Game & Teknologi

Sering Main Gadget Lama? Waspada Bahaya Blue Light!

blue light

Susah tidur di malam hari? Terlalu sering bermain ponsel bisa menjadi salah satu penyebabnya, lho. Tahukah kamu kalau ponsel memancarkan blue light yang efeknya merugikan banget buat kamu? Yuk simak penjelasannya!

“Sebaiknya jangan main handphone sebelum tidur.” Ternyata kalimat itu bukan sekadar kalimat biasa. Jika dikaitkan dengan penjelasan sains, ternyata ada benarnya loh. Susah tidur bukan cuma karena pembahasan seru di grup chat yang bikin susah lepas dari ponsel, ternyata ponsel pintar milikmu itu memancarkan yang namanya blue light. Adakah yang masih asing dengan istilah tersebut?

Apa itu Blue Light?

Melindungi kulit dari sinar UV itu penting banget. Apalagi di era sekarang yang super panas. Setiap pagi kamu mengaplikasikan krim sunscreen pada seluruh permukaan tubuh, tapi kamu tidak menyadari bahwa ada bahaya lain yang mengintaimu, yaitu blue light.

blue light 1

Ilustrasi pancaran blue light (sumber: newatlas.com)

Blue light adalah sinar yang terdapat di dalam spektrum cahaya. Ia bisa terlihat oleh mata manusia, memiliki gelombang pendek tetapi dapat memproduksi energi yang sangat besar.

Ponsel, tablet, televisi, komputer, dan lampu LED. Hampir semua benda yang kita gunakan sehari-hari memancarkan blue light yang tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama kesehatan mata. Blue light memiliki spektrum yang berbeda dari gelombang cahaya lainnya, karena lebih kuat dan lebih berpotensi merusak kesehatan tubuh manusia.

Cahaya merupakan sejenis partikel elektromagnetik yang bergerak di dalam gelombang. Gelombang inilah yang memancarkan energi. Semakin pendek gelombang yang dihasilkan, maka semakin besar pula energinya. Setiap gelombang memiliki warna-warna yang berbeda. Bisa dikelompokkan menjadi beberapa kategori, seperti gamma, UV, visible light, infrared. Semuanya termasuk spektrum elektromagnetik.

blue light 2

Spektrum elektromagnetik (sumber: media1.britannica.com)

Blue light merupakan cahaya yang dapat ditangkap oleh mata manusia. Maka dari itu, mata jadi lebih rentan terkena penyakit apabila terterpa olehnya. Apalagi ia punya energi lebih tinggi daripada warna lainnya, seperti merah, kuning, dan hijau.

Hayolohkamu yang menghabiskan waktu lebih dari 10 jam perhari di depan gadget mesti tahu apa saja kerugian sinar ini yang berimbas ke tubuhmu. Seram banget! Lalu kenapa sih blue light itu mesti banget diperangi? Padahal melihat matahari dengan mata telanjang juga berbahaya loh.

Daripada bingung, kami punya beberapa hal yang menjadi alasan kenapa blue light berbahaya buat kamu. Langsung saja lihat poin di bawah ini.

Blue Light Bisa Merusak Mata, Lho!

Coba hitung deh, berapa lama mata kamu menatap layar gadget setiap harinya? 6 jam? 10 jam? Setelah membaca penjelasan tentang blue light yang satu ini, dijamin kamu bakal lebih sadar betapa bahayanya paparan sinar ini dari perangkat digitalmu.

blue light 3

Ilustrasi menonton YouTube (sumber: nypost.com)

Saat menonton video YouTube dari ponselmu, ada sebuah panjang gelombang yang membuatmu tidak fokus. Matamu harus bekerja ekstra untuk mengembalikan fokus tersebut. Kondisi seperti ini menyebabkan mata jadi tertekan, lho. Makanya mata akan terasa lelah kalau terlalu lama menatap layar ponsel, bahkan sampai menjalar ke sakit kepala. Wah, males banget kan!

Kalau dibiarkan terus-menerus dalam jangka panjang, matamu bisa rusak.

Blue Light Bikin Kamu Susah Tidur

Pernah bertanya-tanya mengapa langit warnanya biru?

Itu karena adanya gelombang blue light dari matahari. Ternyata blue light dari mataharilah yang mengatur siklus bangun dan tidur alami kita. Proses ini disebut dengan circadian rhythm atau ritme sirkadian. Ritme ini memang dirancang secara alami di dalam sistem tubuh kita untuk menyinkronkan dengan terbit dan terbenamnya matahari.

