Kuliner

Inspirasi Bisnis 5 Minuman Tradisional, Jadikan Kearifan Lokal Naik Kelas

minuman tradisional

Akhir-akhir ini semakin banyak pelaku usaha yang nggak ragu mengangkat kearifan lokal dengan jualan makanan atau minuman tradisional Nusantara. Ada yang melakukan inovasi-inovasi demi menciptakan resep baru dengan cita rasa yang lebih segar. Namun nggak sedikit pula yang memutuskan tetap bertahan dengan resep asli demi mengenalkan rasa autentik yang sanggup membangkitkan ruang nostalgia. Untuk menarik perhatian, mereka mengemas produknya dengan tampilan yang lebih kekinian. Hasilnya? Omset meroket tajam! Nah, untuk kamu yang ingin mencoba terjun ke dunia bisnis kekinian, khususnya minuman, 5 jenis minuman khas Indonesia berikut ini bisa kamu coba jual.

1. Es Le Boh Timon, Minuman Khas Aceh yang Unik

es ketimun lemon

sumber: cpcdn.com

Pertama ada minuman menyegarkan dengan cita rasa yang unik dari Aceh. Dibuat dari bahan dasar timun dengan perasan air jeruk nipis yang disajikan dingin, es Le Boh Timon menawarkan kesegaran tiada tara ketika dinikmati di siang hari yang panas. Gleg, gleg, gleg, nyess! Menggunakan bahan-bahan murmer, kamu bisa mendapatkan keuntungan besar dengan cara menyajikan minuman dingin tradisional Indonesia ini dalam kemasan kekinian yang anak milenial banget.

2. Es Doger, Minuman Boba Tradisional Khas Indonesia

es doger

sumber: imgix.net

Siapa yang nggak kenal minuman dingin menyegarkan asli Garut satu ini? Serutan kelapa, potongan alpukat, tapai singkong, ketan hitam disiram dengan kuah santan yang dicampur kental manis sebagai perasa, berpadu menggemaskan di dalam mulut. Biar makin kekinian, kamu bisa menambahkan satu scoop es krim dalam seporsi Es Doger daganganmu. Warna-warni cantik minuman dingin pelega dahaga di musim kemarau ini bikin langsung adem. Mana, nih, penyuka kelapa?

Baca Juga :   Lezatnya 5 Makanan Tradisional Indonesia yang Mulai Langka

3. Wedang Kacang Tanah, Kembaran Wedang Ronde yang Menghangatkan Jiwa

minuman tradisional wedang kacang

sumber: cpcdn.com

Bila kuliner di Bandung terkenal dengan Sekoteng, lain halnya dengan minuman hangat satu ini. Saudara dekat Wedang Ronde, minuman tradisional satu ini dibuat dengan mencampur kacang tanah, larutan gula pasir dan sedikit jahe cocok disajikan saat dinginnya malam semakin menusuk sukma. Aroma pandan yang mewangi hangatkan suasana. Cita rasanya yang begitu hangat sejak suapan pertama nggak cuma bikin tubuh dan pikiran lebih rileks, tapi juga langsung membangkitkan memori akan kehidupan Jawa yang penuh tradisi di masa lalu.

About author

Related posts
Kuliner

Doyan Nonton Food Vlogger? Ini Dia 5 Food Vlogger yang Seru Buat Difollow

Kuliner

Ini Dia Resep Croffle, Croissant Waffle ala Korea yang Lagi Hits

Kuliner

Ini Dia Rekomendasi Topping Mie Instan Yang Wajib Kamu Coba

Kuliner

6 Resep Minuman Kekinian Unik dan Praktis, Cocok Banget untuk Bisnis