Serba-Serbi Komik: Bukan Sekadar Cerita Bergambar

Dibaca Normal: 5 menit aja
pengertian komik

Kamu tim DC atau tim Marvel, GenK? Kedua perusahaan komik raksasa di dunia tersebut terus bersaing untuk mendominasi pasar dengan berbagai masterpiece yang tak ada habisnya. Tapi, apakah kamu tahu pengertian komik itu sebenarnya? Terus bedanya sama novel apa yah? Ini dia penjelasannya.

Membaca buku komik di waktu luang memang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Baik saat waktu istirahat jam makan siang, selepas pulang dari sekolah, lagi dalam perjalanan, bahkan sebelum tidur, membaca komik favorit tentu merupakan aktivitas yang asyik.

Saat pertama kali memilih judul dari rak di toko buku, kamu pasti penasaran akan petualangan-petualangan seru yang menantimu di depan. Seri demi seri pun dihabiskan demi mengetahui akhir ceritanya. Dari yang awalnya hanya sekadar mencoba membaca rekomendasi dari teman, akhirnya berujung pada koleksi pribadi. 五

Nah, tahukah kamu mengapa komik bisa menjadi sedemikian populer sebagai salah satu media hiburan yang digemari oleh banyak orang? Melalui artikel ini, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai serba-serbi komik, mulai dari pengertian komik beserta berbagai ciri khasnya nih.

Pengertian Komik: Bukan Sekadar Cerita Bergambar

pengertian komik 1

Contoh komik di koran (sumber: fernandoruizeverybody.com)

Kamu pasti pernah melihat komik, membacanya, mungkin memiliki beberapa edisinya di antara rak bukumu, atau bahkan menemuinya di sudut majalah atau koran. Namun, apakah pengertian komik yang selama ini hanya berupa bahan bacaan hiburan semata itu sudah akurat?

Mengulas tentang komik memang bisa menjadi salah satu topik menarik yang cukup kompleks, GenK. Mulai dari awal mulanya yang hadir sebagai kolom hiburan di majalah dan koran, hingga sekarang berevolusi menjadi salah satu bentuk media paling populer di seluruh dunia.

Pengertian komik itu sendiri merujuk pada media ekspresi ide yang terdiri atas gambar yang dikombinasikan dengan teks dan elemen-elemen visual lainnya. Seluruh elemen tersebut disusun ke dalam bentuk panel-panel yang kemudian disandingkan satu sama lain untuk membentuk cerita utuh.

Istilah komik diambil dari kata comics dalam Bahasa Inggris untuk menyebut seluruh bentuk media ini baik dalam jumlah tunggal maupun jamak. Kata komik juga memiliki arti lain yaitu hasil karya berbau humor dan jenaka.

Baca Juga
Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Ciri-Ciri Komik

Sebagai bagian dari sebuah karya sastra, komik memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan bentuk-bentuk literatur lainnya seperti novel, puisi, pantun, maupun dongeng. Perbedaan yang ada ini membuat komik dapat dengan mudah diserap oleh banyak orang dari berbagai latar belakang.

Kontennya yang mengutamakan permainan visual merupakan kelebihan yang menarik minat banyak orang. Bukan cuma soal visual, ada banyak komponen lain yang hanya ada pada komik dan membuatnya menjadi lebih istimewa.

1. Panel Komik

pengertian komik 2

Panel komik (sumber: webcomicalliance.com)

Elemen pertama yang menjadi ciri khas sebuah komik adalah penggunaan panel berbagai bentuk dalam penyampaian ceritanya. Kisah para karakter disajikan dalam bentuk visual gambar yang diletakan secara beraturan di dalam kerangka berbentuk kotak, lingkaran, dan macam-macam bentuk lainnya.

Panel inilah yang menjadi panduan untuk mengantarkan para pembaca mengarungi alur cerita komik dari awal hingga akhir. Ukuran panel juga bisa sama dan berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan yang disesuaikan dengan konteks isi dari sebuah komik.

