Arsitektur & Interior

Ini Dia Pentingnya Brand Identity Interior Café/Restoran

Ketika kalian mengunjungi sebuah café/restoran, hal apa yang menjadi alasan utama anda memilih café/restoran tersebut? Apakah makanannya? Atau lagu yang diputar? Ataukah desain bangunannya? Setiap orang tentu memiliki alasan yang berbeda-beda untuk mengunjungi sebuah café/restoran. Namun, pada era millennial ini, banyak anak muda, terutama Gen-Z,  memiliki estetika visual akan lebih baik. Untuk itu, maka cafe/restoran memerlukan brand identity Cafe/Restoran

Apa Itu Brand Identity?

Menurut Lindstrom (2005), pandangan sering mengesampingkan indera lainnya, dan memiliki kekuatan untuk mengelabuhi terhadap semua logika. Disinilah peran desain interior dibutuhkan. Untuk menghasilkan sebuah desain interior yang iconic, desainer perlu memperhatikan elemen-elemen Brand Identity dari perusahaan tersebut. Brand Identity sendiri berarti kumpulan suatu elemen yang diciptakan perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat bagi konsumennya, antara lain logo, skema warna, brand positioning, tipografi professional, serta brand personality.

Pengimplementasian Brand Identity pada perancangan interior café/restoran

Implementasi Brand Identity pada perancangan interior café/restoran dapat dikomunikasikan melalui elemen interior berikut :

Ruang

Hal ini berkaitan erat dengan layout dan pembagian ruang. Menciptakan layout dan pembagian ruang yang dapat mengkomunikasikan visi-misi Café/Restoran dengan jelas, serta mencerminkan sejarah brand dapat memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung, sehingga Café/Restoran tersebut dapat melekat di ingatan mereka. Salah satu café dengan pembagian ruang yang sesuai dengan Brand Identity mereka adalah Teras Rumah Café. Sesuai dengan namanya, Café ini ingin memberikan kesan yang homey, dengan suasana seperti berada di teras rumah. Untuk dikomunikasikan melalui layout-nya, café ini didominasi dengan area outoor dan semi-outdoor, serta sedikit area indoor yang juga memiliki sentuhan natural dengan indoor plants.

Pewarnaan

Brand Identity

Sumber : instagram.com/halo.nata/

Warna sangat berpengaruh terhadap proses komunikasi Brand Identity sebuah perusahaan. Gunakan skema warna yang sesuai dengan Visual Identity brand tersebut. Pemilihan warna yang tepat dapat mempengaruhi kesan/suasana ruang yang ditonjolkan dari sebuah ruang. Setiap warna memiliki kesan tersendiri yang dapat disampaikan kepada pengunjung. Sebagai contoh, warna pink memberikan kesan feminine dan sweet, warna ungu memberikan kesan kedewasaan dan kebijaksanaan, serta warna emas memberikan kesan elegan. Perpaduan ketiganya dapat menciptakan suasana yang hangat, feminine, serta mewah, seperti implementasi warna yang dilakukan pada interior Pink Mamma Café, Jakarta.

Baca Juga :   8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik Tahun 2019

Pemilihan Material

Brand Identity

Sumber : instagram.com/djatilounge/

Lekat hubungannya dengan warna, pemilihan material yang baik juga dapat mempengaruhi suasana ruang yang ingin diciptakan. Gunakan material yang sesuai dengan karakter brand café/restoran anda. Sebagai contoh, Djati Lounge yang terletak di kota Malang menggunakan dominasi material kayu untuk menonjolkan identitasnya sebagai Café bernuansa tradisional.

Memberikan Simbol Dan Identitas

Brand Identity

Sumber : instagram.com/bermvdaisme/

Sampaikan identitas Brand anda ke dalam desain interior dengan menggunakan bentuk-bentuk simbolis dan bisa memperlihatkan karakter Brand. Lakukan stilasi bentuk untuk menciptakan bentuk yang dekoratif namun tetap menunjukkan ciri khas dari Brand. Salah satu café yang menunjukkan karakter Brand-nya melalui bentuk adalah Bermvda (baca : Bermuda) Coffee, Central Park Mall, Jakarta yang di desain oleh Nata Design Studio.

Sumber : instagram.com/halo.nata/

Sesuai dengan namanya, Bermvda Coffee memiliki bentuk utama segitiga. Dalam interiornya, bentuk ini dikomunikasikan melalui plafon, serta pattern pada roster yang terletak pada main entrance coffee shop ini.

Pencahayaan

Sumber : bnn-news.com

Taukah kalian jika pencahayaan dapat menyampaikan rasa tertentu yang ingin ditonjolkan. Pada beberapa area, Pencahayaan tertentu dapat mempengaruhi suasana ruangan total.

Pada umumnya, dine-in restaurant/café menggunakan lampu berwarna kuning, untuk memberikan suasana nyaman dan hangat kepada para pengunjung, terutama café/restoran yang menjual ambience. Berbeda dengan fast food restoran, yang menggunakan lampu berwarna putih, karena mereka mengutamakan kecepatan pelayanan.

Pengunjung akan cenderung cepat meninggalkan restoran ketika selesai menikmati makanan, karena pencahayaan berwarna putih pada interior tidak memberikan kenyamanan yang lebih untuk bersantai.

 

Nah, itulah ulasan mengenai pentingnya brand identity Cafe/Restoran yang perlu kamu ketahui

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Sistem Penghawaan,Pencahayaan Dan Teknologi Smart Home Dalam Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Arsitektur & Interior

Wabi-sabi dalam sebuah Desain Furniture

Arsitektur & Interior

Rumah Kecil: Trend Hunian Millenial

Arsitektur & Interior

Ciptakan Suasana Rumah Anti Stress dengan Konsep Zen Living

Leave a Reply

Your email address will not be published.