Creativepreneur and Career

Panduan Lengkap Cara Berjualan lewat Feed Instagram Tahun 2021

Instagram adalah salah satu platform media sosial terpopuler saat ini. Tahu, nggak, GenKs, berapa banyak pengguna Instagram di seluruh dunia? Lebih dari 1 miliar! Dan sebanyak 90% di antaranya nge-follow paling nggak satu akun bisnis di platform berbasis gambar yang memberi layanan bagi para penggunanya untuk saling berbagi foto atau video secara online ini, lho, guys. Nah, nggak heran, kan, kenapa ada begitu banyak pemilik bisnis yang dengan gencarnya memasarkan brand, produk atau jasanya di Instagram? Untuk kamu yang baru banget terjun ke dunia bisnis, di bawah ini beberapa tips dan cara berjualan lewat feed Instagram tahun 2021 yang wajib kamu praktekkan:

Tips #1 Tulislah Biografi Sejelas Mungkin

Cara Berjualan di Feed Instagram

Sumber Gambar : shopify.com

Eits, sebagai pemula jangan buru-buru meng-upload postingan di akun bisnis barumu, Genks. Ada syarat utama yang nggak boleh kamu lewatkan kalau ingin sukses mempromosikan toko dan produkmu di Instagram. Hmm, apakah itu?

Pastikan bio yang kamu tulis di profil benar-benar menarik. Karena ini akan jadi kesempatan emas untuk mendatangkan pengikut potensial.

Ada beberapa rekomendasi tentang apa yang harus kamu cantumkan di Bio Instagram-mu:

  • Nama toko
  • Deskripsi singkat antara 140 – 160 karakter tentang brand-mu
  • Tambahkan CTA yang nge-link ke page Instagram Shop atau tokomu
  • Kamu bisa nge-highlight beberapa info dengan emoji, seperti nomor telepon, email dan lain sebagainya, guys
  • Dan yang nggak kalah penting, tambahkan hashtag brand untuk mengkurasi konten gambar dan video postinganmu

Tips #2 Siapkan Content Plan

cara berjualan di feed instagram

Sumber Gambar : movingkings.com

Langkah kedua yang harus kamu perhatikan dalam cara berjualan lewat feed Instagram adalah melakukan riset tentang jenis konten seperti apa yang nantinya bakalan kamu unggah. Nah, untuk itu, kamu butuh yang namanya content plan, nih, GenKs.

Dengan content plan yang udah kamu susun rapi sebelum mulai berjualan online di feed Instagram, dijamin kamu akan menghemat banyak waktu untuk memastikan setiap konten yang kamu buat telah sesuai dengan tujuan marketingmu.

Berikut ini adalah panduan yang bisa kamu tambahkan dalam content plan-mu, GenKs:

  • Promotional content, terdiri dari konten tentang produk-produk baru, promo, diskon, program loyalitas atau ulasan dari pembeli
  • Educational content, termasuk tips, lifehack, masterclass atau saran penggunaan dan perawatan produk kamu
  • Informatif Content, berisi berita perusahaan, prestasi dan goal yang ingin dicapai
  • Entertainment Content, seperti fakta-fakta fun dan unik, referensi budaya K-Pop, humor, survei, kuis hingga konten kiriman follower

Tips #3 Tingkatkan Skill Fotografi-mu

cara berjualan lewat feed Instagram

Sumber Gambar : ecwid.com

Well, seperti yang kita semua tahu, Instagram adalah sebuah platform media sosial yang mengutamakan tampilan visual. So, tentu saja nggak ada cara lain yang lebih baik untuk memamerkan produkmu selain lewat foto dan video yang keren.

Jadi, jangan pernah menunda untuk meningkatkan skill fotografi dan videografimu meski hanya berbekal kamera smartphone.

Tips #4 Buat Caption yang Oke

cara berjualan lewat feed Instagram

Sumber Gambar : criteo.com

Rahasia dalam penjualan lewat Instagram feed, selain tentunya foto dan video dengan visual menarik, adalah captions yang bagus. Captions yang oke bisa mendatangkan komentar. Dan komentar bisa mendatangkan penjualan. So, jangan setengah-setengah untuk bikin captions di setiap postinganmu.

Panjang caption Instagram bisa mencapai maksimal 2.200 karakter dan kamu bisa menyertakan sampai 30 hashtag di setiap konten. Tapi ada satu hal yang harus kamu ingat, karena di aplikasi Instagram, caption-mu cuma akan ditampilkan dalam pratinjau teks di dua baris pertama doang. Jadi, gunakan kesempatan ini untuk menuliskan kata-kata terbaik.

Tips #5 Atur Profil Instagram-mu dengan Baik

Sumber Gambar : dogtrainingobedienceschool.com

Ingat, semakin aktif kamu di Instagram, maka audiens akan semakin sulit menemukan info yang mereka butuhkan ketika akan membeli item di etalasemu. Tipsnya adalah dengan mengatur profil dengan cara simple berikut ini:

  • Tambahkan judul atau keterangan singkat di gambar, seperti: ‘Pengiriman’, ‘Giveaway’, ‘Cara menggunakan produk X’
  • Gunakan hastag singkat untuk setiap jenis postingan yang rutin kamu unggah, seperti:behind the scene, lifehack atau new product dan lainnya
  • Manfaatkan fitur Highlight Story atau Sorotan di Instagram untuk berbagi info-info penting, seperti daftar koleksi produk, harga, kontak, penawaran spesial hingga review pelanggan

Nah, itulah 5 panduan penting cara berjualan lewat feed Instagram tahun 2021 yang wajib diketahui para pemula. Sudah siap, GenKs?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mau Keuntungan Meningkat? Ini Dia Cara Memaksimalkan Manajemen Bisnis Roti!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tips Brand Refresh, Strategi Segarkan Merk Anti Ribet

Creativepreneur and Career

Cara Membuat Brand Storytelling Super Mudah dengan 5 Panduan Ini

Creativepreneur and Career

5 Tips Membuat Portofolio Kreatif yang Sempurna dan Menarik Perhatian