Buku

8 Langkah Membaca Efektif

membaca efektif

Pernah baca buku terus lupa isinya apa? Yep, momen kayak gini sering kejadian GenK. Lebih-lebih kalau buku yang kita baca adalah buku pelajaran. Belum ngerti, udah langsung lupa. Kejadian-kejadian macam ini bisa kamu atasi jika kamu tahu langkah-langkah membaca efektif, GenK.

Kalau kamu bisa membaca dengan efektif, hasil bacaanmu akan melekat lebih lama di ingatan. Tentunya, akan lebih bermanfaat untuk hidupmu. Makanya, di artikel ini kami akan membagikan cara-cara agar kegiatan membaca lebih efektif. Yuk, simak!

Pengertian dan Persiapan Membaca Efektif

Pada dasarnya, membaca efektif adalah proses belajar untuk mempertanyakan hal-hal yang ada di dalam bacaan agar kamu lebih

Kamu bisa memulainya sejak memilih bahan bacaan. Pertimbangkan topik apa yang kamu ingin baca, info apa yang ingin kamu dapatkan dari membaca, dan berapa waktu yang bisa kamu alokasikan untuk membaca. Proses awal ini membantu kamu untuk menetapkan target realistis dalam sekali baca.  

Setelah menetapkan target, kamu bisa mengidentifikasi apa yang sudah kamu tahu dari topik buku pilihanmu. Dari situ, kamu bisa memilih apa yang ingin kamu tahu lebih dalam. Mengerti dasar-dasar topik bacaan kamu bisa membantu proses kamu membaca, GenK.  

Langkah-Langkah Membaca Efektif

Nah, sudah siap dengan buku dan target membaca, GenK? Jika sudah, berikut langkah-langkah agar proses membacamu jadi efektif:

1.Bacalah di lingkungan yang mendukungmu agar lebih fokus

Lingkungan yang nyaman untuk membantu fokus bisa berbeda-beda bagi tiap orang. Poinnya adalah, pilih area membaca yang nyaman dan bebas distraksi, sehingga kamu bisa lebih berkonsentrasi.

membaca efektif 2

Ilustrasi membaca di tempat nyaman (Sumber: unsplash.com)

2. Jangan baca semuanya dulu

membaca efektif 4

Jangan baca semuanya dulu (Sumber; unsplash.com)

Ingat, waktumu terbatas dan masih ada rutinitas sehari-hari yang menunggu dikerjakan. Karena itu, maksimalkan waktu membacamu dengan mengecek seberapa relevan buku bacaanmu dengan pengetahuan dan isi bacaan yang ingin kamu dapatkan. Ada beberapa cara untuk mengecek relevansi bukumu dengan ilmu atau isi bacaan yang ingin kamu tuju. Pertama, cek daftar isinya, header babnya, bab akhir atau kesimpulan, sinopsis, dan pengantar satu buku atau per bab (kalau ada).

Jika isinya terlihat sudah relevan, cek juga kredibilitas penulis dan sumber-sumbernya di daftar pustaka.

Cek juga inti argumen beserta sumber argumen yang ingin penulisnya sampaikan di buku tersebut, apakah sudah valid buatmu?

Jika penulisnya kredibel dan argumen pada bukunya valid, kamu bisa mengklasifikasikannya ke dalam daftar buku yang bisa kamu jadikan acuan tugas, laporan, atau presentasi. Catat ke notes ya, GenK, agar tidak lupa.

Baca Juga :   9 Daftar Buku Biografi dan Autobiografi yang Memotivasi Hidupmu

3.Buat catatan poin-poin inti

membaca efektif 1

Ilustrasi mencatat poin-poin penting (Sumber: unsplash.com)

Poin-poin singkat ini bermanfaat banget kalau masa ulangan dan ujian sudah datang.

Tulis catatan-catatan singkat ini dalam flash cards dan pisah-pisahkan sesuai topik bahasan.  Setiap satu pak flashcards, jangan lupa tuliskan nama penulis, judul, poin penting yang kamu temukan beserta halaman sumbernya.

Kamu juga bisa membuat versi digitalnya dengan memanfaatkan layanan sejenis Google Keep, sehingga kamu bisa membuat full-text search catatanmu. Tidak perlu takut lagi ada informasi yang terlewat karena tidak tercatat manual.

Catat poin-poin inti ini dengan mengidentifikasi apa saja ide-ide inti per bab. Gunakan bahasa sederhana yang mudah kamu mengerti. Jika poinnya ada banyak, gunakan subjudul agar kamu tak kebingungan. Sambil membaca, review lagi poin-poinmu, tambah atau coret yang tidak perlu.

4.Istirahat sambil mencerna

membaca efektif 5

Istirahat sambil mencerna (Sumber: unsplash.com)

Ambil jeda setelah 20-30 menit fokus membaca agar pikiranmu tak kewalahan dengan info yang masuk.

Sambil beristirahat, kamu bisa mereview hasil bacaanmu sementara. Cek lagi, apakah informasi yang kamu serap masuk akal, bisa dimengerti, dan berhubungan dengan yang sebelumnya sudah kamu ketahui.

Cek ulang apa yang penulisnya coba katakan di buku, dan info apa yang belum kamu temui dalam sesi membaca barusan.

Menanyai  diri sendiri sambil istirahat bisa menjadi cara untuk mengevaluasi hasil bacaan. Kamu juga jadi bisa mengidentifikasi apa yang kamu ingin ketahui selanjutnya.

About author

Related posts
Buku

Sejarah Hari Dongeng Sedunia dan Pentingnya Cerita untuk Edukasi

Buku

Cara Membuat Kerangka Cerita Karangan yang Terstruktur

Buku

4 Rekomendasi Aplikasi Audiobook dari Luar Negeri dan Indonesia

Buku

9 Daftar Buku Biografi dan Autobiografi yang Memotivasi Hidupmu

Leave a Reply

Your email address will not be published.