GenK LIFE

5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri untuk Menjaga Kesehatan Mental

Cara-Berdamai-Dengan-Diri-Sendiri

Bagaimana menurutmu tentang berdamai dengan diri sendiri? Apakah itu terdengar sulit? Memang, menerima seutuhnya dirimu dengan segala kelebihan dan kekurangan adalah hal yang nggak mudah. Butuh waktu lama dan konsistensi untuk akhirnya kamu berdamai dengan dirimu sendiri. Kamu pun harus mulai merelakan banyak hal kalau mau lebih damai dan menjalani hari dengan bahagia. Lalu, gimana cara berdamai dengan diri sendiri biar kondisi mental lebih terjaga? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Belajar Mengikhlaskan

belajar-mengikhlaskan

Hidup jadi tenang setelah mengikhlaskan (Sumber: pexels.com)

Ikhlas adalah kata yang sangat mudah diucapkan, tapi nggak gampang buat dilaksanakan. Apalagi saat kamu menghadapi kegagalan, rasa penyesalan selalu mendominasi dan akan sering muncul. Rasa percaya dirimu bakal runtuh dan kamu pun berasa orang paling nggak berguna di dunia.

Tapi ingat, banyak nasihat yang menganjurkan kita untuk ikhlas agar hidup menjadi lebih tenang dan bahagia.

Kamu bisa belajar cara berdamai dengan diri sendiri mulai dari mengikhlaskan. Ikhlaskan kalau memang kamu belum bisa meraih target, ikhlaskan kalau kamu belum bisa jadi orang yang kamu impikan, ikhlaskan kalau rencana dan ide yang kamu buat belum bisa terealisasikan. Nggak papa, nggak semua hal berujung sempurna kok, termasuk manusia. Kalau sudah ikhlas, perasaan jadi lebih lega dan kamu bisa memulainya kembali.

2. Memaafkan Diri Sendiri

memaafkan-diri-sendiri

Belajarlah memaafkan diri sendiri, jangan cuma memaafkan orang lain (Sumber: kvne.com)

Selain belajar ikhlas, kamu juga harus belajar memaafkan diri sendiri. Cara berdamai dengan diri sendiri ini terkadang dilupakan karena ambisi manusia yang tak ada habisnya. Rumput tetangga memang selalu terlihat jauh lebih hijau, tapi kalau kamu belum bisa punya rumput yang lebih hijau dari tetangga, itu bukan salahmu, kok. Semua hal sudah direncanakan, segala hal sudah sesuai dengan porsinya masing-masing.

Jadi kalau sekarang ini kamu belum bisa jadi seseorang atau berhasil mencapai target yang kamu ciptakan, janganlah bersedih, janganlah memarahi diri sendiri.

Terima itu semua, yakini kalau di lain waktu, kamu bisa jauh lebih baik. Setelah itu, cobalah melakukan positive self-talk agar energi baik yang ada dirimu bisa muncul kembali. Yuk, semangat!

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif