Restoring Comic: Bikin Komik Lawas Kelihatan Baru Lagi

Dibaca Normal: 4 menit aja
restoring comic

Slider
Slider
Slider

Niatnya ingin nostalgia sambil membaca komik masa kecil, eh malah gagal karena bukunya sudah rusak dan banyak halaman yang hilang. Pernah mengalami hal serupa? Yuk kenalan sama teknik restoring comic biar hati gak gondok lagi!

Tak hanya manusia, koleksi buku komikmu juga bisa menua loh. Maka dari itu kamu mesti mencari tahu bagaimana cara merawat komik agar koleksimu awet dan kualitasnya tetap terjaga.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Sayang banget kan kalau harus merelakan komik langka rusak dan terbengkalai begitu saja. Salah satu solusinya adalah dengan mengandalkan teknik restoring comic.

Karena sebelumnya kami sudah membahas tentang serba-serbi komik, nah sekarang kami ingin memperkenalkan teknik restoring comic atau restorasi komik kepadamu, GenK. Komik lawas pun seakan terlahir kembali dengan menggunakan teknik ini. Yuk simak informasinya! 💁‍♂️

Apa Itu Restoring Comic?

restoring comic 1

Contoh restorasi komik (sumber: herorestoration.net)

Sebagai orang yang senang mengoleksi komik, kamu pasti menginginkan kualitas komik milikmu tetap terjaga meski sudah bertahun-tahun lamanya.

Namun semakin lama, komik yang ada di rak bukumu tentu akan mengalami kerusakan, seperti usang, warna memudar, bahkan dimakan rayap.

Ini sungguh menjengkelkan, GenK. Daripada koleksimu yang sudah rusak malah terbengkalai, mungkin kamu harus kenalan sama yang namanya teknik restoring comics. Wah apa tuh, GenK?

Restoring comic adalah teknik menggambar komik sekaligus memperbaiki bagian-bagian tertentu yang sudah rusak dimakan zaman, kotoran, debu, dan luberan tinta agar kualitasnya tidak kalah seperti sediakala.

Dalam teknik ini ada yang menggunakan proses manual maupun digital. Umumnya cara manual digunakan untuk memperbaiki fisik buku, seperti bagian yang robek atau ada noda di bagian sampul. 🙈

Sedangkan cara digital digunakan untuk tracing gambar lama menjadi lebih hidup dan modern layaknya baru membeli di toko buku, GenK. 

Baca Juga
4 Aplikasi Membuat Komik Terbaik di PC

Apakah Teknik Ini Layak untuk Dicoba?

restoring comic 2

Mengembalikan potongan yang hilang (sumber: eclipsepaper.com)

Masalah layak atau tidak sebenarnya tergantung kebutuhanmu, GenK. 

Ada pula orang yang memang tidak ingin mengembalikan kualitas komiknya, karena biaya teknik menggambar komik yang satu ini terbilang tidak murah.

Sehingga kamu harus memastikan bahwa buku yang akan kamu restorasi bentuk, gambar, dan warnanya memiliki nilai jual yang tinggi di masa mendatang. 👍

Misalnya kamu memiliki koleksi buku komik Naruto volume 1. Mungkin saja 20 atau bahkan 30 tahun mendatang masih banyak orang yang mencari buku tersebut, padahal sudah tidak dijual di pasaran.

Jika kamu ingin mengarahkannya ke dunia bisnis, tidak ada salahnya untuk melakukan restoring comic demi pundi-pundi rupiah di masa mendatang. 

So, menurut kami teknik membuat komik ini layak untuk dicoba, terutama buat kamu yang ingin investasi, GenK. Sehingga koleksi bukumu yang sudah bertahun-tahun tetap terjaga nilainya.

