5 Cara Membuat Ebook yang Simpel

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat ebook

Membaca buku melalui gadget memang paling cocok di dunia modern yang serba cepat ini. Lebih praktis. Buat kamu para penulis yang ingin mendapatkan perhatian pembaca, gak ada salahnya loh mencoba membuat buku digital. Simak dulu cara membuat ebook yang telah kami siapkan nih.

Electronic book atau sering disingkat ebook adalah versi digital sebuah buku cetak yang bisa dibaca menggunakan gadget seperti komputer atau HP. Buku elektronik ini merupakan bentuk media yang banyak digemari oleh masyarakat luas karena aksesnya yang mudah dan murah.

Buat kamu book lovers yang senang membaca ebook, pasti punya beragam alasan yang membuat kamu memilih membaca buku secara digital. Mulai dari akses yang lebih mudah, gak perlu repot-repot bawa buku yang berat, sampai tidak perlu ribet pergi ke toko buku.

Bukan hanya mudah untuk dibaca, cara membuat ebook pun juga gampang. Kamu lakukan sendiri loh. Mau tahu caranya? Silahkan lanjut membaca!

1. Tentukanlah Topik

cara membuat ebook 1

Pilihlah topik buku yang menarik di pasar (sumber: lithub.com)

Langkah pertama dalam membuat ebook adalah menentukan buku seperti apa yang kamu produksi. Sebelum itu, kamu wajib tahu dulu untuk siapa kamu akan menulis, GenK.

  • Kenali audiens

Dalam dunia pemasaran, kita diwajibkan peka, apa saja topik yang kira-kira menarik para calon konsumen.

Ini juga berlaku untuk penulis. Supaya kamu paham akan tren topik dan isu yang sedang ramai dan laku di pasar, kamu bisa melakukan market research dan survei pelanggan sederhana secara online.

Kamu dapat menganalisis data para pengguna sosial media menggunakan analytical tool yang tersedia di internet.

  • Cari topik

Kalau sudah tahu target pembacamu, waktunya untuk menentukan topik deh. Cobalah cari pembahasan buku yang paling banyak diminati di topik yang ingin kamu tulis.

Caranya mudah, GenK. Bukalah situs-situs yang menjual atau menyediakan review buku di internet. Lihatlah penilaian yang diberikan oleh para pembaca untuk menjadi patokan buku yang akan kamu buat.

Baca Juga
Suka Nulis? Unggah Karyamu ke 3 Platform Baca Buku Online Ini

2. Ciptakan Konten

cara membuat ebook 2

Ciptakan konten untuk ebookmu (sumber: expert-seo-training-institute.in)

Inspirasi ide sudah dapat, berikutnya adalah ciptakan konten untuk bukumu, GenK. Ada beberapa cara yang dapat kamu pilih untuk menciptakan konten bukumu nih:

  • Membuat konten baru

Keuntungan dari membuat buku dengan konten yang benar-benar baru ada pada keunikannya. Konten yang unik lebih menarik saat dipasarkan.

Untuk memulainya, kamu membutuhkan bantuan penulis lain. Carilah penulis yang dapat membantumu memulai menulis dari awal. Waktu yang dibutuhkan juga tidak sebentar. Jadi harus benar-benar dipertimbangkan dengan matang nih.

Belum lagi kalau tiba-tiba idemu mandek di jalan, GenK. Kamu harus tahu cara mengatasi writers block yang kemungkinan dapat terjadi dalam proses penulisan bukumu.

  • Menggabungkan konten

Opsi bagus lainnya adalah menggunakan beberapa karya tulisanmu yang telah dipublikasikan. Apalagi jika kamu memang telah merencanakan untuk membuat ebook dari lama.

Kumpulkanlah semua artikel buatanmu yang dapat dikompilasikan menjadi sebuah buku besar. Kalau tidak, kamu bisa mengedit konten yang telah kamu miliki supaya sesuai dengan tulisan yang akan kamu buat.

  • Membuat satu ebook dari sebuah konten

Cara membuat ebook yang paling mudah adalah dengan menggunakan satu konten terbaik milikmu sebagai sumbernya. Apalagi kalau kamu berhasil membuat artikel yang populer dan banyak dikunjungi. Kamu jadi tahu bahwa para pengunjung memang tertarik pada tulisanmu, GenK.

Buatlah rencana konten (content plan) untuk menulis ebook dengan membuat kerangka penulisan seperti berikut:

  • Sebuah judul dan beberapa alternatif
  • Timeline penulisan untuk memulai titik awal buku
  • Poin-poin utama yang akan kamu jabarkan
  • Data pendukung relevan supaya bukumu benar-benar valid
  • Kesimpulan buku
  • Call to action, doronglah para pembacamu untuk melakukan sesuatu setelah membaca bukumu

Baca Juga
5 Tips Cara Membaca Cepat

3. Memilih Format yang Tepat

cara membuat ebook 3

Format ebook PDF (sumber: gogoprint.sg)

Satu lagi tahap yang kamu lewati sebelum mempraktikan cara membuat ebook. Memilih format yang tepat untuk ebook-mu. Tenang saja, kamu bisa memilih dari banyak format yang tersedia.

Hingga sekarang, PDF adalah format yang paling populer untuk digunakan karena mudah untuk dibuat dan dapat diakses di hampir setiap komputer. Buku dalam format Kindle juga tak boleh lepas dari pertimbangan, GenK.

Para penggemar buku di luar sana banyak yang menggunakan Kindle sebagai media kesayangan untuk menikmati buku-buku digital. Maka dari itu, idealnya kamu juga harus menyediakan bukumu dalam format. MOBI yang compatible dengan Kindle.

4. Memilih Software Pembuat Ebook-mu

cara membuat ebook 4

Software pembuat ebook (sumber: grabltd.com)

Oke, ide topik sudah di tangan. Konten siap sedia. Format buku juga telah kamu kantongi. Langkah berikutnya adalah memilih software pembuat ebook yang akan kamu gunakan nanti, GenK. Beberapa fitur yang harus kamu perhatikan saat mencari software yang mumpuni:

  • Mengimpor konten

Hal pertama yang menjadi pertimbangan saat memilih software pembuat ebook adalah fitur import untuk memasukan konten-konten yang telah kamu buat.

Pastikan software tersebut dapat membuat ebook dari macam-macam jenis file seperti Word, dari HTML, atau dengan URL.

  • Desain buku yang ciamik

Konten yang bagus hukumnya wajib, tapi apalah daya tanpa bungkus yang ajaib. Lihatlah koleksi template desain yang ditawarkan oleh software untuk kamu pilih. Tampilan buku yang menarik dapat membuat orang tertarik untuk membaca bukumu, GenK.

  • Editing tools

Berikutnya kamu juga harus bisa mengedit dan mengubah format ebook. Editing tools yang lengkap dengan fitur-fitur untuk mengatur paragraf secara otomatis maupun menambahkan link ke media sosial juga gak kalah penting, GenK

Baca Juga
Tips Memilih Buku Referensi Skripsi

5. Cara Membuat Ebook

cara membuat ebook 5

Mulai membuat ebook (sumber: 3dpageflip.com)

Tahap akhir nih, GenK, waktunya untuk membuat ebook. Yuk lanjut!

  • Memasukkan konten

Langkah pertama, berikanlah nama buat ebook-mu. Pilihlah cara untuk mengimpor konten. Bisa kamu pilih lewat PDF, Word, atau dari Facebook.

  • Memilih template desain

Dont judge a book by its cover, kutipan tersebut mungkin benar, tapi kalau urusan ebook, desain yang ciamik tentunya akan lebih menarik. Kamu bisa memilih menggunakan desain yang sesuai dengan beragam opsi cover dan layout buku.

  • Mengubah desain

Editlah desain bukumu dengan menambahkan elemen-elemen yang kamu inginkan dan juga beberapa informasi terkait dengan profil penulis.

Berikanlah nama author atau nama instansi. Ganti atau tambahkanlah gambar yang kamu mau. Jangan lupa edit juga header serta footer-nya, GenK.

  • Mengekspor

Kalau sudah selesai, waktunya untuk menyimpan hasil karyamu dengan format yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk dicek dulu yah, sebelum kamu membagikannya ke para pembaca.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Buku

Ini Dia 11 Jenis Balon Kata Komik Beserta Fungsinya

Buku

5 Tips Cara Membaca Cepat

Buku

Restoring Comic: Bikin Komik Lawas Kelihatan Baru Lagi

Buku

Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link