GenK LIFE

Cara Cegah dan Mengobati Meningitis yang Harus Kamu Tahu

Dalam beberapa waktu belakangan, penyakit meningitis kerap dibahas terutama setelah menjadi alasan dari kepergian musisi handal Indonesia, Glen Fredly. Meningitis sendiri merupakan peradangan yang terjadi pada selaput yang mengelilingi dan melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, parasit, dan jamur.

Bakteri atau virus yang menyebabkan meningitis tersebut dapat menyebar dan menular melalui batuk, bersin, berciuman, atau berbagi peralatan makan, sikat gigi, dan rokok. Agar terhindar dari penyakit ini, berikut beberapa upaya atau langkah pencegahan yang bisa kamu coba.

Pencegahan Meningitis

Pencegahan memang adanya baiknya untuk dilakukan dengan cepat demi mengurangi kemungkinan penyebaran infeksi. Upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah upaya pencegahan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat.

1. Rajin untuk cuci tangan

Ilustrasi cuci tangan. (Sumber: pexels)

Salah satu hal penting yang harus kamu lakukan sebagai upaya pencegahan adalah dengan rajin menjaga kebersihan, terutama cuci tangan dengan sabun. Hal ini karena virus, bakteri, parasit ataupun jamur penyebab meningitis dapat tinggal dan masuk ke dalam tubuh melalui tangan. Untuk itu, ada baiknya bagimu mulai menerapkan langkah cuci tangan dengan sabun selama 20 detik dengan baik.

2. Jaga Kebersihan barang

Ilustrasi alat makan. (Sumber: pexels)

Selain kebersihan tubuh, kamu juga harus memerhatikan kebersihan barang-barang yang digunakan. Kamu bisa memulainya dengan untuk menyediakan peralatan makan atau mandi sendiri. Jangan sampai berbagi mskanan, minuman, peralatan makan, handuk, sikat gigi lainnya.

Baca Juga :   Beda Penyebab dan Gejala Penyakit Meningitis

3. Menjaga imunitas

Ilustrasi olahraga. (Sumber: pexels)

Hal penting lain yang harus kamu jaga demi mencegah penularan meningitis adalah dengan menjaga sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Caranya juga mudah untuk kamu lakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan bernustrisi tinggi, olah raga teratur hingga tidur dengan cukup.

About author

Related posts
GenK LIFE

7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Menstruasi! Para Wanita Wajib Tau!

GenK LIFE

Generasi Milenial Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Belia

GenK LIFE

Apa Benar Hujan-Hujanan Bisa Bikin Sakit? Simak Disini!

GenK LIFE

Kenali Anticipatory Anxiety, Kelainan Yang Membuatmu Overthinking