GenK LIFE

Borderline Personality Disorder, Intip Ciri-Ciri Gangguan Kepribadian Ambang

borderline-personality-disorder

Pernah nggak mendengar istilah gangguan kepribadian ambang atau yang lebih dikenal dengan nama kerennya Borderline Personality Disorder (BPD)? BPD merupakan gangguan kesehatan mental yang cukup serius kalau dibiarkan tanpa penanganan profesional, lho.

Adapun tanda-tanda yang menunjukkan kalau seseorang menderita kondisi ini adalah suasana hati yang berubah dengan cepat, diikuti dengan ketidakstabilan perilaku. Kelompok yang dianggap paling rentan diserang gangguan ini adalah usia remaja dan usia awal dewasa.

Meski ada berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan kondisi mental dan sebagian besar cukup sulit dibedakan dari BPD, tapi pengidap gangguan kepribadian ambang biasanya menunjukkan tanda-tanda berikut ini:

Terlalu Takut Merasa Sendiri dan Kesepian

Terlalu Takut Merasa Sendiri dan Kesepian

Sumber: mirror.co.uk

Orang yang mengidap gangguan kepribadian ambang, seperti dilansir dari National Institute of Mental Health, seringkali merasa takut akan kesendirian dan kesepian. Nah, karena itulah mereka menolak diabaikan atau ditinggalkan. Ketika mereka merasa terabaikan atau ditinggalkan bisa muncul reaksi yang cukup ekstrem. Seperti marah, panik, bahkan ada yang sampai depresi berat, lho.

Sulit untuk Hidup Bersosialisasi

Sulit untuk Hidup Bersosialisasi

Sumber: wisebread.com

Tanda selanjutnya yang menjadi ciri umum kalau seseorang mengidap borderline personality disorder adalah kesulitan untuk hidup bersosialisasi. Nggak jarang merekalah inti dari permasalahan yang kerap tercipta di tengah-tengah keluarga, teman, rekan kerja atau pasangan. Mereka sering bertengkar dengan orang-orang yang ada di sekitar mereka. Pengidap BPD biasa merasa benci dan marah secara tiba-tiba terhadap sesuatu.

Perubahan Suasana Hati dalam Sekejap

Perubahan Suasana Hati dalam Sekejap

Sumber: insider.com

Nggak butuh waktu lama, mood atau suasana hati pengidap borderline personality disorder ini bisa berubah dengan sangat cepat. Nggak cuma itu saja, lho, bahkan tujuan mereka pun bisa sama cepatnya berubah dalam sekejap waktu. Apalagi kalau itu ada hubungannya dengan diri mereka. Pengidap BPD biasanya sangat sulit menghargai diri mereka sendiri.

Baca Juga :   5 Cara Mengurangi Gejala Anxiety Disorder, Mulailah dari Hal Kecil Dulu
About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Diet Pegan, Tren Unik yang Lagi Hits di Tahun 2021

GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!