Creativepreneur and Career

Cara Daur Ulang Konten Biar Blog Kamu Kebanjiran Pengunjung

daur ulang konten

Di era digital ini, konten menjadi hal yang penting banget, terutama buat kamu yang menjalankan bisnis. Tapi kamu udah paham nggak ya, pentingnya daur ulang konten. Soalnya, kondisi pasar terus berubah, dan tipe konten yang disukai juga mengalami perubahan tanpa henti. Makanya, kamu perlu update konten kamu biar sesuai sama apa yang dicari audiens. Langsung aja kita lihat cara buat daur ulang kontenmu, seperti berikut ini: 

Artikel Blog Diganti Jadi Video

Sumber Gambar : mention.com

Jadi, format konten video populer nggak hanya di YouTube aja. Konten tipe ini juga banyak banget diminati di Facebook. Ada hasil analisa terbaru dari Buzzsumo yang melakukan analisa terhadap 100 juta video Facebook. 

Hasilnya, ditemukan kalau format konten video itu punya engagement tertinggi daripada tipe konten yang lain. Dari sini, kamu bisa mulai dengan memilih kontenmu yang berupa artikel paling banyak dibaca, lalu diubah ke format video.

Teks Blog Diubah Jadi Infografis

Sumber Gambar : Canva.com

Kalau kamu mau traffic meningkat, salah satu caranya yang paling gampang yaitu dengan membuat desain infografis dari postingan terpopuler. Berdasarkan hasil analisa HubSpot, dengan memposting infografis maka traffic web bisa meningkat sampai 12%. 

Nggak perlu galau kalau kamu nggak ada desainer buat diminta bantuan bikin desainnya. Banyak website dengan tools desain seperti Canva dan Venngage di antaranya. Habis bikin infografis, jangan lupa di-share ke Pinterest dan Tumblr juga, biar jangkauan pembaca semakin luas.

Mengganti Artikel dengan Podcast

Cara membuat podcast

Sumber Gambar : populix.co

Cara daur ulang konten berikutnya adalah dengan bikin podcast. Apalagi, podcast belakangan semakin digandrungi dan terbukti bisa jadi media pemasaran. Menurut data dari MarketingCraft, awalnya di tahun 2006 cuma ada 22% internet user yang mengenal podcast.

Baca Juga :   7 Tips Memulai jadi Freelancer Desain Grafis yang Sukses 2022

Lalu, di tahun 2019, jumlah tersebut naik drastis menjadi 64% internet user yang mengerti podcast. Sekarang coba, kamu pilih artikel paling populer di website kamu. Terus artikel tersebut kamu jadikan podcast. Untuk bikin podcast, kamu bisa pakai aplikasi bernama Anchor, gratis kok.

Artikel Populer Diubah Jadi eBook

daur ulang konten

Sumber Gambar : paper.id

Kalau kamu udah punya banyak postingan di blog, semuanya berpotensi buat digabungkan terus dijadikan ebook. Beneran, loh. Penawaran ebook ini nanti bisa kamu kirimkan ke email konsumen. Jadi, database email audiens kamu ikutan bertambah.

Kamu bisa ambil satu artikel panjang di blog kamu, lalu kamu ubah jadi ebook. Atau, bisa juga kamu ambil beberapa artikel dengan satu topik yang sama, terus digabungkan jadi ebook. Biar ini menjadi panduan yang jelas dan mendalam tentang topik yang dipilih tersebut.

Mengadakan Webinar

daur ulang konten

Sumber Gambar : mediotejo.net

Kalau kamu udah punya pembaca dari traffic organik dan jumlahnya konsisten, berarti topik yang kamu bahas bener-bener disukai oleh audiens yang kamu targetkan. Dari sini, kamu bisa coba bikin webinar untuk bahas topik dengan traffic pembaca yang tinggi.

Jadi webinar ini nggak cuma membantu proses daur ulang untuk konten, tapi juga bisa memperluas jangkauan audiens. Nah, audiens kamu bisa semakin banyak dan beragam. Selain itu, bikin webinar bisa bantu kamu buat mengembangkan database email pelanggan kamu.

Sekarang, kamu udah tahu berbagai cara yang tepat untuk melakukan daur ulang konten. Nah, kamu bisa coba satu per satu caranya. Jadi ini adalah eksperimen buat mencari tahu konten manakah cara yang berhasil dan yang nggak. Kamu bisa terapkan cara yang berhasil, biar kontenmu jadi makin bagus. 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Simak Trik Pemasaran Kpop Buat Branding Bisnis Kamu

Creativepreneur and Career

Potensi Bisnis Maggot (Belatung) Bikin Kamu Dapetin Untung Besar

Creativepreneur and Career

Cara Menganalisa Peluang Usaha Buat Pebisnis Pemula

Creativepreneur and Career

Career Path Terpopuler 2022, Cobain Yuk!