Buku

Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

cover-panel-komik

Sebelum mulai membuat komik, ada baiknya kamu pelajari jenis-jenis susunan panel komik terlebih dahulu, GenK. Ternyata ada banyak loh. Ayo kita baca selengkapnya di sini!

Nggak cuma dari alur cerita, susunan panel juga jadi satu faktor kenapa kamu betah membaca komik selama berjam-jam atau bahkan sampai berhari-hari lamanya. 

Sebuah panel komik akan dikatakan baik kalau susunan panelnya mampu menggiring pembaca untuk mengerti ke mana arah panel yang berikutnya. Supaya lebih jelas lagi, ayo kita simak penjelasannya! Kami mulai dari pengertian panel yah, GenK!

Apa Itu Panel Komik?

panel-komik

Ilustrasi panel komik (Sumber: unsplash.com)

Ada gambar yang di kanan dan ada juga gambar yang di kiri. Kok bisa beda-beda yah?

Jadi, posisi gambar ini ditentukan oleh panel dan layout, GenK.

Panel komik adalah sebuah frame tunggal yang berisi gambar suatu adegan cerita. 

Cukup satu kotak saja, karena kalau terdiri dari kumpulan panel akan disebut dengan multiple-panel sequence. Panel yang seperti ini biasa digunakan pada komik strip dan komik buku. Ketika multiple-panel disusun, kamu membutuhkan jarak antara panel satu dengan panel yang lainnya. Semua kotak panel ini dipisahkan dengan blank space berwarna putih yang bernama gutter.

Panel dan Layout Komik

Beberapa dari kamu mungkin ada yang masih kebingungan dengan perbedaan panel dan layout komik. Di bagian atas, kami sudah menjelaskan pengertian panel, nah, kalau pengertian layout adalah bagian dari desain grafis yang berguna untuk menata elemen visual pada suatu halaman.

Umumnya untuk menyusun layout komik, kamu akan menggunakan prinsip dasar desain grafis dan komposisi tertentu untuk menghasilkan susunan alur yang mudah dibaca oleh pengguna. 

panel-dan-layout-komik

Ilustrasi panel dan layout komik (Sumber: thevisuallinguist.com)

Makanya penggunaan layout yang baik sangat diperlukan pada pembuatan komik, GenK. Multiple-panel yang sudah kamu buat, kemudian disusun menjadi layout yang proporsional. 

Susunan panel akan berhubungan erat dengan prinsip desain grafis seperti balance, kontras, ritme, dan sebagainya. Teori ini bisa kamu pelajari lebih mendalam lewat artikel dasar desain grafis yang sudah pernah kami tulis sebelumnya.

Baca Juga :   6 Aplikasi Gratis untuk Bikin Komik Paling Recommended

About author

Related posts
Buku

Sejarah Hari Dongeng Sedunia dan Pentingnya Cerita untuk Edukasi

Buku

Cara Membuat Kerangka Cerita Karangan yang Terstruktur

Buku

4 Rekomendasi Aplikasi Audiobook dari Luar Negeri dan Indonesia

Buku

9 Daftar Buku Biografi dan Autobiografi yang Memotivasi Hidupmu

Leave a Reply

Your email address will not be published.