Seni Rupa & Desain

Cara Melukis Berdasarkan Jenis Cat

cara melukis

Cara yang pertama adalah cara yang paling mendasar. Walaupun namanya cat air, tetapi kamu harus tetap menambahkan sedikit air saat menggunakannya. Takaran air juga mesti banget diperhatikan, karena kalau kebanyakan maka cat akan berubah warna dan hasil warnanya tidak nyata alias terlalu transparan. Sekadar tips, sebaiknya air yang digunakan untuk mencuci kuas dipisahkan dengan air yang digunakan untuk bahan campuran catSah-sah saja sih kalau kamu tetap ingin menggabungkan keduanya, tetapi kemungkinan besar warna yang satu akan mudah terkontaminasi dengan warna lainnya. Sehingga warna awal yang sudah kamu racik malah jadi berubah warna atau berubah jadi butek.

cara melukis 3

Contoh karya lukisan cat air (sumber: tonyconner.com)

Lanjut ke pembahasan kedua yang masih berkaitan soal pencampuran cat dengan air nih. Untuk menghasilkan warna yang lebih soft atau warna yang lebih pastel, campurkan cat dengan air yang lebih banyak. Tapi ingat, jangan terlalu banyak yah. Kemudian cara ketiga adalah soal pengaplikasian cat di atas kertas. Usahakan untuk tidak menggosok maupun menyentuh permukaan lukisan supaya kertas lukisanmu tidak kotor. Bisa gawat kalau saat proses pengeringan, kamu tidak sengaja menggosok atau menyentuh permukaan kertas yang masih basah. Hayo… siapa yang pernah mengalami kejadian seperti itu? 

Cara Melukis dengan Cat Minyak

Cat minyak adalah cat lukis yang berbahan dasar minyak. Biasanya yang digunakan adalah minyak linen yang dicampur dengan terpentin (getah pohon pinus) sebagai bahan pengencer. Minyak linen dan minyak papaver dalam bentuk pasta juga bisa digunakan sebagai perekat pigmen warna. Walaupun melukis dengan cat minyak tergolong sulit, namun warna yang dihasilkan cenderung lebih tajam dan bisa tahan lama. Kalau kamu sendiri apakah tertarik untuk menggunakan cat yang satu ini? Seandainya kamu tertarik, pas banget nih, karena kami akan membagikan khusus buat kamu tips melukis dengan cat minyak.

cara melukis 5

Cat minyak (sumber: imural.id)

Cara pertama yang mesti kamu lakukan saat melukis dengan cat minyak adalah campur cat minyak dengan minyak khusus terlebih dahulu. Sebelum melapisi media dengan cat minyak, gunakan cat gesso terlebih dahulu untuk melapisi media lukis. Cat gesso berguna supaya cat minyak tidak menyerap di media. 

Cara kedua adalah seputar kuas lukis. Kuas yang kamu gunakan untuk mengecat cat gesso dengan kuas yang digunakan untuk mengecat cat minyak harus dibedakan loh. Tujuannya supaya warna tidak terkontaminasi satu sama lain. Kuas cat juga tidak boleh digunakan untuk mengaduk cat, tiner, dan minyak, karena ujung-ujungnya malah merusak kuas. Solusinya adalah dengan menggunakan pisau palet untuk mencampurnya deh. 

cara melukis 6

Minyak biji rami (sumber: rumahbunda.com)

Cara ketiga bisa kamu gunakan untuk membuat cat minyak lebih kental, yaitu dengan mencampurkan minyak biji rami yang berasal dari tumbuhan rami. Minyak biji rami ini berfungsi untuk mengikat pigmen warna. Bisa juga digunakan juga sebagai finishing kayu. Serba guna banget kan? Kami punya tips nih buat kamu yang gemar atau baru mulai tertarik menggunakan cat minyak sebagai medium lukis. Sebaiknya melukislah di tempat terbuka setidaknya di tempat yang punya sirkulasi udara yang bagus, karena cat minyak memiliki aroma yang tajam. 

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Daftar Aplikasi Ilustrasi Gratis Di Laptop, Cocok Buat Belajar!

Seni Rupa & Desain

Problematika Interpretasi Seni Rupa para Apresiator Muda

Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *