Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

Dibaca Normal: 5 menit aja
panel komik

Sebelum mulai membuat komik, ada baiknya kamu pelajari jenis-jenis susunan panel komik terlebih dahulu, GenK. Ternyata ada banyak loh. Ayo kita baca selengkapnya hanya di sini!

Tak hanya dari alur cerita,susunan panel juga menjadi salah satu faktor kenapa kamu betah membaca komik selama berjam-jam atau bahkan sampai berhari-hari lamanya.

Sebuah panel komik akan dikatakan baik kalau susunan panelnya mampu menggiring pembaca untuk mengerti ke mana arah panel yang berikutnya. Supaya lebih jelas lagi, ayo kita simak penjelasannya! Kami mulai dari pengertian panel komik nih, GenK.

Apa Itu Panel Komik?

membaca komik

Ilustrasi membaca komik (sumber: liveabout.com)

Ada gambar yang di kanan dan ada juga gambar yang di kiri. Kok bisa beda-beda yah?

Jadi, posisi gambar ini ditentukan oleh panel dan layout, GenK.

Panel komik adalah sebuah frame tunggal yang berisi gambar suatu adegan cerita.

Cukup satu kotak saja, karena kalau terdiri dari kumpulan panel akan disebut dengan multiple-panel sequence. Panel yang seperti ini biasa digunakan pada komik strip dan komik buku.

Ketika multiple-panel disusun, kamu membutuhkan jarak antara panel satu dengan panel yang lainnya. Semua kotak panel ini dipisahkan dengan blank space berwarna putih yang bernama gutter.

Panel dan Layout Komik

Beberapa dari kamu mungkin ada yang masih kebingungan dengan perbedaan panel dan layout komik. Di bagian atas, kami sudah menjelaskan pengertian panel, nah kalau pengertian layout adalah bagian dari desain grafis yang berguna untuk menata elemen visual pada suatu halaman.

Umumnya untuk menyusun layout komik, kamu akan menggunakan prinsip dasar desain grafis dan komposisi tertentu untuk menghasilkan susunan alur yang mudah dibaca oleh pengguna.

layout panel komik

Panel dan layout komik (sumber: jessica-emmett.com)

Makanya penggunaan layout yang baik sangat diperlukan pada pembuatan komik, GenK. Multiple-panel yang sudah kamu buat, kemudian disusun menjadi layout yang proporsional.

Susunan panel akan berhubungan erat dengan prinsip desain grafis seperti balance, kontras, ritme, dan sebagainya. Teori ini bisa kamu pelajari lebih mendalam lewat artikel dasar desain grafis yang sudah pernah kami tulis sebelumnya.

Baca Juga
5 Tips Cara Membaca Cepat

Alur Baca Panel Pada Setiap Jenis Komik

Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang jenis-jenis komik, sekarang kami akan membahas tentang aturan panel pada setiap jenis komik tersebut. Eits, tapi dengan catatan aturan ini sifatnya tidak mengikat yah, GenK. Yuk langsung baca satu per satu!

  1. Komik, ini merupakan posisi panel yang umum digunakan pada komik dengan menggunakan alur baca dari kiri ke kanan.
  2. Manga, kalau yang ini merupakan komik Jepang, GenK. Alur baca yang digunakan pada komik ini adalah dari kanan ke kiri.
  3. Webcomic, merupakan komik yang dipublikasikan di internet. Biasanya panel disusun secara vertikal untuk memberi kemudahan kepada pembaca yang tentunya membaca lewat gadget. Tinggal scroll saja deh.
  4. Strip, umumnya memiliki 1-4 panel, tapi sebenarnya kamu juga bisa menggunakan lebih dari itu, 9 panel misalnya. Kemudian panel tersebut disusun secara vertikal maupun horizontal.
  5. Yonkoma, atau disebut juga dengan 4-koma yang masih sejenis dengan komik strip. Untuk koma, umumnya panel komik koma disusun secara vertikal, sedangkan strip disusun secara horizontal. Selain itu, komik koma panelnya juga dapat disusun dengan gaya 2×2 yang dikenal dengan sebutan komik 4 panel.

Jenis-Jenis Susunan Panel Komik

Nah, sebelum benar-benar bikin komik, kamu harus tahu dulu nih jenis-jenis panel komik berdasarkan susunannya. Setiap pemilihan susunan panel akan mempengaruhi dimensi dan margin yang bakal kamu gunakan nantinya, GenK. Mari kami mulai dari jenis yang pertama.

