Quiz

Tips Pemasaran Bisnis Street Fashion Buat Brand Clothing Kamu

bisnis street fashion

Saat kamu memulai bisnis fashion, kamu perlu bikin strategi marketing yang cocok buat brand kamu. Termasuk juga kalau kamu mau menekuni bisnis street fashion. Salah satu strateginya bisa dengan membuat marketing mix yang tepat buat mengelola promosi kamu, sekaligus menunjukkan keunikan brand-mu. 

Kalau di industri street clothing, berarti kamu bisa menggabungkan media sosial dan search marketing, dengan promosi melalui majalah, serta mengoptimalkan sales. Nah, berikut cara-cara pemasaran bisnis street clothing:

  1. Gunakan Sales Representative

bisnis street fashion

Sumber Gambar : lovehappensmag.com

Sales representative inilah yang bakal bertemu dengan penjual dan distributor serta pembeli dari retail, di mana mereka akan mendapat info tentang produk kamu yang nantinya dijadikan katalog. Kemudian, koleksi bajumu bakalan dijual di toko mereka. 

Saat kamu baru memulai bisnis clothing line, kamu boleh pakai representative yang nggak terikat dengan bisnismu. Mereka bekerja lepas dan fokusnya khusus buat membantu brand kamu launching dengan sukses. Mereka juga yang memilih tempat-tempat strategis buat jualan produk kamu.

Begitu penjualanmu meningkat, sediakan bujet untuk hire tenaga sales representative sebagai karyawan seterusnya. Jadi, mereka bakal memasarkan produkmu di distro, butik, dan lainnya.

2. Pasang Iklan di Majalah

bisnis street fashion

Sumber Gambar : idxchannel.com

Tips marketing selanjutnya buat bisnis street fashion, yaitu kamu bisa promosikan clothing line kamu di majalah. Soalnya cara ini bisa membantu kamu buat menjangkau lebih banyak audiens. Nggak cuma itu aja, kamu juga bisa mencapai target market yang udah direncanakan.

Misalnya aja, kalau street style kamu itu bertema skateboard, bisa kamu mulai dengan promosi di majalah skateboarding atau media cetak yang bertema sport. Kalau udah ditentukan, selanjutnya mulailah menghubungi pihak majalah secara langsung, misalnya dengan datang ke kantornya.

Dengan begitu, kamu bisa mengobrol dengan majalah tersebut. Bicarakan aja semua topik yang penting, terutama seperti apa sistem mereka untuk menerima item yang nantinya di-review buat masuk ke majalah. Ada yang meminta sampel, brosur, atau dikirimkan spesifik produk lewat email.

3. Berinteraksi dengan Customer di Media Sosial

bisnis street fashion

Sumber Gambar : dazzeddigital.com

Media sosial memberikanmu peluang buat mengenalkan produk baru ke customer yang udah jadi pelanggan kamu. Nggak cuma itu, promosi lewat sosmed juga bisa bikin pembeli baru tertarik membeli produkmu yang udah lama ada.

Kalau clothing line kamu menambahkan elemen-elemen khusus yang lagi tren dan populer, seperti misalnya buat aksesori pakaian, maka kamu semakin bisa memasarkannya dengan lebih baik. Soalnya, produk yang kamu jual nggak hanya unik, tapi juga menarik.

Langsung aja kamu kenakan pakaian koleksimu pada model, kemudian bikin jadwal buat photoshoot. Kalau fotonya udah jadi, share di website seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan Instagram. Promosikan juga rekaman behind-the-scene dari photoshoot tersebut melalui video di sosmed.

4. Promosi Lewat Search Marketing

Sumber Gambar : kumparan.com

Search engine marketing memudahkanmu buat promosi melalui iklan yang bakal dilihat oleh customer. Bedanya, nggak seperti pemasaran tradisional yang promosi ke semua orang, baik mereka tertarik dengan produkmu atau nggak.

Kalau marketing di search engine, iklan produkmu cuma ditampilkan ke orang-orang yang memang mencari kata kunci khusus, sesuai dengan produk yang kamu tawarkan. 

Misalnya, street style produk pakaian kamu bertemakan punk rock, maka produkmu ditemukan oleh orang-orang yang emang mencari kata kunci seperti “kaos flanel punk” atau “jaket punk rock”.

Nah, itulah tips-tips buat pemasaran bisnis street fashion. Dengan strategi pemasaran yang tepat, peluang penjualan kamu akan meningkat. Semangat!

About author

Related posts
Quiz

Apakah Kamu Akan Botak Di Masa Tuamu?

Quiz

Kuis Ini Bisa Menjawab Gimana Kondisi Mentalmu Saat Ini!

Quiz

Bagaimana Kebiasaan Tidurmu?

Quiz

Apa Sih, Phobia Yang Kamu Miliki?