Creativepreneur and Career

Tahap-Tahap Fase Bisnis Kuliner untuk Memulainya

Bisnis kuliner

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang nggak pernah lekang oleh waktu. Di masa pandemi pun, konsumen tetap suka beli makanan dengan cara pesan online tanpa perlu bertatap muka. Jadi, kuliner online merupakan pilihan tepat buat bisnis yang punya prospek baik. Apalagi, bisnis model online nggak memerlukan sewa lokasi. Nah, kamu ingin berbisnis kuliner? Yuk, kita lihat aja fase berupa tahap-tahap memulai bisnis ini.

Fase Memulai Bisnis Kuliner yang Tepat

Sumber Gambar : kompasiana.com

Jadi, ada sejumlah hal yang perlu kamu ketahui buat memulai suatu bisnis kuliner. Meskipun kelihatannya mudah dan simpel, tapi kalau nggak melakukan langkah yang tepat, bisnis kulinermu nggak akan berpeluang. 

Berikut langkah-langkah buat memulai bisnis kuliner:

  • Menentukan Target Pasar

Sebelum mulai bisnis kuliner, tentukan dulu target pasar kamu. Seperti apa karakter serta perilaku konsumen saat beli produk kamu. Bakal lebih baik kalau kamu menargetkan konsumen yang lebih spesifik. Misalnya, kamu khusus menjual kuliner pedas, atau makanan daerah seperti sate Ponorogo.

  • Mencari Keunikan Produk

Artinya kamu cari dulu, apa yang bikin produk kuliner kamu beda dari yang lain. Kmeudian, cobain kuliner produk kompetitor. Dengan begitu, kamu bisa tahu apa kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Perhatikan semua aspek mulai dari kualitas rasa, cara penyajian, sampai kemasannya juga.

  • Pilih Lokasi yang Mudah Dijangkau

Sumber Gambar : sisternet.co.id

Buat kamu yang lagi mencoba bisnis online, memang nggak perlu tempat yang wah. Tapi penting buat diingat kalau bisnismu suatu saat bakalan semakin berkembang. Makanya, perlu ada strategi buat alternatif, termasuk sedia lokasi offline. Pilih tempat yang strategis biar mudah ditemukan konsumen kamu.

  • Membangun Relasi dengan Konsumen

Untuk bisnis kuliner juga penting membangun relasi dengan konsumen kamu. Kalau udah terjalin hubungan yang baik, konsumen nggak akan mikir-mikir untuk beli lagi dan lagi di tempat kamu. Relasi ini juga bisa bikin konsumen semakin loyal. Selain itu, kamu bisa pakai sosmed buat berkomunikasi dan terhubung dengan pelanggan.

  • Mengurus Perizinan Usaha

Bisnis kuliner

Sumber Gambar : dribbble.com

Buat mengembangkan bisnis kulinermu dengan lebih baik, perlu buat menjadikannya lebih profesional. Mengurus izin usaha merupakan salah satu caranya. Di samping itu, perlu mengurus label makanan maupun minuman. Cantumkan juga label halal karena ini penting buat memajukan bisnis.

  • Bikin Perencanaan Bisnis

Saat menjalankan bisnis kuliner, perlu untuk bikin terobosan baru, khususnya untuk manajemen. Misalnya, kamu bikin pemasaran yang bikin pelanggan semakin loyal. Selain itu, pastikan juga stok menu selalu tersedia. Kemudian, tetap gunakan media sosial buat promosi dan mencari pelanggan baru.

  • Mengelola Biaya

Biaya merupakan aspek yang juga penting banget dalam bisnis kuliner. Aturlah biaya kas dengan baik sehingga kamu nggak kerepotan saat butuh untuk pengeluaran dan ketika mendapat pemasukan. Atur juga biaya promosi, kamu bisa adakan promo diskon atau giveaway. Biaya bakal jadi efisien apabila dikelola dengan baik dan optimal.

Bisnis kuliner

Sumber Gambar : businessfinancearticles.org

Dengan mengetahui fase tahapan bisnis kuliner tersebut, kamu bisa melakukan langkah-langkah yang tepat. Kamu juga nggak akan melewatkan hal-hal penting yang harus dilakukan. Selain itu, kamu dapat mengembangkan bisnismu dengan lebih baik.

Namun, ingat juga kalau membangun bisnis dari awal nggak semudah itu. Meskipun bisnis kuliner adalah tipe usaha yang selalu punya konsumen, tapi saat bisnismu baru berdiri tentu diperlukan proses sampai bisa dapetin pembeli, hingga ramai pelanggan. Selalu semangat, ya.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online