1. Panel baris

panel komik 3

Contoh panel baris (sumber: flashbak.com)

Panel dibaca secara horizontal dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Untuk format regular ada yang 2×2, 2×3, 3×2, 3×3, 4×2, dan masih banyak lagi. Namun susunan yang umum digunakan pada panel berdasarkan baris adalah 3×3, 3×2, dan 4×2.

Kalau panel baris irregular susunannya vertikal tetapi tidak sejajar, membuat jumlah dan ukuran tiap panelnya berbeda-beda, GenK. Bentuknya yang tidak beraturan membuat jenis panel ini hanya dihitung berdasarkan barisnya saja, misalnya seperti 2-baris, 3-baris, dan 4-baris.

2. Panel kolom

panel komik 4

Gambar panel baris (sumber: hoodedutilitarian.com)

Berikutnya adalah panel kolom yang dibaca secara vertikal dari atas ke bawah. Sama seperti panel baris, panel kolom dibagi menjadi regular dan irregular, GenK. Untuk format regular, kamu bisa menggunakan susunan 1×2, 1×3, 1×4, 2×2, 2×4, 3×2, 2×4, dan sebagainya.

Kalau untuk format irregular, ada yang bentuknya 2-kolom, 3-kolom, dan 4-kolom. Posisinya yang tidak sejajar membuat jumlah dan ukuran panel berbeda satu sama lain.

Baca Juga
Suka Nulis? Unggah Karyamu ke 3 Platform Baca Buku Online Ini

3. Kombinasi

panel komik 5

Panel kombinasi baris dan kolom (sumber: hoodedutilitarian.com)

Panel komik kombinasi merupakan gabungan antara panel baris dan kolom pada satu halaman. Ciri khas panel ini adalah susunannya yang tidak beraturan, begitupun soal ukurannya. Ada yang ukurannya lebih panjang, ada juga yang lebih pendek dari panel lainnya.

4. Layout diagonal

panel komik 6

Layout diagonal (sumber: amazonarchives.com)

Nah, kalau panel yang ini tidak mengikuti aturan vertikal atau horizontal maupun aturan panel kolom atau baris. Gunakanlah susunan layout diagonal untuk menciptakan kesan yang lebih mendalam dan konfliknya benar-benar terasa.

5. Caption panel

jenis panel komik 7

Caption panel (sumber: comicpedigrees.com)

Berikutnya adalah caption panel. Sesuai namanya, jenis susunan panel yang satu ini hanya berisi gambar dan kata-kata saja, GenK. Ukuran panelnya juga cenderung lebih kecil daripada jenis panel lainnya.

6. Inset

inset panel

Inset panel (sumber: reddit.com)

Kalau inset merupakan jenis susunan panel, di mana bagian luarnya dikelilingi dengan gambar-gambar lain meski tanpa teks sekalipun. Gambar yang mengelilinginya juga masih memiliki korelasi dengan adegan di dalam frame panel.

Baca Juga
Cara Menerbitkan Buku lewat Self Publishing

7. Overlapping panels

Overlapping panel

Overlapping panels (sumber: en.sonicscanf.org)

Panel yang satu ini sengaja diletakkan di atas panel lainnya sehingga memberikan kesan menumpuk. Ketika panel 1 ditumpuk dengan panel lainnya, kamu tidak perlu menggunakan gutter untuk memisahkan keduanya.

8. Broken frames

Broken frames

Broken frames (sumber: forums.sonicretro.org)

Pernah melihat gambar komik yang keluar dari frame? Ini dinamakan dengan broken frames, yaitu elemen gambar yang ada di satu panel kemudian sengaja digambar keluar melampaui bingkai. Bahkan sebagian gambar masuk ke panel lainnya. Sama seperti overlapping panel, broken frames tidak perlu menggunakan gutter nih.


Kalau sudah tahu jenis-jenis susunan panel komik, sekarang mau bikin komik pun jadi jauh lebih mudah. Supaya proses pengerjaannya gak ribet, kami merekomendasikan untuk menggunakan storyboard. Kalau soal cara membuat storyboard sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya loh. Hayo.. sudah baca artikelnya belum? Yuk mulai bikin!

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Buku

Ini Dia 11 Jenis Balon Kata Komik Beserta Fungsinya

Buku

5 Tips Cara Membaca Cepat

Buku

Restoring Comic: Bikin Komik Lawas Kelihatan Baru Lagi

Buku

Mengenal Kearifan Lokal lewat Komik Indonesia

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link