GenK LIFE

Cara Buat Itinerary Untuk Solo Traveling!

Buat kamu yang sedang ingin merencanakan destinasi wisata, sebaiknya kamu menyusun itinerary yang tepat deh untuk bepergian! Itenary sendiri adalah rute perjalanan yang disusun untuk tujuan bepergian. Kenapa harus menyusun itinerary? Karena dengan menyusun itinerary yang lengkap akan menghemat waktu, selain itu membuat rencana perjalanan lebih sesuai rencana. Mungkin jika kita tidak membuat itinerary akan membutuhkan waktu yang lama untuk sampai tujuan. 

Apalagi terkadang banyak kendala saat melakukan destinasi wisata. Dengan membuat itinerary jadi lebih hemat biaya karena semua lebih terencana, Nah, gimana caranya untuk membuat itinerary yang tepat? Yuk simak ini dia tips membuat itinerary untuk solo traveling!

Menentukan Destinasi Yang Akan Dituju

Sumber Gambar : ngadem.com

Hal yang perlu dilakukan yaitu menentukan tujuan destinasi yang akan dituju, memilih daerah yang dituju, kita dapat menentukan tempat mana yang ingin dituju. Apalagi pilihan destinasi sangat banyak, jadi pastikan kamu bisa memilih mana lokasi yang ingin kamu tuju. Mungkin jika kesulitan kamu bisa memilih destinasi yang paling favorit dikunjungi orang-orang dengan menyesuaikan waktu dan dana yang telah disiapkan. Dengan menyusun itinerary kamu bisa menyesuaikan dengan waktu dan dana yang kamu miliki, kamu juga bisa memilih wisata yang gratis dan murah untuk dikunjungi untuk menghemat dana hehehe!

Mengecek Status Covid-19 Pada Destinasi Wisata Yang Dituju

Sumber Gambar : cloudinary.com

Karena pandemic Covid-19 masih berlangsung, kamu wajib memperhatikan protokol kesehatan terutama ketika hendak bepergian.

Saat membuat itinerary kamu sudah harus merencanakan bagaimana kemungkinan aturan kunjungan yang akan dikeluarkan oleh beberapa destinasi wisata, karena sebagian destinasi wisata tidak sedang beroperasi saat pandemi.

Jadi, tugas kamu adalah mengecek status covid-19 pada setiap destinasi, nantinya kamu tinggal memilih dan menyesuaikan apa saja yang harus kamu bawa. Membuat rencana cadangan juga diperlukan untuk memastikan waktu dan dana yang mungkin saja dikeluarkan ketika berwisata. 

Memilih Transportasi Untuk Destinasi Tujuan

itinerary untuk solo traveling

Sumber Gambar : roda2blog.com

Memilih transportasi untuk bepergian adalah salah satu hal yang penting, dengan melakukan riset mengenai transportasi yang mungkin kira-kira akan kita gunakan menuju daerah tujuan. Transportasi apa yang diambil? Laut, darat atau udara? Waktu yang harus dikeluarkan? Dan budget berapa yang akan dikeluarkan?  Intinya pertimbangkan kenyamanan nantinya transportasi yang mungkin diambil. Dengan melakukan itinerary akan mempermudah kamu dalam menentukan waktu dan budget yang mungkin akan dikeluarkan nantinya. 

Meminta Saran Dari yang Sudah Ahli

itinerary untuk solo traveling

Sumber Gambar : kompas.com

Ada bagusnya kalau kamu juga meminta saran kepada yang sudah ahli membuat itinerary. Semisal, kita berencana untuk berwisata ke Labuan Bajo, kamu bisa meminta saran ke teman yang pernah berkunjung kesana. Kamu juga bisa ngepoin akun-akun media sosial penyedia jasa perjalanan. Kulik lebih dalam mengenai apa saja informasi yang mungkin saja kita butuhkan. Apalagi jika solo traveling, harus tahu seluk beluk mengenai destinasi yang ingin dituju. 

Mempertimbangkan Waktu Kunjungan, Jangan Sampai Kehilangan Moment!

itinerary untuk solo traveling

Sumber Gambar : bp-guide.id

Jangan lupakan juga untuk mempertimbangkan waktu berkunjung, kamu bisa membuat itinerary dengan memilih kunjungan terbaik. Apalagi kalau wisata outdoor, saat pergi berbulan-bulan pada musim hujan atau dingin tentu bukan jadi pilihan yang baik. Jadi rencanakan akomodasi saat membuat itinerary. Dengan merencanakan sejak awal membuat pekerjaan lebih ringan dan tidak mencari-cari lagi.

Pilihlah lokasi tempat penginapan nantinya supaya lebih memudahkan kamu nantinya ketika di lokasi. Apalagi jika berencana untuk pergi ke gunung, menginap di tempat jauh justru menghabiskan banyak waktu dan dapat mengurangi waktu istirahat. Maka sebaiknya, mencari penginapan yang lokasinya lebih dekat. 

Nah, itu tadi beberapa tips buat itinerary untuk solo traveling, semoga membantu!

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan

Leave a Reply

Your email address will not be published.