Creativepreneur and Career

Kenali Tipe Bisnis di Industri Musik, Nggak Sebatas Jadi Penyanyi

Kamu suka bermusik? Baik mendengarkan lagu atau bernyanyi, semua orang menyukai musik. Karena, musik adalah hal universal yang bisa membuat siapa aja bahagia. Jenis musik bermacam-macam, mulai dari pop sampai jazz, begitu pula dengan bisnis di industri musik yang beragam.

bisnis di industri musik

Sumber Gambar : pexels.com

Ya, jadi bisnis musik itu nggak cuma sebatas menjadi penyanyi atau penulis lagu, kalau berminat, kamu bisa kembangkan potensi lainnya. Berikut ide bisnis yang biasanya ada di industri musik:

  1. Mengelola Studio Rekaman

Bisnis ini cocok buat musisi baru dan musisi profesional. Studio berfungsi untuk mengolah musik yang diciptakan atau buat tempat latihan. Bisnis studio rekaman punya prospek yang bagus banget. Apalagi selalu bermunculan banyak musisi pemula. Minimal persiapkan studio 4×4 meter dilengkapi perangkat dan alat musik serta peredam suara.

2. Jadi Promotor Konser

Sumber Gambar : linecorp.com

Kamu bisa bekerja di acara besar dengan menjadi promotor konser. Kamu bakal bikin program acara sampai menghubungi musisi yang terkait buat menghadiri konser yang kamu gelar. 

Seru banget, loh, menekuni bisnis promotor konser. Bahkan, mungkin aja, kamu bisa kerja bareng musisi favoritmu. Bisnis di industri musik ini, kedengaran seperti dream job, iya kan.

3. Kembangkan Aplikasi Musik

Sekarang udah ada banyak platform maupun aplikasi buat pendengar musik. Sebut saja aplikasi seperti Spotify, Apple Music, dan JOOX, masing-masing punya keunggulan sendiri. Makanya, coba aja bikin aplikasi musik mengikuti selera pasar. Ini sekaligus memberi kesempatan musisi buat bermusik dan dapetin uang dari aplikasi tersebut.

4. Mengelola channel musik di YouTube

bisnis di industri musik

Sumber Gambar : theverge.com

Sekarang ini eranya influencer sekaligus Youtuber. Jadi, banyak channel YouTube yang bikin konten bertemakan musik. Kamu bisa bantuin promosi karya dari musisi tertentu, sekaligus dapetin uang dari fans dan pendengar setia mereka, bahkan secara global. 

Kontennya bisa berupa vlog harian, kehidupan sehari-hari, proses bikin lagu atau album, sampai video tanya jawab QnA.

5. Menjual sampel dan beat

Buat kamu yang tertarik menciptakan musik, kamu bisa pilih bisnis sampel dan beat lagu. Jadi kamu bisa mixing dan mastering buat bikin beat lagu yang berbeda. Nanti, musisi atau label yang tertarik bakal menghubungi kamu buat pakai sampel atau beat lagu yang udah kamu bikin. 

Artinya, mereka membeli lisensi buat pakai beat tersebut di dalam musik mereka. Penghasilan dari sini nggak sedikit, loh. Apalagi, kalau lagunya laku di pasaran, kamu bakal dapetin royalti terus-menerus.

6.Menulis lirik atau lagu

bisnis di industri musik

Sumber Gambar : unsplash.com

Musik nggak cuma tentang menggunakan suara dari alat musik aja, tapi juga perlu lirik yang menarik dan catchy. Maka dari itu, buat kamu yang berbakat menulis lirik atau lagu, pastikan meraih kesempatan dan peluang bisnis ini. Kamu bisa dapetin royalti dari karyamu yang ditampilkan di platform musik komersial. 

7. Menjual rilisan berupa fisik langka

Nah, di zaman sekarang ini udah serba digital. Mulai sulit buat menemukan rilisan musik dalam bentuk fisik. Seperti kaset, CD, dan piringan hitam yang sekarang udah menjadi barang langka. Makanya, kamu bisa menjadikannya peluang buat berbisnis. 

Ditambah lagi, banyak pencinta musik yang masih suka berburu rilisan musik dari musisi favoritnya. Karena emang langka, kamu bisa menjual rilisan musik dalam bentuk fisik, dengan harga cukup tinggi. Bisa kamu pasarkan online biar lebih mudah dan hemat biaya pemasaran.

Itu tadi berbagai tipe bisnis di industri musik, kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang. Khususnya buat kamu yang hobi bermusik. Good luck.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil