Musik

Pre-order Map Of The Soul: 7 Laku Keras, ARMY Buktikan Loyalitas Kepada BTS

bts army

ARMY atau singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth adalah sebutan bagi para penggemar BTS atau Bangtan Sonyeondan yang merupakan boyband papan atas asal Korea Selatan. Kekompakan ARMY dalam membawa BTS memenangkan berbagai penghargaan bergengsi tidak perlu diragukan lagi. Terbukti dengan BTS yang berhasil membawa pulang piala Top Social Artist dan Top Duo/Group di acara Billboard Music Awards (BBMA) 2019 di Las Vegas tahun lalu. 

Di awal tahun 2020, lagi-lagi ARMY menunjukkan kekompakkannya saat dibukanya pre-order album terbaru BTS Map Of The Soul: 7 pekan lalu. Loyalitas mereka tidak main-main loh, karena baru satu minggu pre-order saja sudah berhasil mencapai angka fantastis, yakni melampaui 3,42 juta kopi. Angka ini berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang juga dicetak oleh BTS pada album Map Of The Soul: Persona dengan lagu Boy with Luv, yakni sebanyak 2,68 juta kopi dalam satu minggu setelah dibukanya pre-order.

Semarak comeback BTS pada awal tahun ini semakin terasa saat peluncuran singel pertama di album Map Of The Soul: 7 pada 17 Januari 2020 yang berjudul Black Swan. Hebatnya, singel ini langsung merajai puncak tangga lagu iTunes di 93 negara hanya dalam satu hari setelah perilisan. Kira-kira apa saja alasan yang membuat ARMY sangat loyal kepada BTS?

1. Bisa Sukses Meski dari Agensi Kecil

bts army

BTS di red carpet Billboard Music Award 2019 (sumber: mainmain.id)

Boyband asuhan Big Hit Entertainment ini melakukan debut pertama mereka pada tahun 2013. Nama BTS mulai melonjak pada kemenangan pertamanya di acara musik The Show dengan lagunya yang berjudul I Need You. Sejak saat itu, popularitas BTS semakin melonjak dan penjualan album semakin tinggi. Sampai akhirnya mereka berhasil memenangkan daesang (penghargaan tertinggi) pertama di acara musik tahunan MelOn Music Award 2017 dalam kategori Best Album Of The Year. 

Uniknya, mereka menjadi anggota grup pertama di luar Big 3 (SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment) yang berhasil memenangkan daesang. Berita kemenangan ini tentu mengejutkan banyak pihak, termasuk BTS dan ARMY sendiri. Perjuangan BTS sejak debut akhirnya berbuah manis dan kisah perjalanan mereka sampai akhirnya menjadi boyband papan atas memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini membuat ARMY semakin berjuang untuk membawa BTS memenangkan berbagai penghargaan di masa mendatang.

2. Performance yang Tidak Pernah Mengecewakan

bts army

BTS saat pentas di atas panggung (sumber: YouTube Lilie Sherwood)

Alasan kenapa ARMY loyal dengan BTS adalah karena performance mereka yang tidak pernah mengecewakan. Ada saja hal-hal baru yang dibawakan setiap penampilan di comeback stage mereka, seperti musik, teknik vokal, dance, kostum, dan lain sebagainya. Meskipun mereka sudah masuk ke jajaran boyband papan atas, tetapi mereka tetap menghabiskan waktu berjam-jam untuk latihan vokal dan koreografi di studio mereka loh. Totalitas tanpa batas!

3. Lirik Lagu Tentang Masa Muda

BTS saat syuting MV “I Need U” (sumber: Big Hit)

Apabila kamu mencari tahu arti dari lirik lagu BTS, kamu akan menyadari bahwa lirik dan musik mereka banyak terinspirasi dari permasalahan yang tengah dihadapi kawula muda, seperti perjuangan hidup dan persahabatan. Topik-topik seperti ini sudah jarang diangkat oleh penyanyi di luar sana. Sedangkan BTS masih terus mengangkat topik ini sambil dikemas dengan beat yang bikin nagih. Kesamaan makna lirik lagu dengan masalah kehidupan yang dialami ARMY mampu membuat bonding yang kuat. Inilah salah satu alasan kenapa ARMY sangat loyal dengan BTS.

Larisnya pre-order album BTS Map Of The Soul: 7 juga berkaitan dengan lirik yang ada di lagu-lagunya loh. Biasanya, lirik di setiap album BTS saling berkaitan satu sama lain, sehingga banyak penggemar yang penasaran bagaimana kelanjutan dari album sebelumnya. Contohnya lagu Save Me di album The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever yang memiliki hubungan dengan lagu I’m Fine di album Love Yourself: Answer.

4. Sering Berkomunikasi dengan ARMY

bts army

Unggahan foto BTS di akun Twitter (sumber: twitter.com/BTS_twt)

BTS termasuk salah satu boyband yang sering update di media sosial terutama di Twitter. Unggahan tweet mereka kerap disertai dengan foto sehari-hari layaknya manusia biasa, sehingga ARMY merasa memiliki ikatan yang kuat dengan BTS. Mereka juga tidak pernah jaim saat mengunggah foto. Bahkan di hari ulang tahun setiap membernya, mereka punya tradisi untuk mengunggah foto member dengan wajah yang konyol. 

Selain Twitter, saat ini mereka sedang gencar-gencarnya posting konten di Weverse, yakni platform untuk menghubungkan BTS dengan para penggemar yang dapat kamu unduh di Android atau iOS. Di sana kamu dapat mengobrol dengan BTS loh. Tak jarang mereka membalas status yang diunggah ARMY. Siapa tahu kamu menjadi salah satu penggemar yang beruntung.

5. Memperkenalkan “I Purple You” Kepada Fans

bts army

Purple ocean di konser BTS Love Yourself In Seoul (sumber: koreaboo.com)

Last but not least. Alasan mengapa ARMY loyal dengan BTS karena mereka adalah idol yang humble kepada para penggemarnya. Tak jarang mereka memasukkan nama ARMY di credit title setelah konser atau film dokumenter mereka sebagai tanda terima kasih. Kim Taehyung, salah satu member BTS pernah membuat kalimat “I Purple You” pada acara fanmeeting 3rd Muster BTS pada tahun 2016 di Skydome, Seoul. Kalimat tersebut memiliki arti yang mendalam loh. Ia mengatakan bahwa warna ungu adalah warna terakhir dari pelangi, sehingga menjadi lambang mempercayai dan mencintai (penggemar) untuk waktu yang lama. Makanya tak perlu kaget kalau ARMY sangat loyal kepada BTS.

About author

Related posts
Musik

Daftar Situs Free Background Music Yang Kece Abis!

Musik

Cara Membuat Jingle Iklan Biar Lebih Menarik, Mudah Kok Bikinnya

Musik

Penyesalan Tulus Tentang Mengenal Seseorang Dalam Makna Lagu "Interaksi"

Musik

Lagu Terbaru Coldplay x Selena Gomez Yang Relatable Dengan Generasi Z