Creativepreneur and Career

Baru Mulai Bisnis? Yuk Baca Cara Jualan Online Lengkap!

cara jualan online

6. Branding Akun

Tidak hanya branding diri sendiri, tokomu juga harus di branding. Ini tahap yang paling menentukan, supaya citra yang terbentuk di pelanggan juga sesuai yang kamu inginkan. Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan, yaitu:

  • Username

Hal yang pertama adalah nama akun. Usahakan buat nama yang tidak sulit dilafalkan dan mudah diingat. Kamu juga bisa menambahkan embel-embel jenis toko kamu di bagian belakang agar pelanggan langsung tahu produk apa yang kamu tawarkan. Contoh: Ordinary_Shop, True_Beauty, KPoperch

  • Logo
Cara Jualan Online 5

Ilustrasi membuat logo (sumber: pexels.com)

Berikutnya adalah logo. Banyak yang masih belum menyadari betapa pentingnya logo sebagai identitas perusahaan. Tak perlu takut jika kamu tidak mahir desain. Cara membuat logo ada dua pilihan, yaitu bisa kamu lakukan sendiri atau menyewa jasa desainer grafis. Simpel.

Menurut Wikipedia, ada beberapa dasar logo yang perlu kamu ketahui, yaitu simple (sederhana), memorable (mudah diingat), timeless (tidak lekang dimakan waktu), versatile (serbaguna), dan appropriate (sesuai). Selain dari segi bentuk, buat ciri khas pada warna dan tipografi. Buat setiap orang yang melihat logo tersebut langsung ingat pada toko online milikmu.

  • Informasi Toko

Selanjutnya adalah mencantumkan informasi toko sedetail mungkin. Gunanya agar pelanggan tidak kebingungan ke mana mereka harus bertanya jika tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

  1. Alamat toko, untuk perkiraan ongkos kirim.
  2. Kontak, beri banyak alternatif kontak seperti Line, WhatsApp, nomor ponsel, dan e-mail jika diperlukan.
  3. Open Hour, agar pelanggan tahu jam aktif toko.
  • Nama dan deskripsi produk

“WOW ada penemuan baru!!! Kami menjual peninggi badan AMPUH!!! Diorder Say,” pernah lihat deskripsi produk yang seperti itu? Apakah kamu tertarik untuk membelinya atau malah jadi ragu? Yap! Nama dan deskripsi relevan dan punya kata kunci. Tujuannya supaya ikut muncul saat pelanggan mencari produk di kolom pencarian. 

Deskripsi yang baik adalah yang mampu menjelaskan secara lengkap seputar produk yang kamu tawarkan. Cantumkan informasi ukuran, bahan, variasi warna, dan lain-lain. Gunakan kata-kata yang fun tetapi tetap menjual.

  • Hashtag

Cara jualan online yang berikunya adalah mencantumkan hashtag. Cantumkan di deskripsi produk. Fungsinya untuk mengelompokan konten. Cari hashtag yang relevan dengan produk. Pilih kata kunci yang banyak dicari oleh pelanggan. Dengan mencantumkan hashtag, maka semua update toko kamu akan terorganisir dengan baik.

  • Foto produk
Cara Jualan Online 6

Ilustrasi pemotretan produk (sumber: pexels.com)

Unggah foto dengan kualitas tinggi dan beri watermark. Kamu bisa memotret produk dengan alas foto yang menarik. Biar ala-ala foto studi. Kece banget hasil fotonya! Jika fotonya dapat dari supplier, jangan langsung unggah mentah-mentah. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto untuk merubah color correction, border, memberi watermark, dan lain-lain. Buat fotomu semenarik mungkin walaupun tidak foto di studio. 

7. Promosi di Media Sosial

Saatnya produksi di medsos! Ada banyak platform media sosial yang bisa menjadi pilihanmu. Ini merupakan peluang besar untuk menarik banyak minat massa. Unggah foto produkmu beserta deskripsi dan hashtag yang relevan.

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan temanmu untuk ikut mempromosikan produk jualanmu. Pokoknya jangan malu untuk promosi. Karena kebanyakan orang yang baru memulai bisnis merasa tidak percaya diri dengan produk yang mereka tawarkan.

8. Grup Like for Like

Cara Jualan Online 7

Ilustrasi like foto (sumber: lifewire.com)

Apa kamu tahu rahasia di balik banyaknya likes pada post Instagram online shop baru? Salah satunya adalah dengan ikut grup like for likeBanyak penjual online shop yang menjadi member di dalam grup tersebut. Nanti akan dibagi jadual likes setiap membernya. Di mana mereka saling balas-membalas likes yang diberikan.

Ini sangat menguntungkan. Apalagi buat kamu yang baru mendirikan toko online. Kalau likes-nya banyak, otomatis akan membangun kepercayaan pelanggan. Biasanya juga di grup ini bisa saling share informasi seputar endorsement. Yuk kita bahas di poin selanjutnya!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *