Creativepreneur and Career

Cara Cerdas Buat Menjawab “Kenapa Kamu Ingin Pekerjaan Ini” Saat Interview

Saat kamu mengikuti interview kerja, pasti bakal ada pertanyaan “Kenapa kamu ingin pekerjaan ini?” Kelihatannya pertanyaan tersebut mudah aja. Tapi, bahkan pertanyaan mudah sekalipun bisa bikin kamu terjerumus kalau kamu nggak ada persiapan. Nah, makanya, kamu perlu banget mempersiapkan jawaban terlebih dahulu. Sekarang kita lihat ulasannya. Let’s go.

Apa yang Ingin Diketahui oleh Interviewer

Sumber Gambar : Jobspedia.net

Biasanya, pas habis dengar pertanyaan tersebut, apalagi kalau kamu nggak siap, kamu mungkin berpikir kalau hiring manager ingin tahu tentang apa yang kamu mau di pekerjaanmu nanti. Iya benar, tentu aja perusahaan mau tahu apakah tujuan kamu berkarier udah sejalan dengan apa yang mereka butuhkan.

Tapi, pertanyaan ini sebenarnya lebih kepada wawasanmu, sejauh apa kamu tahu tentang perusahaan tersebut. Jadi, sebenarnya pertanyaan itu sama dengan “Kenapa kamu ingin bekerja di sini?” Interviewer ingin tahu apakah kamu udah punya inisiatif sendiri, buat meriset dan mempelajari tentang perusahaan mereka, dan apa sih yang bikin kamu tertarik buat bekerja untuk mereka.

Cara Menjawab “Kenapa Kamu Ingin Pekerjaan Ini?”

Sumber Gambar : Forbes.com

Gunakan pertanyaan ini sebagai kesempatan buat “menjual” diri kamu ke perusahaan. Saat mikirin jawaban, pertama-tama fokus dulu, dan catat apa aja kelebihan perusahaan tersebut, ini bisa kamu tahu dengan cara melakukan riset. 

Misalnya, training dan jenjang karier seperti apa yang mereka berikan? Kenapa kandidat lain ingin bekerja untuk mereka dan bukan untuk kompetitor? Gimana perusahaan tersebut memberikan distribusi ke industri yang mereka geluti atau untuk komunitas mereka?

Setelah kamu bikin konsep jawaban, yang berkaitan dengan kelebihan perusahaan, kamu kemudian bisa memilih poin-poin penting yang sekiranya cocok dengan kamu, sekaligus bisa memenuhi apa yang mereka mau. 

Saat Interview

Sumber Gambar : Forbes.com

Sedikit tips, kalau kamu mau memikirkan jawaban pertanyaan secara matang, coba pikirin apa yang bakal kamu ucapkan untuk menggantikan “…” dalam kalimat ini, “Bekerja untuk perusahaan Anda memberikan saya kesempatan untuk mendapat pengalaman dan kemampuan dalam bidang … dan …, di mana saya menjadi bagian dari lingkungan kerja yang sangat menginspirasi dan menyenangkan, berdasarkan apa yang saya ketahui tentang perusahaan Anda.”

Begitu kamu udah menyesuaikan jawaban kamu buat pertanyaan tersebut, pastikan kamu berlatih untuk mengucapkannya dengan suara yang jelas. Boleh banget kamu minta bantuan teman atau keluarga buat berpura-pura jadi interviewer yang menanyakan pertanyaan tersebut. Bahkan, ini cara yang bagus buat mempersiapkan diri untuk pertanyaan interview.

Contoh Jawaban yang Tepat

Saat Interview

Sumber Gambar : independent.co.uk

Kalau masih nggak yakin, ada salah satu contoh jawaban untuk pertanyaan “Kenapa kamu ingin pekerjaan ini?” Berikut contohnya:

“Saya memahami bahwa perusahaan ini sedang berkembang dengan sangat pesat. Seperti yang sudah saya baca di website Anda dan berbagai media berita resmi, Anda sedang berencana untuk launching produk-produk baru ke depannya. Saya ingin menjadi bagian dari bisnis yang sedang berkembang pesat ini, dan saya tahu bahwa pengalaman saya di bidang pengembangan produk, bisa membantu perusahaan Anda saat merilis produk-produk tersebut.”

Alasan kenapa jawaban tersebut tepat, adalah karena kandidat udah mengerjakan tugas penting mereka buat riset tentang perusahaan secara online. Kandidat juga udah memikirkan gimana cara mereka berkontribusi secara nyata buat bisnis tersebut dan juga berinisiatif dalam membantu merilis produknya.

Jadi, itu tadi cara-cara buat menjawab pertanyaan “Kenapa kamu ingin pekerjaan ini?” saat interview. Yang penting tenang, persiapkan dengan matang, dan selalu percaya diri. Oke? 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!