fbpx

Jenis-Jenis Komik, dari Novel Grafis hingga Webtoon

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
jenis-jenis komik

Penggemar komik mana suaranya? Menikmati petualangan tokoh favorit lewat komik memang asyik, GenK. Baik dalam bentuk fisik maupun digital, kamu bisa memilih jenis-jenis komik sesuai keinginanmu. Mau tahu apa saja jenisnya? Baca selengkapnya di bawah ini!

Sebagai salah media hiburan yang paling populer, komik terus berkembang mengikuti perubahan zaman hingga saat ini. Kamu dapat menemukan beragam jenis komik yang berbeda dari segi genre dan format pembuatannya. 

Perbedaan bentuk tersebut bisa dipengaruhi banyak hal, khususnya terkait elemen-elemen khas, seperti yang pernah kami paparkan di artikel mengenai serba-serbi komik . Supaya kamu semakin paham akan berbagai bentuknya, nih dia sajian jenis-jenis komik untukmu!

Jenis-Jenis Komik Berdasarkan Formatnya

Hingga sekarang, kamu bisa membaca beragam komik yang tersedia dalam berbagai format seperti berikut: 

1. Buku Komik 

jenis-jenis komik 1

Buku komik (sumber: independent.co.uk)

Format pertama yang paling sering dijumpai adalah buku komik. Bentuk ini tersusun atas banyak halaman yang masing-masing menggambarkan suatu adegan dalam cerita. Jumlah halaman pada sebuah buku komik sendiri bisa bervariasi antara satu dan lainnya, biasanya berjumlah 22 halaman atau lebih.

Sebuah buku komik biasanya menceritakan satu episode atau volume tertentu dari sebuah seri judul. Karena jumlah halamannya yang lebih banyak, seorang komikus bisa memasukan lebih banyak detail cerita ke dalam gambar komik untuk menggambarkan suatu jalan cerita. 

Jenis komik yang satu ini kerap dipilih untuk berbagai genre karena ruang untuk menuangkan ide para creator jadi lebih besar dan kesempatan untuk memasukan sebanyak mungkin detail bisa lebih mudah dilakukan. 

Tidak sedikit loh, buku komik yang kemudian diangkat ke layar kaca menjadi karya film. Berbagai film dari Marvel Cinematic Universe dan DC Extended Universe seperti Avengers, Justice League, Superman, dan Captain America, semuanya berasal dari buku komik, GenK. 

2. Comics Strip 

jenis-jenis komik 2

Komik Garfield (sumber: pinterest.com)

Awal mula dunia komik yang kamu kenal sekarang berawal dari potongan cerita pendek di kolom koran dan majalah. Jenis komik yang satu ini merupakan salah satu bentuk paling awal yang mendahului berbagai format komik saat ini. 

Comic strips adalah cerita pendek yang disusun dalam bentuk panel-panel kecil, dengan jumlah antara 3-4, baik secara vertikal maupun horizontal. Cerita yang dimuat di comics strip biasanya merupakan seri bersambung dengan episode baru setiap kurun waktu tertentu, bisa mingguan atau bulanan. 

Komik yang satu ini biasanya ditempatkan pada bagian khusus di koran sebagai kolom hiburan para pembaca. Untuk itulah, update cerita baru untuk sebuah comic strip umumnya ditemukan pada edisi koran di akhir pekan. Cerita tentang Si Kucing Oranye, Garfield, merupakan contoh komik populer pada format ini. 

Selain berbentuk potongan-potongan cerita pendek, comics strip  juga banyak dikompilasikan menjadi sebuah buku komik yang kemudian dikembangkankan menjadi sebuah seri terpisah, GenK. 

Baca Juga   Cara Menerbitkan Buku lewat Self Publishing

3. Novel Grafis 

jenis-jenis komik 3

Contoh novel grafis (sumber: publisherweekly.com)

Masih erat kaitannya dengan jenis-jenis komik lainnya, novel grafis merupakan format lain yang juga umum dipakai. Novel grafis merupakan bentuk ekstensi dari sebuah chapter atau volume tertentu pada komik yang dibuat dalam bentuk gambar penuh secara detail. 

Berbeda dengan buku komik yang hanya memiliki panjang sekitar 22 halaman atau lebih, sebuah novel grafis dapat terdiri atas 75 hingga 300 halaman untuk setiap edisinya loh. Banyak banget kan? 

Komponen cerita yang ada, baik berupa interaksi antar tokoh, maupun setting tempat dan waktu, semua ditampilkan dalam bentuk visual gambar komik berkualitas tinggi. Matamu akan dimanjakan dengan gambar-gambar super detail yang akan membawamu berlayar sepanjang cerita. 

