fbpx

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Writer’s Block

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
writer's block

Semua penulis pasti pernah mengalami writer’s block. Hal ini tidak bisa dihindari, GenK, karena bisa datang kapan saja dan di mana saja. Jika dibiarkan berlarut-larut, bisa-bisa kamu kehilangan hasrat untuk menulis cerita lagi. Maka dari itu kamu harus tahu bagaimana cara mengatasinya.

Suka menulis? Atau kamu bekerja sebagai penulis? Pasti kamu pernah mengalami masa-masa di mana kamu merasa tidak ada minat dan hasrat untuk menulis. Mencari dan membuat konten tulisan setiap hari tentu membutuhkan kreativitas. Kamu perlu menggali ide-ide baru setiap harinya.

Namun segala sesuatu yang diforsir bisa membuatmu lelah, GenK. Kalau kamu pernah atau sedang berada di dalam keadaan seperti itu, berarti kamu sedang terkena gejala writer’s block.  

Apa Itu Writer’s Block?

Writer’s block adalah sebuah keadaan ketika seorang penulis sedang mengalami kebuntuan ide, sehingga tidak memiliki bahan cerita yang harus dituang ke dalam tulisan. Keadaan tersebut menyebabkan penulis tidak bisa menulis satu kata pun. Hal ini sangat merugikan, karena penulis jadi tidak produktif untuk membuat tulisan. Kalau dibiarkan terus-menerus, maka tidak menutup kemungkinan penulis akan mengambil hiatus panjang untuk mengembalikan mood dan hasrat untuk menulis lagi. Sayang banget kan, GenK.

writer's block 1

Ilustrasi penulis mengalami writer’s block (sumber: pexels.com)

Kalau kamu pernah atau sedang mengalami kondisi ini, bukan berarti kamu adalah penulis yang payah. Kamu hanya perlu waktu untuk melepas diri dari segala beban yang ada. Penyebabnya bisa dari diri sendiri maupun tekanan dari lingkungan sekitar.

Namun jangan menyerah, karena keadaan ini bisa diatasi dengan beberapa cara mudah dan efisien, bahkan dari hal kecil yang tidak kamu sadari. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, kamu harus tahu terlebih dulu apa saja faktor-faktor yang dapat menyebabkannya.  

Penyebab Terjadinya Writer’s Block

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami writer’s block. Baik dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internal berasal dari diri kamu sendiri. Sedangkan, faktor eksternal bisa berasal dari tekanan atau permasalahan yang sedang terjadi di lingkungan sekitar.

Kamu perlu mengetahui apa saja penyebabnya. Mengapa demikian? Karena jika kamu sudah tahu penyebabnya, maka akan lebih mudah untuk menghindari dan mengatasinya. Langsung kita simak yuk apa saja penyebabnya, GenK.  

Tidak ada inspirasi

witer's block 2

Tidak ada inspirasi saat menulis (sumber: pexels.com)

Hal ini sering menjadi penyebab utama situasi tak enak ini. Tidak punya inspirasi bukan berarti kamu tidak kreatif loh, hanya saja kamu sedang merasa tidak ada hal menarik dan unik yang bisa kamu angkat untuk dijadikan konten tulisan. Perasaan ini kerap muncul ketika kamu sedang penat dan merasa tidak ada yang spesial dari keseharianmu belakangan ini.  

Baca Juga   5 Cara Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Kreatif

Overthinking

writer's block 3

Overthinking saat menulis (sumber: unsplash.com)

Overthinking atau berpikir berlebihan bisa menjadi sesuatu yang berbahaya jika dipelihara terus-terusan. Hal ini dapat mengikis kepercayaan diri sedikit demi sedikit. Kamu jadi merasa takut untuk memulai sesuatu, karena selalu merasa cemas dengan apa yang akan terjadi di masa depan.  

Selain itu overthinking bisa membatasi ruang kreasimu. Lambat laun kamu menjadi takut dengan komentar yang akan dilontarkan pembaca. Sehingga ruang kreasimu terikat oleh kemauan dan selera pembaca.  

Perfeksionis

writer's block 4

Perfeksionis saat menulis (sumber: unsplash.com)

Sebenarnya perfeksionis adalah hal yang baik, karena kamu akan memastikan segala sesuatu berjalan sesuai rencana yang matang. Namun, perfeksionis juga bisa merugikan kamu loh. Kamu akan terus-terusan merasa ada yang kurang dari tulisanmu. Bisa-bisa tulisanmu hanya berakhir menjadi draft dan tidak akan pernah dipublikasikan, GenK.  

Kelelahan

writer's block 5

Kelelahan karena menulis (sumber: unsplash.com)

Memiliki aktivitas padat akan membuatmu mudah kelelahan. Ini merupakan salah satu hal yang dapat memicu terjadinya writer’s block. Jangan lupa kalau tubuhmu juga butuh istirahat, karena segala sesuatu yang diforsir tidak akan berdampak baik untuk tubuh. Kelelahan bisa membuat otakmu buntu untuk mencari ide dan bisa membuatmu kehilangan mood untuk menulis lagi.  

Cepat menyerah

writer's block 6

Ilustrasi orang yang cepat menyerah (sumber: unsplash.com)

Ini merupakan hal yang paling berbahaya, bukan hanya untuk penulis, tetapi juga berlaku untuk semua pekerjaan. Kalau kamu cepat menyerah, maka kamu akan merasa semua tulisanmu buruk dan kacau. Padahal pemikiran seperti itu tak ada gunanya.  

Sifat cepat menyerah tentu akan mematikan kreativitasmu saat membuat tulisan. Ingat, belum tentu permasalahan yang sedang kamu alami saat menulis tersebut adalah akhir dari segalanya, GenK.

