GenK LIFE

Cara Buat Daftar Isi Otomatis Buat Kamu yang Sedang Skripsi

Sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir, hal yang paling dikhawatirkan tentu adalah dengan menyelesaikan skripsi. Tak jarang bahkan ada yang merasa kesusahan hingga stres dalam menjalani penelitiannya. Bukan hanya momen menelitinya, namun juga penulisan skripsi yang harus sesuai dengan beragam aturan, salah satunya adalah penulisan daftar isi.

Membuat daftar isi tentu membutuukan ketelitian yang lebih walau MS Word sendiri sebenarnya sudah punya banyak fitur yang memudahkan walau tak semua kita tahu. Apalagi dengan banyaknya toolbar dan menu di bagian atasnya yang sangat banyak.

Secara garis besar, cara membuat daftar isi hanya membutuhkan 2 langkah. Pertama, kamu harus menentukan terlebih dahulu judul dan subjudul yang akan dimasukan kedalam daftar isi. Kedua, perintahkan word untuk membuat daftar isi berdasarkan dengan judul dan subjudul yang sudah kamu buat tadi. Lebih lengkapnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Tentukan Judul dan Subjudul Lebih Dulu

Daftar Isi

Heading. (Sumber: Stanford University)

Sebelum membuat daftar isi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan judul dan juga subjudul terlebih dahulu yang ingin dimasukkan ke dalam daftar isi. Hal ini juga untuk memudahkan membaca per halaman ataupun per bagian dari skripsi atau penelitianmu. Caranya pun mudah dengan mengaplikasikan style Heading. Pengaplikasiannya sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara, tergantung dari Word yang kamu pakai.

Jika kamu menggunakan Word 2003 atau Word sebelumnya, kamu bisa klik style box pada menu formatting lalu pilih Heading yang diinginkan. Sementara itu, jika kamu menggunakan Word 2007, 2010 ataupun 2013, kamu bisa klik Heading yang ada pada menu Home.

Baca Juga :   3 Trik Jitu Agar Skripsi Kamu Cepat Selesai Dalam Empat Bulan

Setelah mengetahui hal tersebut, kamupun bisa memulai menyusun Heading. Blok teks yang akan kamu jadikan  sebagai judul kemudian aplikasikan style Heading 1. Sehingga aplikasikan Heading 1 sebagai judul utama dari setiap bab pembahasan. Untuk subjudul, kamu bisa menggunakan Heading 2, Heading 3, dan seterusnya.

Apabila kamu ingin mengubah warna, ukuran, atau jenis font dari Heading tersebut, kamu dapat juga dapat mengubahnya pada menu “Modify” pada setiap Heading tersebut. Setelah penyusunan judul maupun subjudul selesai, kamu bisa membuat daftar isinya.

About author

Related posts
GenK LIFE

Yuk, Catat! Ini Dia Financial Planning untuk Gaji UMR

GenK LIFE

Yuk, Kenalan Sama Yang Namanya Bank Asosiatif!

GenK LIFE

Buat Kamu yang Sering Merasa Mager di Pagi Hari, Coba Tips Produktif Ini!

GenK LIFE

Kalau Udah Merasakan Hal Ini, Artinya Tubuhmu Perlu Istirahat, GenK!