GenK LIFE

Buka Puasa Bersama: Hal yang Selalu Dirindukan di Bulan Ramadhan

Tak terasa, waktu ternyata cepat berlalu dan bulan Ramadhan pun tinggal menghitung waktu. Bagi Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduknya muslim, bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan yang ramai dan ditunggu-tunggu.

Saat bulan Ramadhan datang, ada beragam kemudahan hingga kegiatan yang selalu dirindukan. Mulai dari pemotongan jam kerja, pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan juga beragam tradisi lain yang dilakukan untuk mengisi bulan Ramadhan. Misalnya salat tarawih bersama, santunan, pembagian takjil atau menu berbuka, hingga buka puasa bersama.

Ilustrasi buka puasa bersma. (Sumber: shutterstock)

Buka bersama bisa dikatakan sebagai salah satu tradisi yang khas dan juga dirindukan. Tradisi buka puasa bersama menjadi sarana berkumpul kembali bersama kawan-kawan lama atau keluarga besar. Namun, apa kamu tahu bagaimana munculnya tradisi buka puasa bersama ini?

Awal Mula Buka Puasa Bersama

Ilustrasi buka puasa bersama. (Sumber: shutterstock)

Buka puasa bersama atau yang sering kita sebut sebagai Bukber, telah seperti menjadi tradisi sendiri bagi kita, warga Indonesia untuk dilakukan saat menyambut bulan Ramadhan. Bahkan sejak hari pertama puasa, restoran, warung atau tempat makan lainnya bahkan bisa dipenuhi dengan banyaknya rombongan yang ingin mengadakan buka puasa bersama.

Tak hanya dengan keluarga ataupun teman dekat, buka bersama bahkan bisa menjadi momen pertemuan dengan teman lama ataupun juga bersama rekan kerja. Tak hanya itu, buka bersama ini bisa menjadi salah satu ajang silaturahmi juga dengan kerabat ataupun orang yang sudah jarang atau tidak pernah ditemui lagi.

Apabila ditanya tentang awal mula munculnya tradisi buka bersama ini, mungkin tidak ada yang tahu secara pasti kapan tradisi ini bisa menjadi tradisi populer. Hanya saja, dilansir CNN, Devie Rahmawati seorang pengamat sosial vokasi Universitas Indonesia menyebutkan jika tradisi buka puasa bersama sudah dilakukan sejak lama. Tak tanggung-tanggung, sudah puluhan atau ratusan tahun silam.

Ia mengungkapkan jika tradisi buka puasa bersama ini didasari oleh Hadis Nabi yang berbunyi: “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

Selain itu, hal tersebut juga diperkuat dengan Hadis lain terutama tentang Silaturahmi. Ajaran tersebut menjadi berpadu dengan kebudayaan Indonesia yang senang berkumpul. Maka jadilah buka puasa bersama ini seolah telah menjadi tradisi sendiri yang sering dilakukan setiap menjelang bulan Ramadhan.

Manfaat Buka Puasa Bersama

Ilustrasi buka puasa bersama. (Sumber: shutterstock)

Tak hanya mempererat tali silaturahmi antar keluarga dan kerabat, buka puasa bersama juga dapat memberikan banyak manfaat baik, loh. Dilansir tirto.id, seorang psikolog klinik sekaligus penggagas The Family Dinner Project, Dr. Anne K mengungkapkan bahwa makan bersama keluarga atau teman dan sahabat dapat memberi kebahagiaan dan keuntungan. Makan bersama juga bisa meningkatkan nafsu makan, memberi kepuasan tersendiri dan meningkatkan rasa kekeluargaan.

Robin Fox, seorang dosen Antropologi di Rutgers University, New Jersey juga mengungkapkan bahwa makan bersama dengan keluarga atau sahabat akan membuat seseorang lebih memahami budaya dari anggota yang makan bersama tersebut. Hal inilah yang akan membantu kamu menjadi lebih bijak dalam mengenal banyak orang di sekitar.

Sebuah studi yang dimuat di Personality and Social Psychology Bulletin menyebutkan bahwa buka bersama dengan teman-teman juga dapat membantu seseorang bernostalgia dengan masa lalu. Tak hanya itu, pada penelitian lainnya yang dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology mengungkapkan jika momen berbuka bersama bermanfaat membantu seseorang memerangi perasaan kesepian, kegagalan bahkan kehilangan tujuan hidup.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya