fbpx

Mengenal Kearifan Lokal lewat Komik Indonesia

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
komik Indonesia

Pilih Justice League atau Avengers? Tentukan pilihanmu sekarang juga! Eits, kayaknya sudah bosan deh, setiap hari topik yang diangkat soal karakter komik superhero yang itu-itu lagi. Bagaimana kalau kami kasih tahu kalau ternyata kita juga punya komik Indonesia yang tidak kalah kece loh. Mau tahu? Yuk mari!

Komik telah menjadi salah satu media hiburan yang paling banyak digemari oleh  orang-orang dari seluruh dunia. Tua, muda, perempuan, maupun laki-laki, semuanya suka baca komik. Namun, seringkali komik yang dibaca tersebut merupakan produk karya luar, padahal di Indonesia, kita punya banyak loh mahakarya lokal yang tidak kalah saing loh

Dunia komik Indonesia merupakan salah satu bidang dalam industri kreatif nasional yang punya peran penting dalam upaya pengembangan konten lokal. Sejak publikasi komik Indonesia pertama di tahun 1930 berjudul Put On, komik Indonesia telah mengalami pasang surut hingga saat ini. 

Berikut ini kami sajikan beberapa produsen dan produk komik lokal Indonesia yang sayang jika dilewatkan. 

1. Bumilangit 

komik indonesia 1

Contoh komik bumilangit (sumber: bumilangit.com)

Para penggemar komik Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan produsen komik yang satu ini dong. Bumilangit adalah perusahaan creator komik terkemuka di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2003 silam, GenK. 

Bumilangit berfokus pada komik yang menceritakan kisah kepahlawanan dari tokoh-tokoh lokal Nusantara. Perusahaan ini telah memiliki lebih dari 500 karakter komik yang telah terbit sejak enam puluh tahun silam loh. Jadi sudah cukup lama juga kan. 

Karakter-karakter yang diciptakan oleh Bumilangit tidak hanya memiliki kemampuan yang luar biasa, tapi juga penokohan yang kaya untuk menghasilkan alur cerita menarik dan beda dengan karakter dari kisah lainnya. Tentu saja semua elemen tersebut disajikan dengan memanfaatkan kearifan lokal Nusantara. 

Bak DC dan Marvel, Bumilangit juga punya universe atau alam semestanya sendiri yang dibagi menjadi dua, yaitu semesta superhero dan semesta pendekar. Semesta superhero berisi lebih dari 300 karakter yang masing-masing mempunyai  kemampuan khusus. 

Gundala Putra Petir dan Sri Asih adalah dua contoh karakter pahlawan yang cukup populer di kalangan para penggemar komik Indonesia. Keduanya memiliki kemampuan unik dan menarik yang tidak kalah dari para superhero internasional seperti Captain America, Superman, atau Wonder Woman.  

Dunia lainnya yang juga juga tidak boleh terlewat adalah semesta pendekar. Dengan jumlah karakter yang mencapai 110 orang, universe ini berfokus pada cerita pahlawan biasa yang tidak memiliki kekuatan super. Tokoh legendaris, Si Buta dari Gua Hantu adalah contoh pendekar dari semesta ini. 

Psstt, Gundala Putra Petir sudah diadaptasi dan diangkat ke layar lebar loh. Buat kamu yang penasaran melihat cerita lengkap dan aksi keren sang superhero, nantikan filmnya di bioskop kesayanganmu pada 29 Agustus mendatang! 

Baca Juga   Jenis Ending Cerita Fiksi yang Perlu Kamu Ketahui

2. PIONICON

komik indonesia 2

Komik Si Juki (sumber: gramedia.com)

Produsen komik Indonesia berikutnya yang tidak boleh terlupakan adalah PIONICON dengan karya tenarnya, Si Juki. Ada yang tidak mengenal siapa itu Si Juki? Wah kalau belum, coba langsung ambil HP kamu lalu cari di internet jawabannya. 

PIONICON merupakan perusahaan pembuat komik yang mirip seperti Bumilangit. Dengan banyak karyanya yang booming, PIONICON bisa menjadi sumber referensi kamu ketika ingin menikmati potongan cerita dari kisah-kasih kehidupan di Indonesia. 

