Creativepreneur and Career

Memulai Bisnis Konveksi untuk Pemula, Ini yang Patut Diketahui

Bisnis Konveksi

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan duit tambahan, asalkan ada kemauan dan usaha. Salah satunya adalah dengan buka bisnis konveksi. Di Tanah Air bisnis ini termasuk diminati karena permintaan pasar yang tinggi. Bisnis konveksi bisa diartikan sebagai usaha yang memproduksi pakaian secara massal. Bisa berupa kaus, kemeja, pakaian tidur, jaket dan masih banyak lagi.

Buka usaha konveksi nggak harus membangun pabrik garmen dengan modal gede. Bisa juga dimulai dalam skala rumahan jadi cocok dijadikan pekerjaan sampingan. Jika sudah dapat kepercayaan dari konsumen, bukan nggak mungkin bisa berkembang jadi besar. Nah, buat yang tertarik, di bawah ini ada beberapa tips memulai dan menjalankan bisnis konveksi untuk pemula. Simak terus, ya!

Lakukan Analisis Bisnis

Free Close-Up Shot of Marketing Strategy Text Stock Photo

Sumber Gambar : pexels.com

Bisa dibilang bisnis konveksi adalah usaha yang dinamis, jadi analisis bisnis penting banget dilakukan biar nggak kalah dalam persaingan pasar. Analis yang bisa dilakukan antara lain tentang peluang, potensi pasar, modal dan lainnya. Dengan analisis yang oke bisa membantu banget untuk membangun produk dan menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Menentukan Jenis Produk yang Diproduksi

Memulai bisnis apapun perencanaan dan persiapan yang matang perlu banget dilakukan. Salah satunya menentukan produk apa yang bakalan diproduksi. Contohnya apakah memproduksi pakaian anak, pakaian tidur, pakaian wanita atau lainnya. Dengan menentukan jenis produk yang jelas bakalan menentukan posisi produk kamu di pasaran, menentukan branding dan strategi pemasaran yang akan diterapkan.

Jangan lupa perhatikan juga keperluan dari produk yang akan diproduksi. Apakah untuk keperluan kasual, formal, seragam atau untuk acara khusus seperti untuk keperluan kampanye.

Menyiapkan Modal Usaha

bisnis konveksi

Sumber Gambar : Pexels.com

Walaupun untuk memulai usaha konveksi nggak harus diawali dengan modal gede, tapi bagaimana pun tetap membutuhkan modal. Nah, besarnya modal ini tergantung dari persiapan dan strategi kamu. Jika badget mepet bisa dengan konsep pre order alias memproduksi hanya berdasarkan pesanan. Sementara jika budget lebih besar bisa pilih konsep ready stock.

Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi usaha yang tepat adalah salah satu faktor penting dalam membangun bisnis. Jika modal nggak besar dan rumah kamu lumayan luas maka usaha konveksi bisa dijalankan di rumah. Hal ini bisa menghemat banyak dana sehingga bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. 

Jika bisnis sudah mulai berjalan dan sudah cukup modal, menyewa tempat yang lebih strategis bisa dipertimbangkan supaya bisnis bisa makin maju.

Mencari Supplier

bisnis konveksi

Sumber Gambar : pexels.com

Untuk bisnis konveksi, supplier yang dibutuhkan diantaranya penjahit, penyedia bahan konveksi, percetakan dan lainnya. Buat pemula, lebih baik cari supplier yang lokasinya nggak jauh dari tempat usaha biar mudah pengawasannya dan mengurangi beban produksi. 

Atau bisa juga cari supplier yang nggak hanya menawarkan jasa (penjahit misalnya) tapi juga menyediakan pasokan pendukung. Contohnya menyediakan bahan baku, sablon dan lainnya.

Siapkan Marketing

Ya, strategi marketing yang oke akan berpengaruh banget pada bisnis konveksi kamu. Contohnya bisa menggunakan software e-commerce, blog dan memanfaatkan media sosial dengan baik.

Bangun Branding, Kepercayaan Konsumen dan Atur Keuangan

Mendapat kepercayaan dari konsumen penting banget untuk kemajuan bisnis. Nah, kepercayaan ini bisa dibangun dengan banyak cara. Contohnya bekerja sama dengan perusahaan lain, promosi melalui media sosial dan membuat konten.

Sementara untuk membangun branding bisa dengan bikin logo, memaparkan visi usaha dan lainnya. Dan pastikan mengelola keuangan dengan benar mulai dari awal.

Itulah beberapa tips memulai dan meningkatkan bisnis konveksi untuk pemula. Makin mantap untuk menjalaninya?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil