iklan buat program afiliasi tertentu, misalnya nggak boleh pakai iklan PPC atau dilarang menggunakan email marketing.
  4. Ada Syarat Pembayaran. Ada program afiliasi di mana kamu harus mencapai target penjualan atau uang tertentu, barulah kamu bisa dapet komisi.

Cara Memulai Bisnis Afiliasi

bisnis afiliasi

Sumber Gambar : Forbes.com

Ada sedikit tips buat memulai bisnis afiliasi terutama untuk pertama kali, berikut tipsnya:

  1. Tentukan niche buat meningkatkan peluang sukses.
  2. Cari produk dan layanan terkait niche melalui riset, dan pahami gimana pembuat program afiliasimu memperlakukan affiliate dan pelanggan mereka.
  3. Cari tahu cara promosi produk barang atau layanan, selain lewat website atau blog, bisa lewat email atau bahkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.
  4. Riset dan belajar strategi pemasaran biar paham gimana cara efektif buat membagikan link website, blog, dan afiliasi.
  5. Pahami undang-undang dan lisensi bisnis supaya bisnismu legal sehingga terlindungi secara maksimal oleh hukum.

Itulah sekilas tentang bisnis afiliasi, cocok buat yang ingin berbisnis dari rumah dan nggak pakai modal besar, yang penting ada koneksi internet dan perangkat smartphone atau laptop. Yuk, dicoba.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil