Ini Dia 11 Jenis Balon Kata Komik Beserta Fungsinya  

Dibaca Normal: 4 menit aja
balon kata

Balon kata sangat erat hubungannya dengan komik, karena berfungsi sebagai tempat untuk menulis narasi dan dialog tokoh. Tapi apakah kamu tahu kalau setiap bentuk balon kata memiliki fungsi yang berbeda-beda?

Berbagai jenis balon kata atau speech bubble dapat digunakan untuk memperkuat narasi dan dialog tokoh dari segi visualnya. Tokoh yang sedang berteriak dengan tokoh yang sedang berbisik tentu akan berbeda pula bentuk balon katanya. 😱

Karena sebelumnya kami sudah membahas tentang jenis-jenis panel komik, di dalam artikel ini kami akan menunjukkan beberapa jenis balon kata beserta fungsinya masing-masing. Tentunya supaya kamu lebih memahami tentang komik atau manga, GenK.

1. Basic Bubble

balon kata

Basic bubble (sumber: animeoutline.com)

Jenis balon kata atau speech bubble yang pertama adalah basic bubble. Sesuai namanya, bentuk yang satu ini sangat sederhana sebagaimana balon kata pada umumnya.

Bentuknya oval dengan posisi horizontal, di ujungnya ada ekor yang mengarah ke mulut tokoh yang sedang berdialog atau apa pun yang mengeluarkan suara. Biasanya digunakan untuk adegan dengan dialog yang normal.

2. Vertical Bubble

Vertical bubble (sumber: animeoutline.com)

Masih mirip dengan jenis yang pertama, vertical bubble biasanya digunakan apabila tidak ada lagi ruang untuk menggambar gelembung secara horizontal. Untuk fungsinya masih sama dengan basic bubble, yaitu untuk menjelaskan adegan berdialog normal.

3. Multi-Bubble

balon kata

Multi-bubble (sumber: animeoutline.com)

Berikutnya ada multi-bubble yang terdiri dari gabungan dua gelembung dan terdapat satu buah ekor yang mengarah ke mulut tokoh atau apa pun yang mengeluarkan suara. 

Posisinya bisa vertikal maupun horizontal, tergantung ruang kosong yang tersedia di dalam frame gambar. 

Multi-bubble sengaja digunakan untuk membagi dialog menjadi dua bagian. Biasanya untuk menjelaskan adegan dialog tokoh yang sedang malu atau tidak yakin dengan apa yang sedang mereka katakan. 😅

4. Inwards Pointing Tail Bubble

Inwards pointing tail bubble (sumber: animeoutline.com)

Berikutnya ada inwards pointing tail bubble yang merupakan jenis balon kata berbentuk oval dengan ekor yang mengarah ke dalam gelembung. 

Fungsi ekor di dalam speech bubble yaitu untuk menunjukkan di mana arah dialog berasal. Sama halnya dengan jenis balon kata yang satu ini, GenK. Ekornya menghadap ke dalam karena si tokoh tidak digambarkan di dalam halaman yang sama.

Misalnya inwards pointing tail bubble digambar di halaman sebelah kanan, padahal tokoh yang berdialog berada di halaman sebelah kiri. Sehingga arah ekor gelembung menghadap ke kiri sesuai posisi tokoh.

5. Jagged Edges Bubble

balon kata

Jagged edges bubble (sumber: animeoutline.com)

Balon kata yang berikutnya akan kami bahas adalah jagged edges bubble. Kalau jenis yang satu ini biasanya digunakan ketika ada adegan tokoh yang sedang berbicara dengan lantang atau berteriak. 

Bentuk gelembung yang seperti ledakan seakan mempertegas suara tokoh yang berteriak nyaring dari segi visualnya. 🔊

6. Wavy Bubble

Wavy bubble (sumber: animeoutline.com)

Berbeda dari jagged edges bubble, wavy bubble digunakan untuk menunjukkan tokoh yang sedang merasa kelelahan, sedih, atau bergumam dengan penuh keraguan. Misalnya adegan saat tokoh merasa sangat kelelahan. 😭 Makanya bentuk gelembung sengaja dibuat bergelombang, GenK.

7. Dashed Line Bubble

Dashed line bubble (sumber: animeoutline.com)

Pada komik atau manga, bentuk gelembung dengan outline putus-putus biasanya digunakan saat ada adegan tokoh yang sedang berbisik. Kalau di dalam speech bubble, penggunaan garis putus-putus dapat memberikan kesan tidak tegas sehingga cocok untuk adegan berbisik, GenK.

8. Blast Bubble

Blast bubble (sumber: animeoutline.com)

Jenis gelembung blast bubble biasanya digunakan saat ada adegan penumuman, bisa lewat speaker, radio, televisi, dan lain-lain. Makanya saat ada adegan pengumuman, komikus memilih untuk menggunakan jenis gelembung yang satu ini. Bentuknya yang seperti ledakan juga menambah kesan suara bervolume tinggi.

9. No Tail Bubble

No tail bubble (sumber: animeoutline.com)

Selanjutnya ada jenis no tail bubble yang bentuknya sangat simpel. Kalau basic bubble menggunakan ekor, no tail bubble tidak. Jenis gelembung ini biasa digunakan untuk memvisualisasikan dialog tokoh yang dibicarakan dalam hati. Ternyata karakter manga juga bisa self-talk yah, GenK.

10. Cloud Like Bubble

balon kata

Cloud like bubble (sumber: animeoutline.com)

Gelembung berbentuk seperti awan ini memiliki fungsi yang tidak jauh beda dengan no tail bubble. Hanya saja, cloud like bubble lebih menggambarkan pikiran tokoh yang sedang merasakan berbahagia atau saat sedang bermimpi.

11. Rectangular Bubble

Rectangular bubble (sumber: animeoutline.com)

Bentuk persegi tanpa ekor biasanya digunakan untuk menulis narasi untuk menjelaskan situasi, latar tempat, atau latar waktu. Fungsinya agar pembaca dapat mengetahui apabila terjadi pergantian setting dan suasana yang sedang dihadapi tokoh. 


Simpulan

Nah, itu dia beberapa jenis balon kata yang dipakai untuk menulis dialog tokoh di dalam komik atau manga. Berbicara soal komik, kami juga pernah membahas tutorial cara membuat komik lengkap loh.

Ingin tahu informasi terbaru seputar industri kreatif? Cek terus blog kami untuk membaca update artikel terbaru, GenK. 😊

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Buku

5 Tips Cara Membaca Cepat

Buku

Restoring Comic: Bikin Komik Lawas Kelihatan Baru Lagi

Buku

Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

Buku

Mengenal Kearifan Lokal lewat Komik Indonesia

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link