fbpx

Vending Machine Pembuat Cerpen Instan

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
short story dispenser

Kalau biasanya vending machine menjual makanan dan minuman, sekarang kamu bisa mengakses cerpen dari sana loh.

Menunggu memang kegiatan yang membosankan. Apalagi ketika kamu sedang menempuh perjalanan panjang yang memakan banyak waktu. Bisa mati gaya dan suntuk, GenK.

Untuk membunuh rasa bosan tersebut, salah satu perusahaan di Prancis yang bernama Short Edition mengeluarkan sebuah teknologi baru. Teknologi tersebut memungkinkan kamu untuk membaca cerpen dari vending machine. Mesin ini dinamakan Short Story Dispenser.  

Apa Itu Short Story Dispenser?

vending machine cerpen 1

Short Story Dispenser (sumber: theverge.com)

Mesin ini mengeluarkan lembaran cerpen yang ditulis oleh penulis amatir. Tujuan Short Edition mengeluarkan mesin cerpen otomatis ini adalah untuk mengadaptasi sastra ke dalam dunia modern. Caranya dengan menggabungkan sastra pendek dan teknologi.

Short Story Dispenser dirancang untuk menemani para wisatawan lainnya saat berpergian. Selain itu, mesin ini juga dibuat untuk menginspirasi para pembaca dan penulis yang menyukai cerita pendek. Seperti yang tercantum di dalam situs Short Edition, mesin ini sudah digunakan lebih dari 230.000 pembaca. Wah banyak banget peminatnya kan, GenK!

Baca Juga   J.R.R. Tolkien Sang Bapak Cerita Fantasi

Cara Kerja Short Story Dispenser

Cara mengoperasikan mesin ini sangat mudah. Kamu hanya perlu menekan salah satu dari tiga tombol untuk memilih durasi cerita. Ada durasi 1 menit, 3 menit, dan 5 menit. Sehingga pemilihan waktu bisa lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan aktivitas kamu. Setelah menekan tombol, maka mesin akan otomatis mengeluarkan lembaran cerpen yang siap untuk dibaca secara gratis.

Eits jangan salah, cerpen tersebut dicetak di atas kertas ramah lingkungan, GenK.  

vending machine cerpen 2

Gulungan kertas dan durasi cerpen (sumber: thisiscolossal.com)

Kamu perlu tahu kalau kertas yang digunakan adalah kertas papirus. Menurut Wikipedia, kertas papirus adalah kertas yang teksturnya mirip dengan kertas yang digunakan pada zaman kuno sebagai media untuk menulis. Kertas ini dibuat dari empulur tanaman papirus yang bernama Cyperus papyrus. Unik banget kan, GenK!

Akan muncul alarm sebagai pengingat kalau gulungan kertas sudah habis. Kemudian, kertas akan segera diisi ulang kembali.

Oh iya, buat menyalakan mesin cerpen ini caranya mudah banget! Cukup sambungkan kabel ke aliran listrik dan mesin bisa langsung digunakan.

Selain dari bahannya, mesin cerpen ini ternyata memiliki keunikan lain. Kamu tidak perlu lagi takut bosan, karena mesin ini dapat mengeluarkan cerpen dari berbagai genre cerita, seperti horor, kriminal, science fiction, fantasi, romance, komedi, fiksi, drama, cerita anak, dan genre lainnya yang pastinya ringan dan seru untuk dibaca.

Namun kamu belum bisa memilih genre sendiri, karena genre akan diacak secara otomatis oleh mesin setiap kali kamu menekan tombol durasi cerpen.  

Cerpen Ditulis oleh Penulis Amatir

Ternyata karya cerpen yang ada di mesin ini tidak ditulis oleh penulis besar, melainkan ditulis oleh penulis yang masih jarang terdengar di telinga masyarakat. Salah satunya adalah Anthony Horowitz yang merupakan seorang penulis dari Inggris. Ia menulis cerita berjudul The Death of Mr Robinson yang bisa kamu nikmati saat menggunakan fasilitas Short Story Dispenser.

Baca Juga   Cara Membuat Kerangka Karangan Cerita

vending machine cerpen 3

The Death of Mr Robinson oleh Anthony Horowitz (sumber: theguardian.com)

Ia memang sengaja menulis cerita yang bisa dibaca dalam waktu singkat alias kurang dari satu menit. Karena ia berharap supaya karya tulisannya dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Selain itu, menurutnya menulis cerpen merupakan sebuah tantangan, karena ia harus bisa bercerita hanya dalam beberapa halaman. Hmmm, jadi penasaran dengan isi cerpen karya Horowitz ya, GenK.

Selain Horowitz, ada juga penulis lainnya yang ikut serta dan karyanya dipublikasikan di dalam Short Story Dispenser.

vending machine cerpen 4

Tampilan situs web untuk voting cerpen (sumber: short-edition.com)

Penulis yang memasukkan karyanya untuk dipublikasikan mesin ini harus melalui tahapan voting yang diadakan di situs web Short Edition. Di sana kamu bisa memilih cerita apa yang ingin kamu baca di Short Story Dispenser berdasarkan durasi cerita. Tinggal pencet “I Like This Story” maka vote kamu akan terhitung. Jangan lupa sign up terlebih dahulu sebelum memberi vote, GenK.

Terhitung sudah 9000 orang penulis yang terpilih untuk dipromosikan karyanya oleh Short Edition. Karya terpendek dan terbaik lah yang dipilih untuk dipublikasikan melalui Short Story Dispenser.

Baca Juga   Suka Nulis? Unggah Karyamu ke 3 Platform Baca Buku Online Ini

Sebelumnya mereka sudah menandatangani kontrak penerbitan dengan Short Edition, sehingga ada perlindungan yang berkaitan dengan karya dan tidak menutup kemungkinan mereka akan menerima royalti. Seperti itu sistem pembagian keuntungannya, GenK.

Jadi selain karya kamu dipublikasikan, kamu juga bisa dapat royalti. Lumayan banget kan! Oh ya, kami juga pernah membahas seputar cara membuat cerpen yang bisa kamu terapkan saat membuat karya tulis.

Mesin ini sudah mulai beroperasi di beberapa lokasi loh. Terhitung sudah ada 32 lokasi yang menyediakan mesin cerpen ini. Kamu bisa menemukan mesin cerpen ini di stasiun kereta, perpustakaan, bandara Prancis, Balai Kota Grenoble, Canary Wharf di London, dan cafe Zoetrope di San Francisco. Sayang banget mesin cerpen ini belum ada di Indonesia ya.  

Berbisnis dengan Short Story Dispenser

Kira-kira apa hubungannya Short Story Dispenser dengan dunia bisnis ya?

vending machine cerpen 5

Berbisnis dengan Short Story Dispenser (sumber: bostonglobe.com)

Kalau kamu sedang atau baru mau menjalankan bisnis, mesin cerpen ini bisa kamu gunakan untuk menyenangkan pelanggan. Kamu bisa mendorong interaksi dengan pelanggan dengan cara menggiring mereka untuk membaca cerpen. Sehingga ketika mereka datang ke tempat bisnismu, lalu mereka menemukan mesin cerpen ini, mereka akan pulang dengan membawa pengalaman yang menyenangkan. Tentunya kamu bisa memanjakan pelanggan deh.  

Alasan Short Story Dispenser Banyak Digemari

Lalu mengapa Short Story Dispenser banyak peminatnya? Padahal bisa saja kamu membaca cerita dari buku cetak atau lewat internet kan.

vending machine 6

Kepuasan saat membaca cerpen dari Short Story Dispenser (sumber: educationnewscanada.com)

The Guardian dalam artikel “Free short story vending machines delight commuters” mewawancarai seorang warga yang sedang melakukan perjalanan satu jam ke Canary Wharf. Menurut pengakuannya, ia sedang mencari sesuatu yang baru untuk dibaca. Ia juga mengaku kalau sudah berhenti membaca novel panjang, karena menurutnya novel terlalu panjang sehingga ia kekurangan waktu menyelesaikan satu judul novel.

Baca Juga   Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Writer’s Block

Belum lagi, tidak semua orang betah membaca dari layar gadget. Kadang mereka butuh sesuatu yang bisa dipegang wujudnya. Berarti solusinya adalah dengan menggunakan Short Story Dispenser. Hanya dengan sekali tekan, kamu sudah bisa menikmati cerpen dengan bentuk gulungan kertas papirus dalam berbagai genre yang tidak perlu memakan banyak waktu untuk membacanya. Semua serba mudah dan cepat, GenK.  


Sekarang kamu jadi tahu kan kalau ternyata membaca cerpen tidak cuma bisa dari buku cetak atau internet, tetapi juga bisa lewat Short Story Dispenser alias mesin cerpen otomatis. Inovasi teknologi yang satu ini benar-benar gila. Perjalanan panjang dijamin tidak akan terasa membosankan. Tidak ada lagi kata untuk malas membaca, GenK.

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Buku

5 Tips Cara Membaca Cepat

Buku

Restoring Comic: Bikin Komik Lawas Kelihatan Baru Lagi

Buku

Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

Buku

Mengenal Kearifan Lokal lewat Komik Indonesia

Buku

Jenis-Jenis Komik, dari Novel Grafis hingga Webtoon

Buku

Serba-Serbi Komik: Bukan Sekadar Cerita Bergambar

Buku

6 Tips Cara Membuat Cover Buku yang Menarik

Buku

4 Rekomendasi Aplikasi Audiobook dari Luar Negeri dan Indonesia

Buku

5 Cara Membuat Ebook yang Simpel

Buku

Cara Menerbitkan Buku lewat Self Publishing

Buku

8 Langkah Membaca Efektif

Buku

9 Daftar Buku Biografi dan Autobiografi yang Memotivasi Hidupmu

Buku

6 Jenis Buku Anak Unik Biar Si Kecil Gak Kecanduan Gadget

Buku

8 Cara Mudah Menulis Cerpen

Buku

Jenis Ending Cerita Fiksi yang Perlu Kamu Ketahui

Buku

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Writer’s Block

Buku

Cara Membuat Kerangka Karangan Cerita

Buku

J.R.R. Tolkien Sang Bapak Cerita Fantasi

Buku

Suka Nulis? Unggah Karyamu ke 3 Platform Baca Buku Online Ini

Buku

iPusnas: Perpustakaan dalam Genggaman

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link