Buku

9 Daftar Buku Biografi dan Autobiografi yang Memotivasi Hidupmu

buku-biografi-dan-autobiografi

Bosan dengan novel yang menceritakan kisah romantis atau komedi? Yuk, baca buku biografi!

Cerita biografi merupakan sebuah kisah yang menceritakan tentang perjalanan atau kehidupan seorang tokoh yang terpandang. Bisa dibilang, cerita biografi merupakan cerita yang menggambarkan riwayat seseorang, dan dituliskan oleh orang lain. Sedangkan buku autobiografi adalah buku tentang riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri.

Umumnya, pembuatan biografi dan autobiografi hanya ditujukan untuk tokoh-tokoh yang dianggap penting atau sukses dan memiliki pengaruh bagi kehidupan banyak orang. 

Dua jenis cerita ini bisa digambarkan dalam berbagai bentuk, mulai dari tulisan singkat dalam satu artikel pendek, berbentuk sebuah buku atau novel, bahkan film.

Banyak dari kalian yang pastinya belum terbiasa untuk mengisi waktu luang dengan membaca buku biografi atau autobiografi orang sukses. Padahal, dengan membaca buku autobiografi dan biografi terbaik bisa memberikanmu inspirasi mengenai hidup atau menambah semangat dalam meraih mimpi, GenK. Nggak sedikit cerita tentang sebuah tokoh dapat menginspirasi seseorang dan menjadikannya sosok yang sukses pula.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang contoh biografi dan autobiografi mana saja yang patut kamu baca, yuk simak daftar buku di bawah ini!

1. Panggil Aku Kartini Saja

buku-biografi-panggil-aku-kartini-saja

Buku Panggil Aku Kartini Saja (Sumber: rullytricahyono.com)

Pastinya kamu sudah nggak asing lagi dong dengan tokoh Kartini. Kamu pastinya sudah tahu bahwa Kartini merupakan seorang tokoh yang mengedepankan emansipasi wanita. Tapi, bukan hanya sekedar itu, beliau juga merupakan pemberontak atas nilai-nilai kebudayaan Jawa yang feodalistik.

Buku biografi Kartini ini mengungkap akan hal tersebut, juga menceritakan kisah lain dari hidup Kartini yang sering terlewatkan. Buku yang berjudul Panggil Aku Kartini Saja ini menjadi buku yang menyajikan kisah hidup seorang Kartini secara lengkap, dengan segala kelebihan dan kekurangan beliau sebagai manusia. 

Membaca buku biografi Kartini yang ditulis oleh penulis besar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer, akan memberikan semangat dan motivasi bagi perempuan Indonesia untuk berani mengemukakan pendapat dan berkarya.

Baca Juga :   6 Jenis Buku Anak Unik Biar Si Kecil Gak Kecanduan Gadget

2. Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia

buku-biografi-bung-karno

Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia (Sumber: bukukita.com)

Buku biografi Soekarno ini ditulis oleh Cindy Adams. Pertama kali terbit di tahun 1965, buku satu ini telah dicetak ulang berkali-kali. Cerita pada buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia sangat menarik untuk dibaca. Selain memberikan gambaran mengenai bagaimana kehidupan bangsa Indonesia pada zaman dahulu, juga memberikan gambaran kehidupan mantan presiden Indonesia ini. Termasuk, bagaimana beliau menomorsatukan rakyatnya dan berjuang demi Indonesia.

3. Chairil

buku-chairil

Chairil (Sumber: goodreads.com)

Contoh buku biografi selanjutnya yang menarik untuk dibaca adalah Chairil. Sudah ada beberapa buku yang menceritakan kehidupan Chairil Anwar. Namun,  hanya buku yang ditulis oleh Hasan Aspahani lah yang memuat secara lengkap perjalanan penyair Aku tersebut.

Buku yang diterbitkan oleh Gagas Media ini memuat kisah di balik beragam puisi karya Chairil Anwar dan juga perempuan yang ada di kehidupannya. Semua dikupas tuntas pada buku ini. Menarik, bukan? Untuk itu, kamu bisa langsung saja menikmati buku biografi Chairil Anwar, GenK! Dijamin seru dan nagih!

Baca Juga :   Suka Nulis? Unggah Karyamu ke 3 Platform Baca Buku Online Ini

4. Sokola Rimba

sokola-rimba

Sokola Rimba (Sumber: insistpress.com)

Buku biografi satu ini sangat menginspirasi karena ceritanya yang ngak biasa, GenK. Isinya menceritakan seseorang yang mengajar Orang Rimba, suku nomaden yang tinggal di hutan wilayah Jambi.

Tokohnya adalah seorang pengajar bernama Butet. Ia menyadari betapa pentingnya pendidikan untuk suku tersebut demi menghadapi tekanan modernisasi yang belakangan terus menekan hak-hak mereka. Buku ini merupakan catatan harian dari Butet yang merupakan seorang antroplog dan juga pecinta alam. Ia seseorang yang nggak kenal lelah untuk memperkenalkan baca dan tulis pada Orang Rimba.

Membaca buku ini bisa membuatmu mengenai suka dan duka Butet, serta pengalaman yang nggak akan Ia lupakan seumur hidup.

Baca Juga :   Cara Membuat Kerangka Cerita Karangan yang Terstruktur
About author

Related posts
Buku

Sejarah Hari Dongeng Sedunia dan Pentingnya Cerita untuk Edukasi

Buku

Cara Membuat Kerangka Cerita Karangan yang Terstruktur

Buku

4 Rekomendasi Aplikasi Audiobook dari Luar Negeri dan Indonesia

Buku

Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.