GenK LIFE

Cara Membaca Bahasa Tubuh Agar Online Interview Jadi Maksimal

membaca bahasa tubuh

Di zaman serba online seperti sekarang ini kita jadi lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar. Termasuk untuk menjalani sesi wawancara kerja. Karena nggak bertatap muka langsung, bukan berarti kita bisa seenaknya tampil. Selain memperhatikan pakaian, kamu wajib menunjukkan gestur tubuh yang positif agar terlihat profesional di depan pewawancara meski hanya bertemu lewat layar. Bukan rahasia bahwa bahasa tubuh mampu memberikan jawaban sebenarnya dari apa yang terucap lewat kata-kata.

Nah, buat kamu yang akan menghadapi sesi online interview, yuk, sedikit belajar cara membaca bahasa tubuh agar saat wawancara daring kamu nggak melakukan kesalahan yang bikin pihak interviewer mencoret namamu dari daftar kandidat pegawai baru di perusahaan mereka.

1. Serius Bukan Berarti Kamu Nggak Boleh Tersenyum!

tersenyum

sumber: forbesimg.com

Ya, emang sih, wawancara kerja harus dilakukan dengan serius. Tapi bukan berarti saat interview kita dilarang tersenyum. Senyum adalah salah satu cara bahasa tubuh untuk menunjukkan bahwa seseorang bersemangat dan antusias terhadap peluang yang ada di hadapan mereka. Meski kamu disarankan tersenyum saat sesi wawancara online, tapi usahakan senyummu alami, ya? Jawab pertanyaan dari pihak perusahaan sambil menunjukkan senyum yang nggak berlebihan dan terlalu dipaksakan. Nggak perlu juga kamu nyengir-nyengir kuda sampai gigi kering, loh.

2. Membaca Bahasa Tubuh Lewat Kontak Mata

bahasa tubuh kontak mata

sumber: theladders.com

Kamu memang nggak duduk berhadapan secara langsung selama online interview, tapi jangan sepelekan soal kontak mata. Kontak mata yang kuat dan tenang adalah kunci. Pastikan tatapan matamu nggak terlihat seperti orang yang mengancam. Perhatikan juga gerakan matamu. Hindari gerakan, seperti menggosok mata dengan telunjuk, mengedipkan mata dengan cepat, melirik ke arah samping, menyapu mata dari atas ke bawah, mengangkat kedua mata, menutup wajah, mengangkat alis, dan beberapa gerakan yang bikin pihak pewawancara ilfeel.

Baca Juga :   Cantumkan Hal Ini Dalam Deskripsi Diri di CV Biar Dilirik HRD

3. Hindari Terlalu Banyak Gerakan Tangan, Menyilangkan Tangan

gestur tangan

sumber: medprostaffing.com

Kadang kita nggak sadar saat menggerakkan tangan ketika berbicara. Tapi terlalu banyak melakukan gerakan tangan bisa mengganggu, loh. Gerak dan gestur tangan yang berlebihan bikin orang gagal fokus dengan apa yang kita sampaikan. Kamu juga perlu memperhatikan gerakan menyilangkan lengan. Gerakan halus ditambah dengan senyum alami bikin kita tampak gagah. Sebaliknya, kalau kamu kurang senyum, gestur ini menunjukkan kamu nggak tertarik dengan lowongan yang kamu lamar. Menyilangkan lengan juga bisa berarti orang tersebut menunjukkan rasa frustasinya. Meski kadang orang melakukan gerakan ini untuk membuat diri mereka nyaman. Entah apa pun alasannya, pastikan selama wawancara kerja menghindari gerakan yang satu ini karena bisa dianggap sebagai sinyal bahwa ada yang salah.

About author

Related posts
GenK LIFE

Buat Pecinta Tanaman, Ini Dia Tanaman Pembersih Udara yang Bikin Sehat!

GenK LIFE

Jangan Asal-asalan! Ini Kriteria Jas Untuk Dipakai di Hari Pernikahan!

GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!