Baca Juga
10 Situs Baca Komik Resmi Gratis dan Berbayar

Contoh Proses Restoring Comic

restoring comic 3

Color retouch (sumber: recalledcomics.com)

Buat kamu yang penasaran sebenarnya apa saja contoh proses restorasi komik, di sini kami akan memberikan sedikit contohnya hanya buat kamu, GenK. Yuk disimak sama-sama! 😉

  1. Proses pencucian buku. Merupakan langkah pertama untuk merawat kertas yang rapuh. Proses ini menggunakan pelarut organik dan anorganik yang khusus untuk menghilangkan berbagai noda, debu, tanning, dan mencegah terjadinya acid hydrolysis (hidrolisis asam) berkelanjutan.
  2. Menghilangkan bekas isolasi. Saat melihat sampul buku komik kesayanganmu robek, langkah pertama yang mungkin dilakukan adalah dengan mengisolasi bagian yang robek. Sebenarnya mengisolasi sampul buku bisa menjadi petaka loh. Bisa-bisa kerusakannya makin menjadi. Makanya banyak orang yang ingin menghilangkan bekas tempelan isolasi pada proses restoring comic
  3. Mengembalikan kertas yang hilang. Beberapa tahun yang lalu, ada salah satu halaman komik koleksimu yang robek dan entah hilang ke mana. Dengan restoring comic, kamu dapat mengembalikannya seolah-olah halaman tersebut tidak pernah hilang, GenK.
  4. Color retouch. Berfungsi untuk mengembalikan warna pada gambar yang sudah memudar. Umumnya proses ini dilakukan dengan teknik digital. Cara sederhananya, pertama-tama komikmu akan di-scan untuk kemudian masuk ke proses tracing gambar dan warna menggunakan pen tablet yang dihubungkan ke monitor. 
Baca Juga
Cara Menerbitkan Buku lewat Self Publishing

Cara Merawat Komik

cara merawat komik

Pengoleksi komik (sumber: llstylephoto.com)

Kalau tertarik melakukan restoring comic, kamu dapat menghubungi jasa restorasi komik lawas yang ada di kotamu. Tapi sebenarnya kamu juga bisa melakukan pencegahan dini agar komikmu tetap awet. Berikut adalah langkah-langkahnya! 👇

  1. Rajin membersihkan komik. Didiamkan berbulan-bulan saja, koleksi bukumu bisa terkena debu, apalagi kalau didiamkan sampai bertahun-tahun lamanya, GenK. Debu yang menempel pada sampul dan halaman bisa merusak warna komikmu loh. Mulai sekarang cobalah untuk rutin membersihkan koleksimu menggunakan kapas, kain, atau penyikat lembut.
  2. Hapus noda pakai penghapus. Gunakan penghapus untuk menghapus noda membandel yang ada di kertas komik milikmu. Usap perlahan agar tidak robek, GenK. Tidak lupa juga untuk membersihkan sisa penghapus yang masih menempel di kertas.
  3. Jangan menggunakan staples. Kenapa demikian? Karena staples bisa berkarat dan nantinya akan berdampak pada kualitas kertas. Jika sudah ada bagian kertas yang distaples, coba lepaskan secara perlahan agar kertas tidak robek.
  4. Simpan di tempat aman. Nah, kalau sudah selesai direstorasi, sekarang simpan koleksi bukumu di tempat yang aman. Misalnya seperti tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung untuk tetap menjaga kualitasnya.

Sekarang coba pertimbangkan kembali apakah koleksi komikmu perlu direstorasi atau tidak, mana tahu bukumu memang membutuhkan perbaikan kecil, GenK.


Memang biaya yang dibutuhkan tidak sedikit, tapi ada banyak keuntungan yang bakal kamu dapatkan di masa depan, terutama untuk investasi jangka panjang. 😁

Polling

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Buku

6 Jenis Buku Anak Unik Biar Si Kecil Gak Kecanduan Gadget

Buku

Rekomendasi 5 Buku Nonfiksi yang Nggak Membosankan, Baca Yuk!

Buku

Hari Buku Nasional, Selebrasi Literasi Indonesia Sejak Tahun 2002

Buku

iPusnas: Perpustakaan dalam Genggaman

Buku

Serba-Serbi Komik: Bukan Sekadar Cerita Bergambar

Buku

4 Rekomendasi Aplikasi Audiobook dari Luar Negeri dan Indonesia

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link