Seni Rupa & Desain

Cara Agar Desain Terlihat Minimalis Biar Desainmu Makin Stylish

Desain minimalis itu simpel tapi nggak membosankan. Cuma karena desain minimal biasanya minim elemen atau warna atau huruf, bukan berarti desainnya nggak sedap dipandang. Apalagi, kalau kamu tahu cara agar desain terlihat minimalis, tapi tetap menarik, pasti hasilnya oke. Jenis elemen yang dipakai untuk desain minimalis juga beragam. Terus gimana cara bikin desain terlihat  minimalis dan bagus?

Tips Bikin Desain Minimalis

Langsung aja simak tipsnya berikut ini:

  1. Bikin Desain Simpel

desain minimalis

Sumber Gambar : designshack.net

Kunci untuk bikin desain grafis minimalis adalah kesederhanaan. Tapi bukan berarti mudah saat bikin desainnya. Kadang, desain yang fungsional dan visual yang paling simpel itu malah sulit bikinnya. Tipsnya, pilih palet warna dan huruf yang simpel.

2. Selektif Memilih Tipografi

Desain Minimalis

Sumber Gambar : designshack.net

Huruf font itu bisa bikin desain terlihat epik atau gagal. Di desain minimalis, nggak ada kebutuhan buat bikin visual yang mencolok. Jadi, pilih font yang clean, gampang dibaca, karena ini yang paling efektif. 

3. Pilih Palet Warna yang Pas

minimalist design

Sumber Gambar : designshack.net

Palet warna yang kamu gunakan juga harus sesimpel topografinya. Selain warna hitam putih, pilih warna yang sekiranya bisa bikin desainmu lebih menarik perhatian. Warna tersebut bisa terang atau cerah. Warnanya juga bisa digunakan buat background atau aksen desain.

4. Konsisten dengan Desain UX

desain terlihat minimalis

Sumber Gambar : designshack.net

Interface desain juga harus simpel. Terutama, kalau kamu bikin website. Semua elemen interface mulai dari tombol sampai gerakan halaman saat di-scroll, itu harus simpel dan nggak rumit, jadi semua orang mudah mengoperasikan, bahkan tanpa perlu belajar.

5. Manfaatkan Warna

Desain terlihat minimalis

Sumber Gambar : designshack.net

Kamu tentu ingin menggunakan palet warna minimalis. Tapi nggak harus tanpa warna juga. Anggapannya minimalis itu harus hitam putih. Nggak gitu juga. Bisa banget pakai palet warna full color. Tapi, triknya, pilih warna yang simpel dan lembut, misalnya pastel.

6. Buang Elemen Nggak Terpakai

desain terlihat minimalis

Sumber Gambar : designshack.net

Menghapus elemen yang nggak terpakai juga merupakan cara agar desain terlihat minimalis. Saat mau menghapus elemen, pertimbangkan, apakah elemen tersebut bisa bikin user lebih nyaman sekaligus terbantu? Atau, elemen tersebut benar-benar cuma dekorasi aja? Nah, kalau cuma dekorasi, dihapus aja.

7. Manfaatkan Space Berwarna Putih

desain terlihat minimalis

Sumber Gambar : designshack.net

White space paling sering ada di desain grafis minimalis. Jadi, nggak ada elemen yang bercampur dan terlihat ramai di sini. Setiap elemen di desain minimalis harus punya arti. Makanya, di sekitar elemennya harus ada space luas buat memperjelas makna elemen tersebut.

8. Bikin Desain Seimbang dan Harmonis

Desain terlihat minimalis

Sumber Gambar : designshack.net

Untuk setiap elemen berat di suatu desain, kamu perlu cari cara buat menyeimbangkannya dengan space yang ada, juga dengan elemen-elemen lain yang lebih ringan, sehingga tercipta harmoni pada keseluruhan desain. Banyak desain minimalis didominasi teks, jadi gimana caranya kamu bikin teksnya kelihatan pas dan nggak berlebihan pada desainmu.

9. Tambahkan Elemen Gambar

desain terlihat minimalis

Sumber Gambar : designshack.net

Salah satu hal yang sering dilupakan banyak desainer saat bikin project minimalis adalah gambar atau image. Nggak apa-apa kok mencantumkan gambar di desain minimalis. Kalau memilih foto, pilih yang feel-nya simpel dan santai, easy going. Hindari gambar yang ramai dan berisik, yang kesannya terlalu memenuhi seluruh desain.

Nah, itu tadi cara agar desain terlihat minimalis. Meskipun kamu bisa menghilangkan elemen-elemen desain minimalis, yang kamu kerjakan sebenarnya lebih dari itu. Soalnya, ada tren yang juga pasti sering kamu lihat, di mana desainnya terasa minimalis padahal dilengkapi elemen maksimal, seperti misalnya fotografi atau warna. Jadi, kamu kombinasikan aja style-nya, biar desainmu sesuai dengan goals project kamu.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Cara Membuat PowerPoint Animasi Bagus Serta Menarik

Seni Rupa & Desain

Istilah Warna dalam Desain Grafis yang Paling Sering Digunakan, Udah Tahu?

Seni Rupa & Desain

6 Tren Warna Desain Interior 2022 yang Bakalan Hits Tahun Ini

Seni Rupa & Desain

Anti Ribet-Ribet Club, Sekarang Ada Aplikasi Gratis untuk Membuat Brosur Lho. Cek di Sini Yuk!