Selain cerita kehidupan Si Juki dengan berbagai pengalamannya yang menarik, PIONICON juga memiliki banyak koleksi kisah lainnya yang sayang jika terlewat. Beberapa karakter yang mungkin familiar di telinga kamu adalah Si Bedil, Hebring, dan Pocongman.  

3. Skylar Komik

komik indonesia 3

Komik Volt (sumber: duniaku.net)

Avengers sudah tamat beberapa bulan yang lalu, GenK, tapi ceritanya selalu membekas di hati. Mungkin berikutnya, kamu bisa mencari kumpulan tim superhero dengan kekuatan yang tidak kalah keren dari Avengers, langsung kita panggilkan Jawara Indonesia. 

Jawara Indonesia merupakan sebuah perkumpulan pahlawan yang terdiri atas banyak superhero seperti Volt dan Valentine yang bergabung untuk menumpas kejahatan di Bumi Pertiwi tercinta. Kumpulan para superhero ini dapat kamu temukan di Skylar Komik. 

Skylar Komik adalah perusahaan komik Indonesia lain yang juga turut bergabung menambah warna baru di dunia komik lokal. Tokoh Volt merupakan superhero berkekuatan petir yang berkostum penuh khas berwarna biru. 

Baca Juga   Sejarah Panjang Novel Fantasi

4. Ciayo Comics

komik indonesia 4

Ciayo Comics (sumber: ciayo.com)

Kalau kamu biasanya membaca komik digital di mana nih, GenK? Pasti banyak banget dong situs referensinya yah. Tapi sayangnya komik yang kamu baca mungkin belum diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, atau bahkan berisiko sebagai produk ilegal. Ih, takut.

Tidak perlu gundah gulana, Ciayo Comics adalah jawaban dari masalahmu. Ini dia platform kece, asli buatan anak bangsa yang menyediakan berbagai macam komik buat kamu baca. Mulai dari manga, hingga ke webtoon orisinil, semuanya tersedia di sini, GenK. 

Kamu bisa menemukan komik dari berbagai genre seperti romance, comedy, slice of life, drama, horor, sampai aksi petualangan lengkap tersedia. Kamu bisa langsung menikmati berbagai komik Indonesia favoritmu langsung dari mana saja. 

Kerennya lagi, Ciayo Comics juga sudah ada aplikasinya loh, GenK. Tinggal download di Android Play Store atau Apple App Store, lalu login dengan akun Google-mu. Asyik banget kan!  


Gimana, GenK, kamu sudah pernah baca komik atau dari penerbit yang mana nih? Selain membaca, kamu juga bisa membuat sendiri komik Indonesia versi kamu dengan beberapa rekomendasi aplikasi membuat komik dari kami loh.  

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Buku

Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

Buku

Jenis-Jenis Komik, dari Novel Grafis hingga Webtoon

Buku

Serba-Serbi Komik: Bukan Sekadar Cerita Bergambar

Buku

6 Tips Cara Membuat Cover Buku yang Menarik

Buku

4 Rekomendasi Aplikasi Audiobook dari Luar Negeri dan Indonesia

Buku

5 Cara Membuat Ebook yang Simpel

Buku

Cara Menerbitkan Buku lewat Self Publishing

Buku

8 Langkah Membaca Efektif

Buku

9 Daftar Buku Biografi dan Autobiografi yang Memotivasi Hidupmu

Buku

6 Jenis Buku Anak Unik Biar Si Kecil Gak Kecanduan Gadget

Buku

8 Cara Mudah Menulis Cerpen

Buku

Vending Machine Pembuat Cerpen Instan

Buku

Jenis Ending Cerita Fiksi yang Perlu Kamu Ketahui

Buku

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Writer’s Block

Buku

Cara Membuat Kerangka Karangan Cerita

Buku

J.R.R. Tolkien Sang Bapak Cerita Fantasi

Buku

Suka Nulis? Unggah Karyamu ke 3 Platform Baca Buku Online Ini

Buku

iPusnas: Perpustakaan dalam Genggaman

Buku

Sejarah Panjang Novel Fantasi

Buku

Rekomendasi Novel Karya J.R.R. Tolkien

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link