GenK LIFE

Kenapa Generasi Milenial Masa Kini Suka Menjadi Bucin?

Fenomena-Bucin

Ada yang bilang jika perjuangan para pahlawan dulu untuk membebaskan Indonesia dari perbudakan penjajah sudah selesai. Namun di masa modern ini, fenomena perbudakan kembali merajalela di kalangan masyarakat, atau lebih tepatnya di kalangan generasi milenial. Sudah tahu perbudakan yang kami maksud? Yap, fenomena tersebut adalah budak cinta alias bucin. 

Siapa sih yang belum pernah mendengar istilah kekinian yang santer terdengar beberapa waktu belakangan ini? Budak cinta atau kerap dikenal dengan singkatan bucin adalah istilah yang digunakan untuk merujuk ke orang yang tergila-gila dalam urusan cinta dengan pasangannya. Kegilaan tersebut dapat terlihat dari berbagai macam hal, seperti perilaku, kebiasaan, dan cara berkomunikasi. Tapi, apakah kamu tahu dari mana asal mula munculnya istilah bucin sendiri? Mari kita kupas, setajam silet! 

Menguak Asal Muasal si Budak Masa Kini 

Budak cinta 1

Sumber: nyimpang.com

Apakah kamu kerap menggunakan istilah bucin dalam bahasa pergaulanmu sehari-hari? Atau malah justru kamu yang sering mendapatkan panggilan ini dari orang-orang sekitar? Sebagai istilah kekinian yang banyak dipakai oleh para generasi milenial, pernahkah kamu bertanya asal muasal munculnya fenomena penggunaan istilah tersebut? 

Budak cinta yang disingkat bucin adalah istilah baru yang muncul dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri, istilah budak cinta tidak memiliki definisi resmi karena penggunaannya yang terbatas sebagai bahasa prokem di kalangan tertentu saja. 

Namun secara istilah, kita bisa melihat dari definisi perbudakan sendiri, yaitu kondisi pengontrolan yang terjadi pada seseorang oleh orang lainnya, atau disebut dikenal dengan budak dan majikan. Sementara berdasarkan penjelasan KBBI, budak bisa dimaknai sebagai orang yang berada di bawah kendali seseorang, serta bisa ditipu dan dipermainkan. 

Budak cinta 2

Sumber: danbome.com

Untuk kasus budak cinta, dapat disimpulkan bahwa mereka adalah orang yang sedang berada di dalam suatu hubungan romantis dan menunjukan perilaku obsesif berlebihan terhadap pasangannya. Lalu, siapa sih yang duluan menggunakan kata budak cinta?

Dilansir dari Uzone.id (12/12) pada acara Google Year in Search 2019 kemarin, istilah budak cinta pertama kali dipopulerkan oleh kakak-beradik Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez. Keduanya merupakan pemilik kanal YouTube SkinnyIndonesian24. Mereka mengakui telah menggunakan istilah bucin dari tahun 2015 pada beberapa video yang terinspirasi dari pengalaman pribadi. 

Generasi Bucin 

Budak cinta 3

Fenomena budak cinta sendiri secara khusus umum ditemui di kalangan remaja atau generasi milenial yang aktif bersosial media. Hal tersebut dapat ditelusuri dari data yang dipublikasikan oleh Google lewat laporan Year in Search 2019. Dalam laporan tahunan tersebut, Google mencatat jumlah pencarian istilah paling populer di Tanah Air sepanjang tahun kemarin adalah “Apa itu bucin”. 

Namun, kenapa sih generasi milenial sekarang suka menjadi budak cinta? Dikutip dari Wolipop, psikolog bernama Tiara Puspita menjelaskan fenomena ini dapat terjadi karena kekhawatiran yang muncul dari para pria dan wanita yang takut kehilangan pasangannya. Untuk itulah, mereka akan berusaha keras untuk memberikan hal terbaik dan melakukan apapun untuk menyenangkan pasangan demi mempertahankan hubungan. 

Para budak cinta seringkali tidak sadar akan perubahan yang terjadi dalam dirinya dan orang sekitar akibat perilakunya tersebut. Fokus utama mereka akan ditujukan pada sang pasangan, sehingga bisa berdampak buruk pada interaksi sosial dengan orang lain, keluarga, bahkan diri sendiri. Prioritas utama mereka adalah sang pacar, sehingga jangan heran kalau ajakan para teman kerap tidak dihiraukan. 

About author

Related posts
GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa