Cara Membuat Abstrak yang Baik, Harus Ada Poin-poin Ini!

Dibaca Normal: 3 menit aja
cara membuat abstrak

Setiap kali membuat karya tulis ilmiah seperti jurnal, skripsi, presentasi seminar, dan sejenisnya, pasti kamu akan diminta untuk membuat abstrak. Abstrak merupakan ringkasan dari keseluruhan isi dari sebuah karya tulis yang kamu buat. Ringkasan memang identik dengan hasil akhir tapi bukan itu yang dimaksud dalam abstrak. Dalam abstrak, kamu harus mencantumkan semua proses dari awal hingga akhir penelitian namun dalam jumlah kata yang singkat sekitar 300 kata. Kamu harus bisa membuat pembaca paham akan apa yang kamu kerjakan hanya dalam jumlah kata tersebut.

Slider
Slider
Slider

Hal ini terkesan cukup menantang untuk dilakukan apalagi jika penelitianmu memang panjang dan dalam topik yang tidak umum. Namun, kamu tetap bisa membantu pembaca memahami isi karya tulis dengan menggunakan cara membuat abstrak sebagai berikut.

1. Bagian yang Harus Ada di Dalam Abstrak

Bagian yang Harus Ada di Dalam Abstrak

sumber: tressacademic.com

Tujuan abstrak tidak lain adalah untuk memberi gambaran isi penelitian kepada pembaca. Agar pembaca makin mudah memahami isi karya tulis, kamu bisa membantu dengan mencantumkan beberapa hal penting yaitu mulai dari alasan mengambil topik. Kemudian dilanjutkan dengan tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil penelitian, dan kesimpulan yang berisi jawaban pertanyaan tujuan penelitian yang disertakan di awal.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

2. Padatkan Isi Abstrak

Padatkan Isi Abstrak

sumber: ictcatalogue.com

Dari poin-poin penting yang harus kamu cantumkan di abstrak, tetap ingat bahwa kamu hanya boleh menulis dalam batasan 250-300 kata. Di awal mungkin cukup sulit untuk membuatnya padat menjadi sejumlah kata tersebut. Namun kamu bisa terus mencari celah kalimat yang bisa dipadatkan lagi dengan terus membacanya berulang. Hilangkan frasa-frasa yang kurang penting agar poin lebih mudah tersampaikan. Untuk metode penelitian kamu juga cukup menuliskan alat dan bahan apa saja yang digunakan untuk memberi pandangan terhadap pembaca.

Baca Juga
Cara Buat Daftar Isi Otomatis Buat Kamu yang Sedang Skripsi

3. Gunakan Kata Kunci yang Relevan dan Mudah Dicari

Gunakan Kata Kunci yang Relevan dan Mudah Dicari

sumber: dribbble.com

Selain mengandung ringkasan keseluruhan isi karya tulis ilmiah, ada kata penting yang juga harus dicantumkan dalam abstrak yaitu kata kunci. Biasanya kata kunci yang harus disertakan yaitu tiga hingga lima kata. Pilihlah kata kunci yang benar-benar relevan dengan isi penelitian dan mudah dicari di internet. Sebab, tidak jarang abstrak adalah bagian yang akan diunggah ke internet. Semakin tepat kata kunci yang kamu gunakan maka akan semakin memudahkan orang di luar sana untuk mencari karya ilmiah dengan topik bahasan yang sama.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Buku

Ini Dia 11 Jenis Balon Kata Komik Beserta Fungsinya  

Buku

Lebih dari 20 Tahun Berlayar, Benarkah Manga One Piece Segera Tamat?

Buku

6 Tips Cara Membuat Cover Buku yang Menarik

Buku

J.R.R. Tolkien Sang Bapak Cerita Fantasi

Buku

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Writer’s Block

Buku

Hari Buku Nasional, Selebrasi Literasi Indonesia Sejak Tahun 2002

Quizzes

Slider
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link