Dari kelima penyebab terjadinya writer’s block di atas, adakah yang pernah atau sedang kamu alami? Kamu tidak perlu khawatir, karena setiap permasalahan pasti ada solusinya. Walau memecahkan masalah tidaklah instan, tetapi tidak ada salahnya untuk berusaha terlebih dulu.  

Baca Juga   5 Cara Berpikir Positif

Cara Mengatasi Writer’s Block

Kami akan membagikan bagaimana cara mengatasi writer’s block yang mudah dan bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja sih caranya? Yuk simak berikut ini!  

Istirahat

writer's block 9

Jam istirahat cukup (sumber: pexels.com)

Menyisihkan waktu untuk istirahat sangatlah penting, karena kesehatan merupakan kunci nomor satu agar aktivitas sehari-hari kamu berjalan lancar. Sepadat-padatnya aktivitas yang sedang kamu jalani, cobalah untuk memberi kesempatan pada tubuhmu agar bisa istirahat sejenak. Jangan sampai kamu jatuh sakit karena terlalu diforsir dan lupa waktu.

Jika tubuhmu bugar, maka otak akan segar kembali dan kamu menjadi lebih mudah untuk menggali ide-ide baru yang bisa kamu tuangkan ke dalam tulisan.  

Berbicara dengan Orang Lain

writer's block 8

Berbicara dengan orang lain (pexels.com)

Menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, atau orang yang tersayang merupakan pilihan yang tepat. Siapa tahu dari mengobrol dengan orang lain bisa memberikan inspirasi untuk menulis. Setiap orang memiliki cerita hidup, kesenangan, dan keresahan masing-masing. Dari sharing cerita hidup tersebut bisa dituangkan ke dalam tulisan kamu, GenK.  

Travelling

writer's block 9

Travelling ke tempat baru (sumber: pexels.com)

Tidak ada salahnya menyisihkan waktu untuk travelling atau short trip ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi. Di setiap tempat memiliki cerita dari sisi sosial dan budayanya. Keberagaman tersebut bisa memberikan ide-ide baru. Tuangkan ide tersebut ke dalam tulisanmu. Selain mencari ide, kamu juga bisa jalan-jalan sambil menikmati keindahan alam.  

Kerangka karangan

writer's block 10

Membuat kerangka karangan (sumber: pexels.com)

Kerangka karangan sangat berguna buat penulis, karena dapat digunakan untuk mengingat kembali apa sebenarnya ide atau gagasan awal cerita yang diusung. Dengan begitu, alur cerita tidak keluar dari benang merah. Poin-poin yang tercantum di kerangka karangan sebenarnya masih bisa dikembangkan lagi, guna memperluas alur cerita agar konflik menjadi lebih menarik dan menambah minat pembaca.  

Belum tahu caranya? Jangan khawatir. Kami sudah menuliskan tips cara membuat kerangka karangan yang bisa membantumu.  

Baca Juga   Cara Membuat Kerangka Karangan Cerita

Menulis

writer's block 11

Ilustrasi orang menulis cerita (sumber: pexels.com)

Mungkin kamu akan bertanya-tanya kenapa harus tetap menulis walaupun sedang mengalami writer’s block? Alasannya, karena menulis dengan bebas dan tanpa batas merupakan cara yang paling ampuh untuk lepas dari kebuntuan.

Umumnya penulis tidak menyadari bahwa ruang kreasinya sudah dibatasi oleh keraguan dan rasa takut. Kamu perlu ingat, GenK, bagi sseorang penulis, mendapat kritik dari pembaca merupakan hal yang wajar. Jangan sampai itu mematahkan semangatmu untuk terus menulis dan membuat karya-karya baru yang istimewa.  


Nah, sekarang kamu sudah mengetahui apa yang dapat membuat kamu mengalami writer’s block. Ayo jangan patah semangat, karena lebih baik menulis sedikit daripada tidak menulis sama sekali. Masalah bagus atau tidaknya tulisanmu adalah hal belakangan, yang penting adalah bagaimana cara kamu untuk bisa bertahan dan konsisten menulis.

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Buku

5 Tips Cara Membaca Cepat

Buku

Restoring Comic: Bikin Komik Lawas Kelihatan Baru Lagi

Buku

Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

Buku

Mengenal Kearifan Lokal lewat Komik Indonesia

Buku

Jenis-Jenis Komik, dari Novel Grafis hingga Webtoon

Buku

Serba-Serbi Komik: Bukan Sekadar Cerita Bergambar

Buku

6 Tips Cara Membuat Cover Buku yang Menarik

Buku

4 Rekomendasi Aplikasi Audiobook dari Luar Negeri dan Indonesia

Buku

5 Cara Membuat Ebook yang Simpel

Buku

Cara Menerbitkan Buku lewat Self Publishing

Buku

8 Langkah Membaca Efektif

Buku

9 Daftar Buku Biografi dan Autobiografi yang Memotivasi Hidupmu

Buku

6 Jenis Buku Anak Unik Biar Si Kecil Gak Kecanduan Gadget

Buku

8 Cara Mudah Menulis Cerpen

Buku

Vending Machine Pembuat Cerpen Instan

Buku

Jenis Ending Cerita Fiksi yang Perlu Kamu Ketahui

Buku

Cara Membuat Kerangka Karangan Cerita

Buku

J.R.R. Tolkien Sang Bapak Cerita Fantasi

Buku

Suka Nulis? Unggah Karyamu ke 3 Platform Baca Buku Online Ini

Buku

iPusnas: Perpustakaan dalam Genggaman

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link