Rekomendasi Novel Karya J.R.R. Tolkien

Dibaca Normal: 5 menit aja
rekomendasi-nover-jrr-tolkien

Dikenal sebagai bapak cerita fantasi modern, nama JRR Tolkien identik dengan adaptasi film-film epik fantasi yang berbudget luar biasa besar. Trilogi film The Lord of the Rings (LOTR) dan The Hobbit yang disutradarai Peter Jackson mendapatkan respons positif dari penonton dan juga para pakar film.

Kesuksesan film ini menjadi pengantar generasi baru mengenal dunia Middle Earth (dunia tempat LOTR dan The Hobbit berlangsung) yang diciptakan Tolkien pada tahun 1937.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Sayangnya, GenK, para penggemar adaptasi film LOTR dan The Hobbit banyak yang menghindari untuk membaca langsung novel-novel karya Tolkien karena berbagai alasan. Banyaknya novel bertemakan Middle Earth karya Tolkien memang bisa membuat kamu kebingungan untuk mulai membaca dari mana. Jumlah karakter dan juga plot banyak dalam novel ini juga membuat para calon pembaca terintimidasi.

Tapi kamu tidak perlu takut, GenK, karena kami akan memberikan daftar novel karya Tolkien yang bisa kamu baca. Novel-novel ini diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan dibacanya. Mulai dari yang ringan dan hanya memiliki sedikit jumlah halaman hingga yang membahas sejarah panjang Middle Earth dan juga ras-ras yang ada di dalamnya. Selamat membaca, GenK! 🙂

The Hobbit

Diterbitkan pada tahun 1937, The Hobbit merupakan buku pertama yang memperkenalkan Middle Earth pada pembaca. Walaupun diadaptasi menjadi tiga film; The Unexpected Journey (2012), Desolation of Smaug (2013) dan The Battle of the Five Armies (2014), buku The Hobbit merupakan sebuah buku tunggal. Banyak penggemar Tolkien yang menyatakan bahwa buku ini jauh lebih bagus daripada adaptasi filmnya loh, GenK.

Buku ini bercerita tentang Bilbo Baggins, seorang hobit, yang terpaksa membantu sekelompok dwarf yang berusaha menyelamatkan tempat mereka tinggal yang diserang seekor naga bernama Smaug. Dalam perjalanannya, Bilbo menemukan sebuah cincin sakti yang mampu memberikan kekuatan luar biasa kepada pemiliknya. Cincin ini akan menjadi sangat penting dalam karya Tolkien selanjutnya yaitu trilogi LOTR.

Berbeda dari karya Tolkien yang lain, The Hobbit merupakan sebuah buku yang ditujukan kepada pembaca anak-anak sehingga alurnya tidak berat dan juga memiliki jumlah halaman yang lebih sedikit. Walaupun begitu pembaca remaja dan dewasa juga tetap mampu menikmati karena buku ini memberikan gambaran awal mengenai kondisi Middle Earth dan juga ras-ras di dalamnya. Sebuah langkah awal yang tepat bagi kamu untuk menjelajahi Middle Earth, Genk! 

Baca Juga
iPusnas: Perpustakaan dalam Genggaman

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Buku

5 Cara Membuat Ebook yang Simpel

Buku

Ini Dia 11 Jenis Balon Kata Komik Beserta Fungsinya  

Buku

5 Tips Cara Membaca Cepat

Buku

Restoring Comic: Bikin Komik Lawas Kelihatan Baru Lagi

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link