Seni Rupa & Desain

Cara Melukis Berdasarkan Jenis Cat

cara melukis

Cara Melukis dengan Cat Lateks

Selanjutnya ada cat lateks, merupakan cat yang berbahan dasar air, tapi lebih kental daripada cat berbahan dasar minyak, sehingga harus diencerkan dengan menambahkan air. Cat ini bukan jenis yang beracun, gampang dibersihkan, cepat kering, tidak mudah terbakar, dan tidak mudah terkelupas dalam jangka waktu yang panjang. Makanya cat ini sangat cocok digunakan untuk membuat mural. Melukis dengan cat lateks tergolong mudah, tapi tergantung bagaimana cara kamu saat proses mengentalkan cat. Takaran air perlu diperhatikan agar tingkat kekentalannya tidak terlalu encer. Kami punya beberapa cara melukis dengan cat lateks yang bisa kamu aplikasikan juga. 

cara melukis 7

Cat lateks (sumber: reference.com)

Langkah pertama yang mesti kamu lakukan adalah memeriksa kekentalan cat lateks. Buka tube cat, lalu aduk deh. Tongkat kayu ataupun bor listrik yang sudah terpasang alat pengaduk khusus bisa digunakan untuk mengaduk cat. Kemudian encerkan cat lateks dengan menambahkan air ke dalam tube. Masukkan air sedikit demi sedikit secara bertahap sambil tetap diaduk.Dengan begitu, kamu bisa mengukur tingkat keencerannya.

Lanjut ke langkah berikutnya yaitu coba melukis dengan cat lateks di media lukis. Kalau dirasa masih kurang encer, tambahkan air lagi sampai semuanya pas. Supaya hasilnya lebih bagus, aplikasikan cat lateks berlapis-lapis supaya permukaan media lukis tampak lebih bagus. Cara berikutnya berhubungan dengan kuas cat. Karena cat lateks cepat mengering jadinya kuas akan sulit dibersihkan. Sehingga kamu harus segera bersihkan kuas menggunakan sabun dan air setelah selesai melukis.

Itu dia cara melukis berdasarkan jenis cat yang kamu gunakan. Kamu bisa menambahkan trik-trik tersendiri untuk menghasilkan lukisan yang memuaskan. Selamat mencoba! 

Polling

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Daftar Aplikasi Ilustrasi Gratis Di Laptop, Cocok Buat Belajar!

Seni Rupa & Desain

Problematika Interpretasi Seni Rupa para Apresiator Muda

Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *