Creativepreneur and Career

Yummy, Ini Dia Ide Bisnis Bakery & Cakery!

Nggak jarang orang memiliki impian bisa bekerja dengan dandanan dan penampilan rapi atau istilahnya kerja kantoran. Padahal untuk menghasilkan duit nggak selamanya harus seperti itu. Bahkan bisa, kok menjadikan hobi sebagai ladang untuk mencari duit. Contohnya jika hobi bikin kue, bisa punya penghasilan dari hobi tersebut. 

Punya pekerjaan yang sesuai hobi itu menyenangkan, lho karena bikin lebih semangat. Nggak punya cukup modal untuk memulainya? Halah, ini hanya alasan buat orang yang ragu untuk memulai hal baru, karena nggak semua usaha butuh modal besar. Nah, supaya nggak bingung dan ragu di bawah ini ada beberapa ide bisnis bakery & cakery yang bisa dicoba. Simak terus, ya!

Bisnis Kue Berdasarkan Pesanan

Sumber Gambar : pexels.com

Ini salah satu cara memulai bisnis kue yang paling aman karena nggak butuh modal besar. Cukup buka PO (Pre Order), tawarkan di sosial media dan bikin kue sesuai pesanan saja. Bisnis ini termasuk mudah, karena bebas menentukan kapan waktunya (tanggal dan hari), jenis kue yang dijual dan berapa banyak kue yang bisa dipesan. 

Jadi buat yang modalnya mepet, bisa belanja bahan-bahan sesuai kebutuhan saja. Untuk amannya, pastikan pembeli bersedia melakukan pembayaran di muka, ya. Jenis kue bisa brownies, cupcake, donat dan lainnya.

Bisnis Kue Kering

Jualan kue kering termasuk minim risiko karena punya ketahanan yang lebih lama dibanding jenis kue lainnya. Banyak yang bilang bisnis ini musiman alias hanya dicari saat hari besar saja (Lebaran, Natal, Imlek). Tapi kalau kue kering kamu istimewa tetap nggak bakalan sepi peminat, kok walaupun sedang nggak ada momen khusus.

Selain memperhatikan kualitas bahan dan rasa, usahakan kue kering kamu tampil unik. Contohnya, jika umumnya kue puteri salju bentuknya bulan sabit, coba kreasikan dalam bentuk lain. Bisa bulat menyerupai bola-bola salju atau dipulung.

Toko Donat

Sumber Gambar : pexels.com

Donat masih menjadi salah satu kue favorit berjuta umat. Jika jago bikin donat coba, deh buka toko yang khusus jual donat. Mulai dari donat yang ukurannya mini, donat dengan beragam isian atau donat klasik dengan topping meses cokelat, gula halus dan keju. Atau biar beda, bisa juga jual donat dari bahan kentang atau pumpkin.

Kue Ulang Tahun dan Kue Pernikahan

Jualan kue ulang tahun dan kue pernikahan dengan tampilan cantik dan menarik bakalan diminati. Apalagi jika ditunjang dengan rasa yang enak, dijamin pelanggan nggak bakalan kabur. Walaupun soal rasa adalah selera masing-masing, namun kue tart yang nggak bikin eneg biasanya banyak disukai.

Bisnis Hampers

Sumber Gambar : pexels.com

Hobi bikin kue, bisa juga dikembangkan dengan bisnis lain seperti menerima pesanan hampers untuk acara khusus. Misalnya hampers untuk ulang tahun anak, 1 bulanan bayi, arisan, untuk acara hari besar seperti Lebaran, Natal dan Imlek.

Tinggal hias semenarik mungkin sesuai tema dan isian hampers bisa disesuaikan dengan harga. Bisa kue kering, cake, cupcake atau brownies.

Kue untuk Balita

Tidak jarang orang tua bingung untuk membeli kue yang cocok untuk balita. Nah, kamu bisa memanfaatkan ini sebagai peluang bisnis untuk jualan kue yang khusus untuk balita. Contohnya roti dari tepung organik, kue mangkuk dengan bentuk lucu, kue dari ubi dan lainnya.

Itulah beberapa ide bisnis bakery & cakery yang bisa dicoba. Bagaimana, tertarik memulai bisnis dari hobi membuat kue? Yuk, mulai dari sekarang!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil