Creativepreneur and Career

Cara Belajar Voice Over secara Otodidak untuk jadi Pengisi Suara Profesional

Berkarier sebagai pengisi suara atau voice over di industri kreatif menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan dan cocok banget untuk para millennials. Buat kamu para pemula yang tertarik jadi voice over talent bisa mulai belajar dari sekarang, GenKs. Meski ada sekolahnya, tapi nggak masalah, kok, kalau kamu ingin belajar secara mandiri alias otodidak. Nggak perlu bingung mulai dari mana, ikuti cara belajar voice over berikut ini. Kamu jadi bisa belajar kapan pun dan di mana pun tanpa pusing-pusing mikirin biaya, deh. Yuk, cari tahu gimana, sih, tips dan triknya!

Step #1: Belajar Menirukan Karakter Suara dalam Video atau Film

Sumber Gambar : gameshub.com

Langkah pertama yang harus kamu pelajari jika ingin jadi voice over talent adalah dengan mulai niruin berbagai karakter suara dalam berbagai jenis video. Download-lah video apa pun yang ingin kamu tiruin. Jika sudah, perhatikan setiap ekspresi wajah, perubahan mimik dan gerakan tubuh karakter yang ada di video. Dengan begitu kamu bisa optimal saat memerankan salah satu karakter suara di dalamnya. Ingat, jangan pernah malu untuk berlatih berbagai ekspresi serta mimik wajah. Hal ini membantu kamu mendalami peran suara.

Jika perlu kamu bisa latihan menunjukkan macam-macam emosi di depan cermin. Koreksi kalau ada yang kurang. Atau mintalah orang terdekat untuk memberikan penilaian secara objektif. Agar ke depannya kamu semakin mahir mengisi suara karakter-karakter film. Karena kalau kamu cuma mengisi suara doang tanpa menirukan ekspresi wajah dan mimik, hasilnya pasti nggak akan maksimal. Coba aja kamu bandingkan antara mengisi suara tanpa ekspresi dan mengisi suara dengan ekspresi. Pasti terasa bedanya.

Step #2: Mulai Latihan Voice Over

Belajar Voice Over

Sumber Gambar : voicearchive.com

Carilah video yang kira-kira paling cocok dengan karakter suaramu, guys. Ada banyak, kok, pilihan video yang bisa kamu jadikan sebagai bahan latihan. Mulai dari video games, video komersial hingga video korporat atau pun bisa juga potongan video film animasi favoritmu semasa kecil dulu.

Setelah itu, aturlah jadwal dan buat target pembelajaran perhari atau perpekan. Selalu pastikan kamu mencatat setiap kemajuanmu usai latihan dan pelajaran apa, sih, yang kamu dapat dari suatu video yang kamu voice over-in atau pun sumber lain dari video itu.

Nah, di akhir pekan, kamu bisa mengulas kembali catatan pelatihan selama sepekan sebelumnya. Dan gunakan itu untuk menentukan dan mengatur materi latihan pada sesi selanjutnya, deh, GenKs.

Step #3: Buatlah Video Demo Voice Over-mu Sendiri

Belajar Voice Over

Sumber Gambar : wochit.com

Nah, langkah terakhir dalam cara belajar voice over adalah membuat video demo sendiri. Ini harus kamu lakukan jika kamu udah merasa cukup mampu menguasai teknik pengisian suara setelah banyak-banyak berlatih, guys. Ketika membuat video demo, pilihlah materi yang kamu anggap bisa mendukungmu menunjukkan kemampuan terbaik kamu, ya.

Jadikan video demo itu sebagai bahan untuk mengevalusi skill-mu dalam voice over. Lihatlah di kemudian hari apakah ada perkembangan yang kamu dapat usah belajar secara mandiri sekian lama. Idealnya, sih, kamu bisa bikin video demo setelah menyelesaikan satu sesi latihan selama sepekan.

Tapi, kalau menurutmu itu terlalu lama, nggak masalah kamu bikin video demo setiap 3 hari sekali. Selain untuk bahan pembelajaran, kmu juga bisa menjadikan video demo itu sebagai bahan self branding di berbagai platform media sosial.

Atau kalau kamu udah merasa cukup percaya diri dengan kemampuanmu dalam voice over, jangan ragu menyelipkan video demo itu dalam portofoliomu saat ingin melangkah masuk dunia pengisi suara profesional.

Yups, segampang itu cara belajar voice over, ya? Yuk, tunjukkan bakat tersembunyimu dan jadilah salah satu voice over talent berbakat di dunia pengisi suara profesional, GenKs!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Korean Cake Box, Yuk Catat!

Creativepreneur and Career

Intip Usaha Franchise untuk Pemula Beserta Modalnya

Creativepreneur and Career

Apa Itu Pinned Post Instagram dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Creativepreneur and Career

5 Skill Penting yang Wajib Dikuasai Content Creator untuk Dapatkan Peluang Sebesar-besarnya