4. Komik Digital 

jenis-jenis komik 4

Contoh komik digital (sumber: pcmag.com)

Di zaman serba canggih ini, semua hal bisa dengan mudah kamu peroleh berkat bantuan teknologi, GenK. Termasuk di dalamnya adalah komik. Jika sebelumnya kamu harus direpotkan pergi ke toko buku untuk mendapatkan seri idamanmu, sekarang cukup bermain jari di HP, kamu sudah bisa langsung menikmati komik favorit. 

Komik digital pada dasarnya adalah seluruh jenis komik yang tersedia dalam bentuk elektronik dan bisa diakses menggunakan perangkat seperti HP, tablet, maupun komputer. Mulai dari comics strip, novel grafis, sampai buku komik, semuanya tersedia dalam bentuk digital. 

Jenis komik yang satu ini memang menjadi pilihan banyak orang yang ingin menikmati komik, tapi tidak punya waktu untuk pergi ke toko buku dan ribetnya membawa buku komik. Cukup berbekal gadget andalan, komik kesayangan dapat dinikmati kapan pun dan di mana pun. 

Webtoon merupakan jenis komik digital populer yang diminati oleh banyak orang karena visual gambar komiknya yang memukau serta cerita unik yang dekat dengan kehidupan para pembacanya.  

Baca Juga   4 Rekomendasi Aplikasi Audiobook dari Luar Negeri dan Indonesia

Jenis-Jenis Komik Berdasarkan Genre 

jenis-jenis komik 5

Komik The Adventure of Tintin (sumber: books2door.com)

Selain formatnya, komik juga dapat dibagi menjadi banyak genre yang mencakup tema atau topik khusus. Setiap genre memiliki ciri khasnya masing-masing yang unik satu sama lain. 

  • Superhero. Genre pertama yang selalu menjadi tolak ukur di dunia komik nih, superhero. Jenis komik ini mengangkat cerita kepahlawanan karakter yang mempunyai kekuatan super untuk membela kebenaran. 
  • Horor. Sesuai namanya, segala sesuatu yang berbau menyeramkan dan membuat bulu kuduk merinding termasuk dalam genre komik ini. 
  • Science Fiction (Sci-fi). Menuju ke tak terbatas dan melampauinya! Genre ini menitikberatkan pada hal-hal menakjubkan yang muncul di dunia nyata. Kerap kali terkait dengan sesuatu dari masa depan atau luar angkasa. 
  • Action/Adventure. Petualangan para tokoh pemberani untuk menyelesaikan suatu misi dan menemui banyak halangan serta rintangan di jalan. Bisa juga cerita  pertempuran dan aksi yang dilakukan oleh para karakternya untuk menumpas kejahatan.
  • Romance. Love is in the air. Drama romantis picisan yang berkisah tentang dua insan mengarungi bahtera percintaan yang penuh liku dan ujian. Jenis-jenis komik lainnya juga terkadang memiliki bumbu romansa yang eksplisit, meskipun tidak secara fokus dibahas layaknya genre romance
  • Humor. Konten yang menggelitik perut dan mengundang canda tawa. Biasanya diangkat dari kisah kehidupan sehari-hari dengan sentuhan sarkasme. 


Wah, ternyata jenis-jenis komik itu ada banyak yah. Bukan hanya sekadar bacaan biasa, kamu juga bisa belajar banyak hal dari cerita komik yang sering kamu nikmati. 

Polling 

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Buku

Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

Buku

Mengenal Kearifan Lokal lewat Komik Indonesia

Buku

Serba-Serbi Komik: Bukan Sekadar Cerita Bergambar

Buku

6 Tips Cara Membuat Cover Buku yang Menarik

Buku

4 Rekomendasi Aplikasi Audiobook dari Luar Negeri dan Indonesia

Buku

5 Cara Membuat Ebook yang Simpel

Buku

Cara Menerbitkan Buku lewat Self Publishing

Buku

8 Langkah Membaca Efektif

Buku

9 Daftar Buku Biografi dan Autobiografi yang Memotivasi Hidupmu

Buku

6 Jenis Buku Anak Unik Biar Si Kecil Gak Kecanduan Gadget

Buku

8 Cara Mudah Menulis Cerpen

Buku

Vending Machine Pembuat Cerpen Instan

Buku

Jenis Ending Cerita Fiksi yang Perlu Kamu Ketahui

Buku

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Writer’s Block

Buku

Cara Membuat Kerangka Karangan Cerita

Buku

J.R.R. Tolkien Sang Bapak Cerita Fantasi

Buku

Suka Nulis? Unggah Karyamu ke 3 Platform Baca Buku Online Ini

Buku

iPusnas: Perpustakaan dalam Genggaman

Buku

Sejarah Panjang Novel Fantasi

Buku

Rekomendasi Novel Karya J.R.R. Tolkien

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link