Ketika matahari bersinar di atas kepala, maka tubuh dan pikiran akan lebih aktif dan terjaga. Lain halnya ketika matahari terbenam, sistem tubuh bersiap mengumpulkan energi untuk hari esok dengan cara tidur dan istirahat. Itu berarti ritme sirkadian mampu mengendalikan jam tidur kamu. Berarti akan berdampak juga dengan fungsi hormon, kesehatan sel, dan metabolisme tubuh.

blue light 4

Ilustrasi bermain gadget semalaman (sumber: blockbluelight.com.au)

Inilah yang menjadi penyebab kenapa bermain gadget semalaman bisa membuatmu susah tidur. Gadget yang kamu genggam semalaman memancarkan blue light yang bisa mengganggu ritme sirkadian.

Kalian yang termasuk golongan night owls pasti bingung seandainya di malam hari gak ditemenin gadget. Mau cari informasi di internet tidak mungkin ditunda sampai besok pagi kan. Salah satu solusinya adalah dengan mengaktifkan dark mode biar gak mati kutu.

Dark Mode

Perangkat Android dan iPhone sudah ada yang dilengkapi dengan fitur dark mode atau mode gelap. Dari namanya saja, kamu pasti tahu dong, bagaimana tampilannya. Yap, dark mode membuat layar kamu berubah jadi mode gelap, umumnya jadi warna hitam atau biru dongker.

Beberapa aplikasi di ponsel dan desktop sudah ada yang menyediakan fitur dark mode, seperti Chrome, YouTube, Twitter, dan Wattpad.

blue light 5

Tampilan YouTube dark mode (sumber: learn.g2crowd.com)

Beberapa tahun belakangan, YouTube dark mode juga sudah bisa diaplikasikan di ponsel pintarmu. Nonton banyak video gak bakal bikin kamu migrain seperti biasanya. Selain itu, tampilannya jadi terkesan lebih eksklusif loh. Cara mengaktifkannya sangat mudah. Tinggal pencet profile, lalu setting, kemudian pilih general, di sana ada pilihan aktivasi dark mode. Beres deh. Sama halnya dengan Chrome dark mode.

blue light 6

Tampilan Wattpad dark mode (sumber: .wattpadwriters.com)

Kalau kamu gemar baca cerita online di Wattpad, sekarang gak perlu khawatir mata jadi cepat lelah atau kering. Ini dikarenakan adanya fitur Wattpad dark mode yang bikin kamu betah baca cerita berjam-jam. Scrolling terus deh.

Nah, kalau di aplikasi LINE, ada yang namanya dark theme dimana tema LINE milikmu akan berubah jadi serba hitam secara otomatis. Ini gratis kok.

Pastinya ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila mengaktifkan dark mode, yaitu:  

  • Mengurangi blue light, enak dilihat walau semalaman

Dark mode bisa mengurangi pancaran blue light. Karena pancarannya akan berubah menjadi warna kekuning-kuningan dan kemerah-merahan. Jadi gak masalah kalau mau baca Wattpad atau nonton YouTube semalaman dengan mengaplikasikan dark mode. Kemungkinan rusaknya jam tidur juga semakin mengecil loh.     

  • Lebih hemat baterai

Saat kita menggunakan white screen, kita mengkonsumsi 6 kali lipat penggunaan baterai. Bakal beda ceritanya kalau kamu pakai dark mode. Baterai akan lebih tahan lama, karena energi yang diperlukan lebih sedikit. White screen tentu mengeluarkan banyak energi, karena dia memancarkan blue light. Udah bikin mata sakit, ternyata juga bikin boros baterai. Bisa repot tuh kalau kamu mengandalkan gadget sebagai alat penunjang kerja. Menyebalkan banget ya.

  • Tampilan layar ponsel jadi lebih eksklusif

Warna hitam memang gak akan ada matinya. Sama halnya dengan penerapan warna hitam di layar gadget, semua akan terkesan lebih eksklusif dan mewah. Tampilan layarmu akan beda dari orang-orang yang menggunakan desain reguler atau default. Mantap deh!


Selain mengaktifkan dark mode, kamu juga bisa menggunakan filter blue light di ponsel. Selain itu, ada juga aplikasi untuk mengurangi blue light yang bisa kamu unduh di Play Store maupun App Store. Kalau perlu, kamu juga bisa pakai kacamata anti radiasi.

Polling

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis

Game & Teknologi

Kenali Jenis Keyword SEO Sesuai Target Market Kamu

Game & Teknologi

Cara Mereview Game untuk YouTuber Pemula, Cek Tips and Trick-nya Yuk!

Game & Teknologi

Cara Membuat Avatar 3D di Instagram Buat Bikin Stikermu Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *