Creativepreneur and Career

Cara Agar Reels Muncul di Explore Biar Brand Kamu Makin Dikenal

cara agar reels muncul di explore

Kalau bicara soal Instagram, cara paling mudah buat mengenalkan akunmu adalah lewat laman Explore. Di sini, kamu bisa maksimalkan jangkauan audiens. Bikin kontenmu terlihat oleh user yang relevan dan pelanggan yang potensial. Salah satunya, kamu perlu tahu cara agar Reels muncul di Explore. Dengan begitu, kamu bisa dapetin lebih banyak views, likes, komentar, dan bahkan followers. Biar nggak penasaran, kita simak aja ulasan selengkapnya.

 

Apa Itu Instagram Explore

Sumber Gambar : later.com

Laman Explore di Instagram adalah kumpulan konten berdasarkan minat pribadi seorang user. Algoritma Instagram bikin rangkuman konten berdasarkan akun-akun atau konten yang serupa. Di Explore biasanya ada konten foto, video, Reels, dan bahkan Stories. Sekarang, Reels semakin populer karena orang-orang suka tipe konten video pendek yang menghibur, seperti Shorts di YouTube atau video TikTok.

Kenapa Instagram Explore Penting Buat Brand 

Instagram adalah media sosial yang banyak banget user-nya. Menurut data dari Statista, diperkirakan di tahun 2023, pengguna aktif Instagram setiap bulan bisa mencapai 1,2 miliar user. Keuntungan buat brand kamu, yaitu:

  • Follower kamu bisa bertambah. Lebih dari 200 juta akun mengunjungi Instagram Explore setiap harinya, yang setara dengan 50% dari seluruh pengguna Instagram. 
  • Engagement meningkat. Saat user menyukai konten yang mereka lihat, maka mereka bakal melakukan interaksi seperti menyukai, berkomentar, dan bahkan sharing konten tersebut dengan teman-teman. Ini juga bakal terjadi pada akun kamu.
  • Penjualan meningkat. Saat ada lebih banyak orang menemukan kontenmu lewat Explore, ini membantu produkmu agar muncul di Instagram konsumen yang tepat.

Cara Kerja Instagram Explore

Sumber Gambar : wixstatic.com

Sederhananya, Instagram mengelola Explore berdasarkan:

  • Postingan yang fresh dan punya banyak engagement
  • Tipe konten yang paling banyak interaksi sama kamu, dengan kata lain, konten yang sering kamu like, komentari, dan share
  • Akun-akun yang udah kamu follow
  • Tipe postingan yang punya engagement dengan orang-orang yang kamu follow, jadi, postingan yang di-like, dikomentari, dan di-share teman Instagram kamu

 

Cara Agar Reels muncul di Explore

cara agar reels muncul di explore

Sumber Gambar : talkinginfluence.com

Dengan jutaan postingan yang muncul setiap hari, jadinya suasana kompetitif banget di Instagram. Nah, berikut cara agar Reels kamu bisa muncul di Explore:

Share Konten yang Relate dengan Banyak Orang

Engagement itu penting banget buat menentukan peringkat di algoritma Explore. Pastikan Reels kamu punya dua kualitas terpenting, yaitu bermanfaat dan menarik perhatian. 

Dapatkan Inspirasi dari Postingan Lain di Explore

Kalau masih nggak yakin gimana caranya bikin konten menarik, lihat aja tipe-tipe konten yang biasanya muncul di Explore. Ini bisa jadi inspirasi buat bikin postingan sesuai dengan target audiens kamu. 

Bikin Timing yang Perfect Buat Mengoptimalkan Engagement

Timing penting banget buat dapetin engagement. Kuncinya, posting Reels pada saat follower kamu biasanya online di Instagram. Waktu posting ini tergantung lokasi, bidang industri, dan audiens.

Selalu Bikin Kontenmu Fresh dengan Pakai Format Baru

cara agar reels muncul di explore

Sumber Gambar : blog.amartha.com

Cobalah untuk bereksperimen dengan format konten yang berbeda dari biasanya di Reels. Misalnya, kamu bisa bikin alternatif model video, mungkin tambahkan infografis, dan sebagainya.

Pertimbangkan Pakai Iklan Berbayar

Menjangkau audiens pakai postingan organik mungkin emang sulit. Jadi, boleh banget kamu level up pakai iklan berbayar buat meningkatkan usaha kamu. 

Iklan berbayar nggak menjamin pasti kalau konten kamu bakal langsung jadi sorotan di Explore. Tapi, Reels kamu akan muncul saat seorang user mengklik salah satu postingan di Explore mereka, lalu mereka scroll ke bawah.

Demikian cara agar Reels muncul di Explore. Dicoba aja satu per satu, sampai kamu temukan cara yang paling tepat dan menguntungkan. Good luck

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan