Creativepreneur and Career

Peluang Bisnis Bioskop Mini Nggak Bakal Pernah Sepi

bisnis bioskop mini

Buat yang hobi nonton film, pastinya nggak boleh melewatkan pergi ke bioskop terutama saat ada film-film baru. Makanya muncul peluang bisnis bioskop mini yang cocok buat usaha pensiunan. Bisa juga buat yang ingin mencoba bisnis sampingan, terutama kalau kamu sendiri gemar menonton film.

MINI THEATRE

Sumber Gambar : indonesia.sae.edu

Soalnya, nggak semua orang suka nonton di bioskop yang ramai dipenuhi orang sehingga cukup gaduh. Sementara, di bioskop mini, suasana terasa tenang dan nyaman, nggak banyak orang nonton sehingga lebih privasi. Nah, sekarang kita simak aja seperti apa peluang bisnis yang satu ini.

Target Konsumen

Target konsumen untuk bisnis ini adalah orang-orang yang hobi nonton film rame-rame bareng teman atau keluarga. Juga orang-orang yang cari tempat alternatif buat hangout. Selain itu, kamu bisa menggandeng lembaga pendidikan termasuk sekolah buat nonton film edukasi bersama.

Persiapan Bisnis

Persiapan terpenting adalah tempat menonton ideal yaitu ruangan 4×6 atau 6×8 meter yang berkapasitas 15-20 orang. Kemudian, tentukan juga harga tiketnya rata-rata buat satu kali pemutaran film misalnya Rp60.000-Rp100.000. 

Siapkan juga peralatan seperti layar TV yang lebar, sofa yang nyaman buat tempat duduk, sound system, soundproof buat peredam suara, dan sebagainya. Pertimbangkan berdasarkan kualitas dan harganya.

Estimasi Keuntungan

mini theatre

Sumber Gambar : tripadvisor.com

Bisnis ini mungkin belum banyak yang mencobanya, tapi sebenarnya keuntungan yang ditawarkan cukup fantastis. Kamu bisa dapetin keuntungan di kisaran 60% sampai 80% yang tentunya menjanjikan. 

Lalu kelebihan lainnya antara lain nggak perlu tempat yang luas banget, perlu daya listrik sekitar 5.000 Watt 25 A, dan nggak memerlukan banyak karyawan.

Hambatan Bisnis

Pastinya ada hambatan buat bisnis jenis apapun yang dijalankan. Kendala paling umum biasanya sulit mencari film-film paling baru dan juga kesulitan dalam merawat alat-alat elektronik di bioskop mini tersebut.

Strategi Pemasaran

mini theatre

Sumber Gambar : openpr.com

Buat menarik minat pengunjung, perlu ada strategi tepat untuk pemasaran bisnis bioskop mini. Contohnya, pilih film-film yang lagi hits terutama di wilayah kamu. Lalu, sediakan film edukatif buat kelompok belajar yang mau nonton bareng.

Kamu juga bisa bikin sistem member atau nonton gratis setelah sekian kali kunjungan. Jadi, strategi yang menarik bisa efektif buat pemasaran bisnis kamu. Oh iya, agar bioskop kamu terus eksis, pastikan juga selalu mengikuti tren film setiap pekan, biar nggak ketinggalan film-film terbaru.

Tips Sukses

Keren Banget! Rumah Ini Punya Bioskop Mini

Sumber Gambar : detik.com

Agar bisnismu sukses, ada kuncinya. Jadi gini, kalau ada pelanggan datang terus mencari film yang belum ada di bioskop kamu, tawarkanlah film lain atau kamu bisa menawarkan buat datang lagi di hari lainnya. Jadi, kamu lebih mudah mencari film yang dimaksud dan bikin pelanggan puas.

Kalau mau pakai biaya lebih minim, pakailah jasa pemesanan tempat dan film yang mau ditonton pelanggan. Jadi, seperti sistem di rental DVD atau VCD. Kamu jadi benar-benar bisa mempersiapkan film tersebut sekaligus meminimalkan biaya. 

Oh iya, bisa juga kamu berikan harga khusus di hari-hari tertentu biar pelanggan semakin tertarik. Kamu juga dapat melengkapi penawaran seperti soft drink gratis di hari tertentu.

Analisa Keuntungan

Peluang Bisnis Bioskop Mini

Sumber Gambar : bisnisukm.com

Menurut BisnisUKM, skema di atas merupakan estimasi modal, biaya, pendapatan, dan laba yang bisa kamu jadikan acuan. Tentu aja angka nominalnya bisa berbeda tergantung pada bisnis bioskop mini yang kamu jalankan.

Demikian ulasan tentang bisnis bioskop mini beserta perhitungan keuntungannya. Bisa dicoba, loh, buat masa pensiun atau usaha sampingan kamu.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil