Game & Teknologi

Capcom Studio: Naik Turun Pengembang Game Resident Evil

Capcom dan serial Marvel

Capcom dan Marvel. (Sumber: YASIR252)

Di pertengahan 1990-an, Capcom mengangkat permainan dengan tokoh yang diterbitkan dari komik populer Marvel Comics. Tak beda jauh dengan permainan sebelumnya, permainan hasil kerja sama dengan Marvel ini  juga bergenre pertarungan dan side-scrolling.

Walau begitu, yang membuat unik adalah beberapa permainan pertarungan itu dibuat berdasarkan hasil kombinasi antara tokoh-tokoh dari komik Marvel dengan tokoh permainan video Capcom. Beberapa hasil produk kerja sama mereka adalah  X-Men vs Street Fighter dan Marvel vs Capcom, Strider, Jin, Hayato (Capcom), Blackheart, Spiral, dan Shuma-Gorath (Marvel).

Selain permainan arcade ataupun permainan hasil kerja sama dengan Marvel, pada tahun 1994, Capcom merilis sebuah game bernama Breath of Fire untuk konsol Super Nintendo Entertainment System (SNES). Permainan video tersebut merupakan permainan video pertama mereka yang bergenre RPG dan mendapatkan sambutan yang positif dari para pecinta video games.

Jatuh Bangun Capcom

Capcom. (Sumber: murdockruz)

Walau Capcom terlihat sangat sukses dan memiliki banyak anak perusahaan, nyatanya perusahaan sebesar Capcom juga pernah mengalami jatuh bangun. Berambisi untuk terus tumbuh besar dan dapat mengambil hati pasar global lebih jauh, membuat Capcom sempat lupa diri.

Hal ini berimbas pada perombakan besar-besaran yang terjadi di game populer Capcom seperti Resident Evil dan juga Devil May Cry. Devil Nay Cry sendiri bahkan dikembangkan oleh developer lain, yaitu Ninja Theory yang berasal dari Inggris. Tak hanya itu, sejumlah proyek Capcom lainnya juga dialihkan atau diserahkan kepada tenaga oursourcing lain hingga kebanyakan malah berujung nengecewakan. Akibatnya, hasil penjualannya jadi berada di bawah game sebelumnya hingga mendapat banyak protes dari penggemar.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis