Game & Teknologi

Gagalkan Aksi Pencurian WiFi dengan 5 Langkah Cerdas Berikut!

cara cek pencuri wifi

Seringkali kita dibuat jengkel ketika harus berhadapan dengan kecepatan koneksi internet yang lelet. Terlebih lagi ketika sedang butuh untuk pekerjaan atau hal yang urgent lainnya. Memang, ada kalanya koneksi tersebut melemah karena beberapa hal, seperti cuaca atau sedang ada maintenance. Namun ada faktor X lain yang tidak kalah menjengkelkan, yaitu aksi pencurian Wifi oleh seseorang atau kelompok tanpa izin. Dengan kata lain, ketika kamu pasang Wifi di rumah, maka otomatis scope koneksinya dapat melebar sampai keluar rumah. Dan itulah yang kerap dimanfaatkan oleh para ‘maling WiFi’ tersebut yang menggunakan aplikasi khusus agar dapat menjebol pengaman jaringan yang kamu miliki.

Selain bikin koneksi jadi lebih lambat, kemungkinan yang lebih buruk dari aktifitas pencurian WiFi yaitu si pencuri bisa saja menyadap data-data pribadi atau data pentingmu melalui jaringan yang sudah dibobolnya. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa hal cerdas yang dapat kamu lakukan untuk menyingkirkan para maling Wifi tersebut. Intip caranya, yuk!

1. Periksa Perangkat Asing di Halaman Admin Router

koneksi router

sumber: freerangestock.com

Melalui halaman administrasi router yang dapat kamu akses melalui smartphone atau PC, kamu bisa melihat perangkat apa yang terkoneksi ke jaringanmu. Untuk memulai mengetahui aktifitas pencurian WiFi kamu, periksalah terlebih dahulu daftar client-DHCP, di mana perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi kita akan terbaca. Kalau kamu nggak tahu cara masuk ke halaman admin router, periksa buku panduan manual. Di sini biasanya tercantum cara untuk mengakses halaman admin router. Jika kamu ogah ribet, coba cara kedua yang lebih mudah di bawah ini.

2. Nggak Pakai Repot, Cukup Pindai Jaringan dengan Aplikasi

wifi router

sumber: pcmag.com

Cara paling mudah untuk mengecek apakah ada perangkat luar alias pencuri yang terhubung ke sambungan WiFi-mu adalah dengan memasang aplikasi khusus. Dengan aplikasi pemindai jaringan ini kamu nggak perlu repot-repot masuk ke halaman administrasi router untuk mengecek. Kamu bisa memilih aplikasi yang ingin digunakan untuk memeriksa apakah ada aktifitas pencurian di WiFi kamu. Akan tetapi, biasanya pabrikan router punya aplikasinya sendiri seperti misalnya Netgear Genie, Apple’s AirPort atau Linksys Connect dan yang lainnya.

Baca Juga :   6 Cara Aman Cegah Diri dari Cybercrime

3. Bikin Daftar Perangkat yang Mengakses Jaringan WiFi-mu

buat daftar pengguna wifi

sumber: pandasecurity.com

Nah, kalau kamu sudah mengindentifikasi perangkat-perangkat yang terkoneksi, langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah membuat daftar perangkat mana saja yang punya akses ke jaringan WiFi-mu. Setelah itu, cek apakah ada hal mencurigakan lain yang terjadi pada jaringan internetmu. Biasanya router punya akses untuk membaca perangkat apa saja yang terhubung. Nggak cuma itu, kita juga bisa melihat informasi, seperti nama perangkat, MAC Address hingga alamat IP pengguna. Catat semua perangkat yang terkoneksi dan cek apakah ada sesuatu yang mencurigakan. Agar kamu nggak bingung, coba matikan dulu semua perangkat yang terhubung. Nah, setelah itu kamu pun bisa tahu mana yang statusnya masih aktif. Kalau emang ada perangkat asing yang masih nyantol, coba deh, periksa apakah sang pencuri WiFi sedang berusaha membuat kecepatan internetmu lambat atau bahkan melakukan hal lain yang membahayakan.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Membeli Laptop Sesuai Budget!

Game & Teknologi

Makin Eksis dengan Cara Live Streaming Instagram dari Laptop dan PC yang Anti Ribet

Game & Teknologi

Ini Rekomendasi Aplikasi Asah Otak Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!

Game & Teknologi

Virtual Tour & Exhibition: Jangan Ngaku Kekinian Kalau Belum Kenal Teknologi Ini!