Pengaturan tata letak panel dalam sebuah komik memiliki fungsi vital yang dapat menentukan keseluruhan proses pembuatan komik, seperti yang sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya, mengenai cara membuat komik.

Baca Juga
Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

2. Speech Bubble

pengertian komik 3

Contoh speech bubble (sumber: designbundles.net)

Saat mendengar kata komik, hal apa yang pertama kali muncul di otakmu? Teks dialog percakapan antar tokoh yang ditempatkan di dalam balon atau kotak yang kemudian dihubungkan ke kepala karakter? Yap, benar banget, GenK. Ini dia elemen khas lain yang ada pada komik.

Speech bubble adalah komponen visual pada komik yang berisi teks dan biasa digunakan sebagai alat komunikasi para tokoh di dalam cerita. Karena bentuknya berupa gambar visual, kamu bisa kerepotan saat menentukan jalan cerita sebuah komik.

Untuk itulah, selain panel, speech bubble juga digunakan untuk memandu para pembaca memahami alur cerita dari interaksi tokoh-tokoh di dalam komik. Interaksi tersebut dapat berupa percakapan langsung, maupun berupa prolog dan epilog.

Supaya pembaca tidak kebingungan dalam menentukan dialog para tokoh, speech bubble biasanya memiliki bagian ekor yang menunjukan dari mana teks tersebut berasal.

Baca Juga
Ini Dia 11 Jenis Balon Kata Komik Beserta Fungsinya

3. Tanda Khusus pada Komik

pengertian komik 4

Contoh komik (sumber: reddit.com)

Percakapan yang dimuat dalam speech balloon biasanya bukan hanya terbatas pada teks dialog biasa, tapi juga seringkali mengandung tanda-tanda khusus yang menggambarkan kondisi atau aktivitas tertentu dalam cerita.

Misalkan saja yang paling familiar adalah simbol lampu menyala di atas kepala sebagai penanda munculnya ide. Tanda lain berupa awan hitam dan simbol petir bisa menjadi simbol bahwa sang karakter sedang berada dalam kondisi marah.

4. Tipografi untuk Komik

pengertian komik 5

Contoh font Comic Sans (sumber: digitalfiasco.wtf)

Ketika kamu membaca berbagai jenis komik, ada satu persamaan yang mungkin tanpa sadar luput dari perhatianmu, yaitu jenis teks atau font yang dipakai. Ada yang tahu font apa itu itu? Yap, betul sekali, GenK. Jawabannya adalah Comic Sans.

Kamu pasti tahu dan kemungkinan besar pernah menggunakan font ini sebelumnya. Baik untuk tulisan laporanmu, saat presentasi, atau untuk keperluan teks desain. Nah, font yang satu ini kerap dianggap sebagai bentuk tipografi yang paling sering digunakan untuk teks informal.

Baca Juga
7 Rekomendasi Font Keren untuk Desain Grafis Kekinian

Hal tersebut tentu tak lain dan tak bukan adalah karena lumrahnya pemakaian font ini dalam berbagai jenis komik karena desainnya yang dianggap paling sesuai, khususnya untuk strip comic.

Selain Comic Sans, pemilihan font yang beragam juga menjadi kunci penting dalam sebuah komik. Berbagai bentuk font bisa menyampaikan pesan yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Oleh karenanya, teks dalam komik bisa terdiri atas banyak variasi font.


Demikian tadi sekilas pengertian komik dan beberapa ciri khasnya, GenK. Semoga kamu jadi tambah paham mengenai dunia komik dan berbagai aspek menarik di dalamnya.

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Buku

Ini Dia 11 Jenis Balon Kata Komik Beserta Fungsinya

Buku

5 Tips Cara Membaca Cepat

Buku

Restoring Comic: Bikin Komik Lawas Kelihatan Baru Lagi

Buku

Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link