Buku

Mengenal Kearifan Lokal lewat Komik Indonesia

komik Indonesia

Pilih Justice League atau Avengers? Tentukan pilihanmu sekarang juga! Eits, kayaknya sudah bosan deh, setiap hari topik yang diangkat soal karakter komik superhero yang itu-itu lagi. Bagaimana kalau kami kasih tahu kalau ternyata kita juga punya komik Indonesia yang tidak kalah kece loh. Mau tahu? Yuk mari! 

Komik telah menjadi salah satu media hiburan yang paling banyak digemari oleh  orang-orang dari seluruh dunia. Tua, muda, perempuan, maupun laki-laki, semuanya suka baca komik. Namun, seringkali komik yang dibaca tersebut merupakan produk karya luar, padahal di Indonesia, kita punya banyak mahakarya lokal yang tidak kalah saing loh

Dunia komik Indonesia merupakan salah satu bidang dalam industri kreatif nasional yang punya peran penting dalam upaya pengembangan konten lokal. Sejak publikasi komik Indonesia pertama di tahun 1930 berjudul Put On, komik Indonesia telah mengalami pasang surut hingga saat ini. Berikut ini kami sajikan beberapa produsen dan produk komik lokal Indonesia yang sayang jika dilewatkan. 

1. Bumilangit 

komik indonesia 1

Contoh komik bumilangit (sumber: bumilangit.com)

Para penggemar komik Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan produsen komik yang satu ini dong. Bumilangit adalah perusahaan creator komik terkemuka di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2003 silam. 

Bumilangit berfokus pada komik yang menceritakan kisah kepahlawanan dari tokoh-tokoh lokal Nusantara. Perusahaan ini telah memiliki lebih dari 500 karakter komik yang telah terbit sejak enam puluh tahun silam loh. Jadi sudah cukup lama juga kan. 

Karakter-karakter yang diciptakan oleh Bumilangit tidak hanya memiliki kemampuan yang luar biasa, tapi juga penokohan yang kaya untuk menghasilkan alur cerita menarik dan beda dengan karakter dari kisah lainnya. Tentu saja semua elemen tersebut disajikan dengan memanfaatkan kearifan lokal Nusantara. 

Bak DC dan Marvel, Bumilangit juga punya universe atau alam semestanya sendiri yang dibagi menjadi dua, yaitu semesta superhero dan semesta pendekar. Semesta superhero berisi lebih dari 300 karakter yang masing-masing mempunyai  kemampuan khusus. 

Gundala Putra Petir dan Sri Asih adalah dua contoh karakter pahlawan yang cukup populer di kalangan para penggemar komik Indonesia. Keduanya memiliki kemampuan unik dan menarik yang tidak kalah dari para superhero internasional seperti Captain America, Superman, atau Wonder Woman.  

Dunia lainnya yang juga juga tidak boleh terlewat adalah semesta pendekar. Dengan jumlah karakter yang mencapai 110 orang, universe ini berfokus pada cerita pahlawan biasa yang tidak memiliki kekuatan super. Tokoh legendaris, Si Buta dari Gua Hantu adalah contoh pendekar dari semesta ini. 

Psstt, Gundala Putra Petir sudah diadaptasi dan diangkat ke layar lebar loh. Buat kamu yang penasaran melihat cerita lengkap dan aksi keren sang superhero, nantikan filmnya di bioskop kesayanganmu pada 29 Agustus mendatang! 

Baca Juga :   Cara Menerbitkan Buku lewat Self Publishing

2. PIONICON

komik indonesia 2

Komik Si Juki (sumber: gramedia.com)

Produsen komik Indonesia berikutnya yang tidak boleh terlupakan adalah PIONICON dengan karya tenarnya, Si Juki. Ada yang tidak mengenal siapa itu Si Juki? Wah kalau belum, coba langsung ambil HP kamu lalu cari di internet jawabannya. 

PIONICON merupakan perusahaan pembuat komik yang mirip seperti Bumilangit. Dengan banyak karyanya yang booming, PIONICON bisa menjadi sumber referensi kamu ketika ingin menikmati potongan cerita dari kisah-kasih kehidupan di Indonesia. 

Selain cerita kehidupan Si Juki dengan berbagai pengalamannya yang menarik, PIONICON juga memiliki banyak koleksi kisah lainnya yang sayang untuk kamu lewatkan. Beberapa karakter yang mungkin familiar di telinga kamu adalah Si Bedil, Hebring, dan Pocongman.  

About author

Related posts
Buku

Cara Membuat Kerangka Cerita Karangan yang Terstruktur

Buku

4 Rekomendasi Aplikasi Audiobook dari Luar Negeri dan Indonesia

Buku

9 Daftar Buku Biografi dan Autobiografi yang Memotivasi Hidupmu

Buku

Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.