Buku

iPusnas: Perpustakaan dalam Genggaman

Membaca adalah kegiatan menyenangkan bagi sebagian orang. Apalagi bila yang dibaca adalah buku dengan konten menarik. Tak hanya buat hiburan, membaca juga bisa menjadi kegiatan yang bisa mengedukasi kamu, GenK.

Banyak fakta baru yang akan kamu temukan saat membaca, sehingga pengetahuan kamu juga akan bertambah dan up to date.

Jika dulu untuk membaca buku kamu harus membeli atau menyewa buku di perpustakaan, kini, berkat bantuan teknologi, kamu bisa melakukannya secara online.

Di antara sekian banyak aplikasi atau situs yang menawarkan pengalaman membaca buku secara digital, iPusnas bisa menjadi salah satu pilihan kamu, GenK.

Namun, belum banyak orang yang tahu tentang iPusnas. Karena itu, kami akan bahas di artikel ini. Yuk, ikutin! 💁‍♂️

Apa itu iPusnas?

Screen Shot 2019-03-18 at 16.50.20.png

(sumber: ipusnas.id)

iPusnas adalah sebuah aplikasi yang memfasilitasi kamu untuk membaca buku-buku yang ada di Perpustakaan Nasional secara online. Dengan iPusnas,

Perpustakaan Nasional seakan di dalam genggamanmu. Seperti yang sudah dijelaskan, aplikasi ini dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Aksaramaya, dan dirilis pada 14 Agustus 2016.

Hingga kini, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 100.000 orang loh. Kamu dapat mengunduh iPusnas di iOS, Android, dan Desktop. Semuanya gratis. Dan, kamu dapat membaca koleksi buku-buku di sana secara online dan offline.

Ada beragam kategori buku yang bisa kamu baca dan pinjam di sana. Ada tentang agama, alam, anak, bahasa, bisnis, budaya, cerita pendek, drama, entrepreneur, fiksi, fotografi, game, gaya hidup, hobi, musik, olahraga, pendidikan, psikologi, sastra, dan masih banyak lagi. 😋

Tidak hanya sekedar membaca, ternyata iPusnas memiliki fitur layaknya media sosial yang dapat kamu gunakan untuk berhubungan dan berinteraksi dengan pembaca lain maupun komunitas lain.

Kamu dapat berbagi koleksi bacaan dengan pembaca lain sekaligus bersosialisasi dengan mereka. 

Makanya, ada fitur inbox. Jadi, kamu bisa mendiskusikan dan mengulas buku-buku bacaan bersama melalui fitur inbox ini. Selain itu, fitur inbox bisa kamu gunakan untuk memberi pesan kepada si penulis bukunya langsung loh.

Wah keren banget kan, GenK? Untuk lebih lengkapnya, yuk kita bahas satu per satu tentang fitur-fiturnya!

Baca Juga :   Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

Fitur-fitur di iPusnas

Membaca eBook di iPusnas pasti membuat kamu ketagihan. Apalagi banyak fitur-fitur yang mempermudah kamu saat mengoperasikan aplikasinya. Berikut penjelasan lengkapnya:

ePustaka

Fitur ini mempermudah kamu untuk bergabung dan menjadi anggota dari perpustakaan digital. Apabila kamu sudah bergabung dan menjadi bagian dari ePustaka, kamu bisa membaca buku online dan meminjam buku dari berbagai judul yang ada.

Sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk membeli buku atau meminjam buku ke perpustakaan. 

Koleksi Buku

Dengan fitur ini, kamu bisa menjelajahi berbagai judul eBook dari berbagai penulis ternama. Kamu tinggal memilih judul yang ingin kamu baca dan pinjam. Semua dapat dilakukan dengan mudah, GenK. 

Feed

Fitur feed berisikan informasi yang bersifat publik, termasuk pemberitahuan dari admin iPusnas. Salin itu fitur feed akan mempermudah kamu untuk bersosialisasi dengan pembaca lain. 🤝

Kamu bisa melihat aktivitas apa saja yang dilakukan mereka. Dari fitur ini akan terlihat buku terbaru apa saja yang ada, buku yang dipinjam oleh pembaca lain, serta komentar apa saja yang diberikan pembaca lain.

Rak Buku

Dari namanya saja kamu pasti sudah langsung tahu apa kegunaan fitur ini, GenK. Dengan fitur rak buku, kamu bisa menyimpan buku apa saja yang akan atau sedang kamu baca.

Seolah-olah rak buku ini adalah rak buku virtual kamu. Fitur ini berguna banget supaya kamu tidak lupa buku apa saja yang sudah masuk daftar bacaan kamu.

eReader

Fitur eReader akan memudahkan gadget kamu untuk membaca eBook di iPusnas dengan nyaman. Sudah dilengkapi dengan TOC (Table of Content), Change Font Style, Change Font Type, Line Spacing, Change Theme, Bookmark, dan Search.

Dengan semua fitur di atas tentu akan mempermudah kamu untuk baca buku online, GenK.

Baca Juga :   Alasan Kenapa Kamu Harus Tahu Toxic Positivity

Cara Mendaftar iPusnas

Untuk menjadi anggota iPusnas, caranya terbilang sangat mudah. Pertama-tama tentunya kamu harus sudah mengunduh aplikasi iPusnas di ponsel atau desktop kamu. 💻

Jika sudah, saat kamu membuka aplikasi untuk pertama kalinya, kamu diwajibkan login. Ada beberapa pilihan untuk login, yaitu disambungkan dengan Facebook atau dengan Email.

Panduan Lengkap iPusnas dari kreativv ID(sumber: ipusnas.id)

Namun apabila kamu belum punya akun, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu, GenK. Caranya adalah mengisi nama, email, nomor telepon, kata sandi, dan konfirmasi kata sandi, lalu simpan.

Jika sudah selesai melakukan semua langkah registrasi, berarti kamu sudah bisa bergabung menjadi pembaca di aplikasi. 

Cara Meminjam Buku di iPusnas

Dengan menggunakan iPusnas, kamu dapat meminjam buku juga loh. Akan tetapi ada syarat-syarat tertentu yang diberlakukan. Kamu hanya bisa meminjam buku selama 7 hari.

Format seperti ini mirip dengan perpustakaan pada umumnya. Tapi, di iPusnas, apabila kamu terlambat mengembalikan buku di perpustakaan, kamu tidak akan dikenakan denda.

Sebagai ganti uang denda, keterlambatanmu harus dibayar dengan tidak bisa mengakses buku bacaan kamu lagi. Untuk membacanya lagi, kamu harus mendaftar penyewaan buku lagi, GenK. Lalu bagaimana cara meminjam buku? 🤔

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mencari judul buku bacaan di kolom pencarian. Setelah sudah menemukan judul buku yang ingin dibaca, tekan judul untuk membuka detail informasi yang bersangkutan dengan buku.

Ada jumlah salinan, besar file, nama penulis, dan nama penerbit. Lalu tekan tombol borrow atau pinjam untuk meminjam buku. Bila sudah menyelesaikan semua langkah yang disebutkan, berarti kamu sudah bisa membaca dan menikmati buku selama 7 hari.

Di iPusnas juga ada membaca offline alias tidak terkoneksi dengan jaringan internet. Namun kamu harus memperhatikan ketentuan yang ditetapkan. Untuk membaca buku secara offline, kamu harus sudah login aplikasi dan sudah mengunduh buku yang akan kamu baca.

Itu dia penjelasan tentang iPusnas yang diharapkan bisa membantu kamu menemukan dan membaca judul buku favorit kamu. Tidak hanya sekedar membaca, dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih kreatif dan inovatif. 😁

Karena selain membaca, di sana kamu bisa menjalin pertemanan dan mengulas buku bersama pembaca lain. Kamu juga dapat bertukar rekomendasi buku favorit kamu. 

Walau memiliki banyak kelebihan, ternyata beberapa pembaca juga mengalami beberapa kendala. Salah satu kendala yang rata-rata dialami penggunanya adalah aplikasi error.

Semoga kendala seperti ini tidak terjadi lagi ya, GenK, supaya kamu lebih nyaman dalam mengoperasikan aplikasi tersebut.


Nah tunggu apa lagi? Unduh aplikasi iPusnas lalu registrasi untuk membaca online dan melakukan peminjaman buku. Semua bisa kamu lakukan dengan mudah dan perpustakaan pun serasa di genggaman kamu, GenK! Selamat membaca ya! 🤓

 

About author

Related posts
Buku

Cara Membuat Kerangka Cerita Karangan yang Terstruktur

Buku

4 Rekomendasi Aplikasi Audiobook dari Luar Negeri dan Indonesia

Buku

9 Daftar Buku Biografi dan Autobiografi yang Memotivasi Hidupmu

Buku

Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.