Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Mungkin kamu pernah melihat adanya review dari konsumen yang berisikan kekecewaan. Biasanya hal itu terjadi, karena produk yang diterima tidak sesuai dengan foto produk pada marketplace. Nah, tentunya hal ini membuat nilai produk yang dijual menjadi berkurang bukan? Dari hal tersebut kamu dapat mengerti bahwa foto produk memiliki pengaruh besar terhadap penjualanmu.

Manfaat dan Pentingnya Sebuah Foto Produk

Sellury

Manfaat dan Pentingnya Sebuah Foto Produk

Foto produk sendiri adalah foto yang diambil penjual dengan tujuan memperlihatkan bentuk, dengan fungsi & keunggulan produk secara visual. Selain itu, foto produk juga menjadi kunci untuk membuat konsumen tertarik membelinya dan memiliki pengaruh terpenting bagi penjualan. Jika foto produkmu tidak maksimal dan tidak sesuai, maka konsumen tidak akan tertarik atau mungkin hanya membelinya sekali lalu meninggalkan komentar buruk yang akan berdampak negatif pada penjualan produkmu.

Ada banyak alasan mengenai pentingnya sebuah foto produk dan juga manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila produk difoto secara maksimal:

  1. Menarik perhatian dan kepercayaan calon pembeli dengan thumbnail foto produk yang lebih menonjol dari produk seller lain
  2. Meningkatkan nilai jual
  3. Memaksimalkan social media marketing
  4. Mudah diingat
  5. Konsumen dapat berbelanja seperti di dalam offline store

Kamera yang Dipakai untuk Foto Produk

Ga perlu kamera profesional, hanya dengan smartphone bisa foto produk bagus

Untuk mendapatkan foto produk yang maksimal, maka penting bagimu untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Menggunakan kamera profesional yang sesuai, kamu dapat menggunakan kamera profesional dengan lensa terbaik, lalu kamera yang memiliki fitur penting seperti kemampuan setting ISO, mode foto manual dan aperture, setting white balance manual, fasilitas RAW, dsb.
  2. Jangan lupakan alternatif foto lain yakni kamera smartphone. Ya, jika kamu ragu membeli kamera profesional karena harganya yang relatif mahal atau masih asing dalam mengoperasikannya, kamu bisa menggunakan kamera smartphone dengan hasil yang tetap profesional!

Tips Foto Professional dengan Smartphone

Tips Foto Professional dengan Smartphone

Untukmu yang ingin menggunakan kamera smartphone dengan hasil foto yang profesional, sekaligus menghindari review negatif dari pelanggan, berikut tips khusus yang dapat kamu coba:

Berkreasi dengan Mode Portrait

Jika produkmu adalah sebuah produk lifestyle, seperti pakaian, sepatu, dan tas maka kamu dapat berkreasi dengan mode portrait untuk produkmu. Dengan mode portrait maka dapat memberikan efek latar belakang yang blur serta dapat memberikan fokus lebih pada objek fotomu.

Hindari Penggunaan Zoom

Selanjutnya kamu wajib menghindari penggunaan zoom (untuk memperbesar foto). Sebaiknya foto produkmu dalam keadaan dekat saja, karena jika kamu memperbesar gambar maka foto yang dihasilkan akan menjadi pecah dan memiliki resolusi yang rendah. Nah, untuk memotret produk yang bentuknya kecil seperti cincin maka kamu dapat memotret dari jarak dekat (makro).

Manfaatkan Tripod atau Gantung Produkmu

Agar hasil foto lebih stabil dan konsisten maka kamu wajib menggunakan tripod, menjaga ketinggian dan sudut kamera membuat produkmu terlihat lebih profesional. Kamu juga dapat menggantungkan produkmu untuk mendapatkan foto yang konsisten, lalu ambil angle gambar sebaik mungkin, dan jangan lupa menghapus gantungannya saat masuk ke tahap editing.

Lighting yang Tepat

Cahaya berperan penting untuk menampilkan detail dalam sebuah objek. Ada dua pencahayaan yang dapat kamu pakai, tapi pilih salah satunya saja ya karena dikhawatirkan justru akan mengurangi kualitas foto.

  • Cahaya alami, kamu bisa memanfaatkan sinar matahari untuk produk yang digunakan outdoor seperti sepatu maupun tas. Jika cahaya matahari dirasa sangat terang, manfaatkan tirai untuk melembutkan cahaya yang masuk. Jangan lupa atur flash agar cahaya tidak berlebihan.
  • Cahaya artifisial, dengan modal yang kecil kamu tetap bisa mendapatkan pencahayaan yang bagus dengan memanfaatkan ringlight, flash, atau lampu rumah untuk produk-produk yang umumnya digunakan indoor atau benda yang memiliki banyak detail. jika kamu memiliki budget lebih,pertimbangkan opsi payung studio untuk hasil yang lebih maksimal.
Baca Juga :   Pentingnya Food Photography untuk Promosi Restoran 

Perhatikan Background Foto Produk

Sebaiknya gunakan background foto satu warna agar produkmu dapat terlihat jelas dan profesional.

  • Latar belakang yang polos akan memberikan kesan bersih dan menambah fokus pada objek. Kamu juga dapat memanfaatkan art paper atau kain polos untuk background
  • Latar belakang dinamis, misalnya latar belakang lingkungan sekitar bisa kamu pakai saat mengambil foto produk dengan model. Akan tetapi, ada teknik khusus yang harus kamu miliki, contohnya mengakalinya dengan cara mengambil foto melalui mode portrait sehingga fokus pada produk.
Foto Produk

Before and after setelah remove bg pakai sellury

Nah, bagi kamu yang ingin membuat foto produk yang profesional dengan background polos untuk memikat para calon pelanggan, kamu wajib pakai aplikasi Sellury! Dengan teknologi AI, cukup dalam sekali sentuhan, kamu bisa menghapus atau mengganti warna background foto produkmu. Mudah dan praktis!

Ambil Foto dari Berbagai Sisi Produk

Foto Produk

Photo guide sellury

Ditujukan agar konsumen dapat melihat produkmu dengan maksimal dari berbagai sisi, seperti tampak depan & atas, atau perspektif. Untuk tampilan awal, kamu dapat menampilkan sudut terbaik dari produkmu. Lalu kamu juga dapat menggunakan model terutama jika produkmu adalah fashion.

Jika kamu bingung harus foto produkmu dari arah mana, tinggal ikuti saja photo guide yang sudah tersedia di Sellury! Lengkap banget mulai dari kategori fashion hingga food, ga perlu repot-repot mikir lagi!

Manfaatkan Fitur Edit Foto

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik maka kamu perlu mengeditnya dengan aplikasi foto. Tapi ingat, jangan menambahkan efek atau filter yang berlebihan agar foto produkmu tetap sesuai dengan warna produk aslinya.

Kalau kamu merasa kesulitan untuk mengedit warna satu per satu, atau malas untuk memilih fitur pencahayaan, kontras, temperatur dan lainnya satu per satu, kamu wajib pakai fitur AI Filter di Sellury! Kamu cukup memilih salah satu dari rekomendasi AI Filter yang membuat warna produkmu akan semakin jelas dan sesuai dengan warna aslinya!

Foto Produk

4 pilihan AI Filter Sellury

Jangan lupa untuk menambahkan watermark atau menggunakan templatemu sendiri, agar dapat menjadi ciri khas foto produkmu sehingga penjual lain tidak dapat menyalahgunakannya. Template juga bisa kamu gunakan saat kamu mengadakan promosi, diskon atau event lainnya, agar pembeli langsung tertarik melihat thumbnail produkmu!

Kamu juga bisa pakai fitur Template yang sudah tersedia di Sellury, dengan pilihan berbagai macam ukuran template mulai dari Insta Story & Feed Size, Facebook, sampai ukuran card.

Meskipun terlihat cukup banyak, tapi kamu bisa memenuhi poin-poin penting tersebut dengan cara yang lebih praktis dengan menggunakan aplikasi Sellury.

Mulai dari product photo guide, remove background dalam sekali sentuhan, AI filter, edit, hingga template, tersedia dalam satu aplikasi, yang dapat mempercantik foto produkmu. Untuk kamu yang mau foto produk secara profesional tapi praktis & mudah, maka kamu bisa mendownload aplikasi Sellury di Apps Store, Play Store dan GetApps! Selamat mencoba!

About author

Related posts
Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Fotografi

Ayo Belajar Macro Photography!