Buku

6 Jenis Buku Anak Unik Biar Si Kecil Gak Kecanduan Gadget

jenis buku anak

Banyak orang yang kebingungan memilih buku anak untuk anak, keponakan, atau adiknya. Kamu termasuk salah satunya? Memang susah membuat si kecil tidak bosan dalam belajar. Mayoritas anak-anak bosan dengan buku yang hanya berisikan tulisan demi tulisan.

Sebaliknya, anak-anak menyenangi buku yang lebih banyak berisi gambar dengan ragam imajnasi. Bila anak, keponakan, atau adik kalian suka dengan buku, kalian dapat meminimalisir penggunaan gadget mereka. Positif banget, kan, GenK? Makanya, coba deh cari jenis buku unik di bawah ini, dijamin anak-anak akan gembira membacanya.  

Noisy Book

buku anak 1

Noisy book (sumber: Books for Kids YouTube Channel)

Kamu pernah dengar jenis buku yang dapat mengeluarkan bunyi, GenK? Buku anak jenis ini bisa membuat anak-anak berjoget atau bernyanyi? Buku ini bermanfaat untuk melatih otak kanan mereka dengan mendengar irama musik.

Modelnya pun bervariasi. Ada yang menggunakan tombol berupa gambar yang dapat mengeluarkan suara unik, ada pula yang dilengkapi pulpen penunjuk yang bisa membuat buku berbunyi. Buku yang mengeluarkan suara ini berguna sekali saat kamu mengajarkan suara-suara hewan peliharaan. Anak-anak pasti akan sangat senang menirukan suara hewan seperti sapi, kucing, ayam dan masih banyak lagi.

Oh iya, jangan lupa untuk memperhatikan baterai di buku ini ya. Jangan sampai tidak ada bunyi yang keluar gara-gara daya baterainya yang sudah habis. Sekarang sudah banyak loh toko buku yang menjual buku jenis ini, jadi tidak perlu khawatir kesulitan mencari. Ajak si kecil mengikuti irama demi irama dalam tiap lembarnya.  

Pillow Book

buku anak 2

Pillow book (sumber: mydailysales.com)

Buku bantal ini merupakan jenis buku lainnya yang ramah anak. Bagaimana tidak, jenis buku bacaan anak ini menggunakan bahan lembut yang sangat empuk, persis seperti bantal yang biasa kalian pakai untuk tidur. Tertarik bukan?

Buku anak-anak ini digemari oleh para orang tua karena aman. Kalian tidak perlu khawatir buku tersebut dapat melukai si kecil. Jenis buku ini cocok untuk anak di bawah 2 tahun. Apalagi untuk balita yang masih senang memasukan barang ke dalam mulutnya. Cukup dicuci dengan cara yang benar, buku ini aman digigit oleh si kecil. Biasanya, cerita yang dituliskan pun sangat ringan, seperti mengenai kehidupan beruang kecil, gambar mainan, dan gambar-gambar sederhana lainnya.  

Baca Juga :   J.R.R. Tolkien Sang Bapak Cerita Fantasi

Pop Up Book

buku anak 3

Pop Up Book (sumber: parade.com)

Jenis buku anak yang satu ini sebenarnya dari dulu sudah ada. Lewat buku ini, kita seperti dapat melihat wujud asli karakter dalam buku. Ilustrasi atau gambar yang muncul tiba-tiba dalam setiap lembarnya, membuat anak-anak tertarik membuka halaman-halamannya.

Selain itu, daya tarik dari buku ini adalah jumlah gambar yang lebih banyak daripada teks. Tentu lebih menyenangkan bukan? Jangan khawatir si kecil akan bosan. Tetapi yang perlu kalian ingat, sesuaikan dengan usia anak-anak yang kalian ajak baca. Bila masih terlalu dini, anak-anak malah bisa merusak buku ini. Sayang kan, sudah beli mahal,l tetapi cepat rusak karena pemilihan kategori usia anak yang tidak pas.  

Busy Book

buku anak 4

Busy book (sumber: pinterest.com)

Apa sih sebenarnya busy book? Kok buku bisa sibuk?

Maksudnya, buku ini bisa menyibukan kalian yang sedang membacanya. Buku ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi anak-anak yang terlalu kecanduan gadget.

Busy book ini biasanya berisikan aktivitas yang dapat anak-anak lakukan, baik sendiri maupun didampingi orang yang lebih tua. Mulai dari menjahit, menempel pola, menggerakan jarum jam, dan masih banyak lagi. Si kecil akan sangat aktif membaca sambil bermain. Coba saja taruh buku ini dekat si kecil, pasti akan sangat tertarik.  

Baca Juga :   8 Cara Mudah Menulis Cerpen
About author

Related posts
Buku

Cara Membuat Kerangka Cerita Karangan yang Terstruktur

Buku

4 Rekomendasi Aplikasi Audiobook dari Luar Negeri dan Indonesia

Buku

9 Daftar Buku Biografi dan Autobiografi yang Memotivasi Hidupmu

Buku

Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.