Game & Teknologi

Ingin Akun Instagram Kamu Mudah Ditemukan? Simak 6 Tipsnya, Yuk!

GenKs, kamu tahu nggak, kalau ternyata ada cara simple yang bisa dilakukan untuk membuat akun Instagram kamu mudah ditemukan, lho. Mulai dari penggunaan hashtag hingga alt text. Nah, berikut ini adalah cara agar akun Instagram mudah ditemukan, guys:

Tips Instagram #1: Optimalkan Profil Instagram-mu untuk Pencarian

Sumber Gambar : later.com

Instagram memudahkan para penggunanya untuk mencari akun, tagar atau lokasi melalui page Explore, yakni fitur Instagram Search. Kamu cuma perlu mengetikkan keyword di kolom yang tersedia seperti ketika kamu ingin mencari sesuatu di mesin pencarian Google.

Tapi gimana algoritma Instagram memutuskan hasil pencarian mana yang akan ditampilkan? Di sini ada berbagai faktor yang menentukan hasilnya, GenKs. Mulai dari akun-akun yang kamu follow, siapa saja yang terkoneksi denganmu hingga postingan foto atau video yang kamu like di Instagram. Namun tetap nggak terlepas dari yang namanya keyword.

Triknya adalah mengoptimalkan profil untuk kata kunci-kata kunci tertentu. Misalnya, jika kamu ingin muncul di hasil pencarian dengan keyword ‘candle’, disarankan untuk menyertakan kata itu ke dalam namamu atau nama penggunamu.

Seperti:

Sumber Gambar : later.com

Selain itu, jangan lupa untuk mengoptimalkan brand dan akun bisnismu dengan kata kunci. Di bio kamu bisa menambahkan hashtag yang bisa diklik. Trik ini nggak cuma meningkatkan peluang namamu muncul di hasil pencarian akun, tapi juga ketika user lain mencari hashtag itu, guys.

Contohnya: 

Sumber Gambar : later.com

Tips Instagram #2: Tulis Caption Deskriptif

Sumber Gambar : later.com

Eits, jangan salah, lho, GenKs, meski postingan Instagram cuma bisa dicari lewat tagar dan tag lokasi, tapi ternyata masih ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan visibilitas konten di Instagram Explore. Apa itu? Cara agar akun Instagram mudah ditemukan adalah dengan menuliskan teks deskriptif yang relevan.

Tips Instagram #3: Gunakan Hashtag seperti Keyword

Sumber Gambar : later.com

Tagar alias hashtag yang relevan dan bertarget di setiap postingan foto, video maupun Instagram Stories masih jadi cara terbaik untuk bisa ditemukan oleh pengguna baru di Instagram, lho.

Dan percaya atau enggak, ternyata cara ini bisa menghasilkan lebih banyak engagement, follower dan customer untuk bisnis.

Tips Instagram #4: Kreasikan Alt Text-mu Sendiri

cara agar akun instagram mudah ditemukan

Sumber Gambar : later.com

Instagram alt text adalah salah satu fitur baru yang memungkinkan pengguna menuliskan teks alternatif khusus. So, kamu bisa menambahkan deskripsi foto agar terlihat lebih kaya.

cara agar akun instagram mudah ditemukan

Sumber Gambar : later.com

Well, meski fitur ini sebenarnya dirancang khusus untuk teman-teman pengguna dengan gangguan pengelihatan, tapi alt text Instagram juga bisa kamu manfaatkan untuk SEO, kok.

Tips Instagram #5: Tag dan Mention

cara agar akun instagram mudah ditemukan

Sumber Gambar : later.com

Tag dan mention merupakan faktor penentu lain yang membantu meningkatkan visibilitas profilmu di pencarian Instagram. Well, meski lebih susah di-handle, tapi tag dan mention di Instagram ini sangat mirip banget dengan yang namanya backlink di situs website, guys.

Nah, ketika seseorang menandai akunmu di salah satu postingan atau Story mereka,user lain yang melihat unggahan itu bisa meng-klik profilmu. Hal ini tentu menjadi trik yang efektif untuk memudahkan pengguna Instagram menemukan akunmu.

Tips Instagram #6: Lacak Reach Instagram-mu

cara agar akun instagram mudah ditemukan

Sumber Gambar : later.com

Langkah terakhir yang nggak kalah penting dari semua cara di atas adalah mengecek apakah tips-tipsnya berhasil semua dan akun Instagram kamu mudah ditemukan user lain. Untuk tahu Post Insight akunmu, cek saja di Instagram Insights. Di sana ada semua info tentang jumlah orang yang melihat kontenmu, di mana mereka menemukannya dan banyak lagi yang lainnya.

Gimana, Genks, siap meningkatkan visibilitas akun Instagram kamu dengan tips dari kami? Selamat mencoba, ya!

About author

Related posts
Game & Teknologi

Front End Developer vs. Back End Developer, Apa Sih Bedanya?

Game & Teknologi

Peluang Penggunaan Teknologi VR dan AR Untuk Bisnis

Game & Teknologi

Gimana Sih Cara Membuat Channel Telegram?

Game & Teknologi

NFT vs Microstock, Apa Beda dari Keduanya?