GenK LIFE

Cara Mengusir Overthinking Buat Kamu yang Gampang Galau, Yuk Disimak!

cara-mengusir-overthinking

Setiap individu punya cara yang berbeda-beda dalam menyikapi masalah. Ada yang yang mengabaikannya, menyelesaikannya, dan ada juga yang memikirkannya secara berlebihan alias overthinking. Apakah kamu salah satu orang yang mudah overthinking? Sebenarnya nggak salah sih, hanya saja overthinking yang berlarut-larut bisa memicu penyakit, baik untuk fisik maupun psikologismu. Untuk menghindari kejadian itu, di sini kami akan membagikan beberapa cara mengusir overthinking lagi dan mulai belajar menjalani hidup dengan santai. Yuk, disimak artikelnya!

1. Melihat dari Perspektif yang Luas

cara-agar-tidak-overthinking

Melihat dari berbagai sudut pandang (Sumber: pexels.com)

Seseorang yang overthinking sangat mudah tertekan meski dengan hal-hal kecil. Apabila kamu tengah mengalaminya, coba tanyakan pada dirimu sendiri. Apakah permasalahan tersebut masih berdampak untuk 5 tahun ke depan atau mungkin 5 minggu ke depan? Jika permasalahan tersebut nggak berdampak penting untuk hidupmu, lebih baik buang jauh-jauh permasalahan tersebut dari pikiranmu. Ini merupakan salah satu cara mengusir overthinking, yakni dengan melihat segala sesuatu dari perspektif yang luas.

2. Melimitasi Waktu Pengambilan Keputusan

membatasi-waktu-pengambilan-keputusan

Mengambil keputusan (Sumber: unsplash.com)

Berapa waktu yang kamu butuhkan untuk memutuskan mau makan apa siang ini? Demi terhindar dari overthinking, kami menyarankan kamu untuk membuat limit waktu untuk pengambilan keputusan. Untuk hal-hal kecil, cukup gunakan 30 detik untuk berpikir dan mengambil keputusan. Sedangkan untuk hal-hal besar, gunakan 30 menit untuk berpikir dan mengambil keputusan. Terapkan teknik ini mulai sekarang supaya lama-lama terbiasa.

Baca Juga :   5 Cara Ampuh Supaya Terhindar dari Toxic Positivity

3. Belajar Menerima Kegagalan

menerima-kegagalan

Ubah kegagalan menjadi kesuksesan (Sumber: unsplash.com)

Apabila terjadi sesuatu di luar rencana jangan sampai membuatmu patah semangat dan merasa tertekan. Memang berat, tapi cobalah belajar untuk menerima kegagalan karena sangat kita perlukan. Dari kegagalan, kamu terus didorong untuk terus belajar. Sehingga kamu bisa melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda dan tentunya lebih baik. Lupakan sifat perfeksionis barang sejenak, apalagi kalau permasalahan yang terus mengganggu pikiranmu nggak terlalu penting. Beginilah cara mengusir overthinking yang tepat!

Baca Juga :   Imposter Syndrome, Si Sukses yang Tak Pernah Merasa Puas

About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Diet Pegan, Tren Unik yang Lagi Hits di Tahun 2021

GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!