Buku

5 Tips Cara Membaca Cepat

cara membaca cepat

Buku-buku menarik yang baru saja kamu dapatkan dari acara diskon pameran sudah menumpuk di pojok kamar, menunggu untuk dibaca. Tapi, waktu seakan tidak pernah mengijinkan satu buku pun untuk habis dilahap. Eits, kamu perlu mencoba memakai metode cara membaca cepat, GenK. 

Membaca buku merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk banyak orang. Berbagai ilmu pengetahuan, cerita dan karakter yang belum pernah terbayangkan sebelumnya, serta fakta-fakta menarik dari seluruh dunia telah menanti untuk dijelajahi, GenK. 😸

Baik sekadar menjadi hobi untuk menyenangkan diri sendiri, atau sebagai upaya pemenuhan panggilan akademik, membaca buku dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Namun terkadang, kesibukan lain datang yang membuatmu tak sempat membaca bahkan selembar buku sekali pun. 

Proses membaca buku sendiri dapat dilakukan dengan beberapa metode. Untuk kamu yang punya waktu luang dan sering kesulitan untuk memahami suatu materi, kamu bisa coba langkah-langkah membaca efektif di post kami sebelumnya, GenK. 👍

Tenang saja, khusus untukmu dengan jadwal terbang tinggi yang selalu disibukan dengan setumpuk file kantor, tulisan untuk blog, atau mungkin mencari informasi tertentu pada sebuah buku, kami punya tips cara membaca cepat dengan tepat tanpa terhambat. Cus lanjut! 

1. Lakukan Preview Teks 

Cara membaca cepat 1

Ilustrasi buku (unsplash.com)

Apa yang pertama kali kamu lakukan saat sedang memilih film yang akan kamu tonton di bioskop? Pastinya nonton trailer filmnya dulu dong. Dengan menonton trailer sebelum menyaksikan sebuah film, kamu jadi tahu konteks cerita dan apa yang bisa kamu harapkan dari film tersebut. 

Prinsip yang sama juga berlaku buat kamu yang ingin belajar cara membaca cepat, GenK. Dengan melakukan preview atau peninjauan sebelum mulai membaca suatu teks, kamu bisa lebih siap dalam menerima informasi yang akan disajikan dihadapanmu. 👌

Untuk meninjau sebuah teks, gunakanlah teknik baca scanning dari awal hingga akhir. Perhatikan bagian-bagian khusus seperti heading, subheadings, bagian yang di-bold atau dengan font berukuran besar, serta bullet points. 

Kamu juga bisa mendapatkan gambaran besar dari tulisan dengan melakukan skimming bagian introduction dan paragraf kesimpulan. Cobalah untuk mengidentifikasi kalimat-kalimat transisi, serta tidak ketinggalan gambar dan grafik.

Baca Juga :   Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

2. Buatlah Ancang-Ancang 

Cara membaca cepat 2

Ilustrasi menulis pertanyaan (sumber: unsplash.com)

Membuat pendekatan strategis untuk membaca teks akan membuat perbedaan yang besar dalam menentukan efisiensimu untuk memahami materi pada tulisan. Pertama, pikirkan tujuan. Apa yang kamu ingin pelajari dari membaca materi tersebut? 🤔

Kedua, tuliskan beberapa pertanyaan yang jawabannya ingin kamu dapatkan di akhir. Lalu, pastikan tujuan sang penulis saat membuat materi tersebut menurut pendapatmu. 

Misalnya tujuan sang penulis ingin menjelaskan tentang sejarah masuknya agama di Indonesia, sementara tujuanmu secara spesifik ingin mencari tahu bagaimana masuknya agama Islam di Nusantara. 

Kalau tujuanmu lebih sempit dari pembahasan materi sang penulis, kamu bisa merencanakan untuk mencari dan membaca bagian tertentu untuk menghemat waktu. 

3. Manfaatkan Pointer atau Jari Telunjuk

Cara membaca cepat 3

Ilustrasi membaca dengan bantuan jari telunjuk (sumber: unsplash.com)

Membaca dengan menggunakan bantuan jari telunjuk adalah tips yang kamu terapkan untuk bisa membaca dengan lebih cepat, GenK. Teknik yang satu ini sering dianggap sebagai cara yang hanya digunakan khusus oleh anak-anak yang baru saja belajar membaca. 🤓

Padahal pada kenyataannya, trik ini bisa sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin meningkatkan kecepatan membaca. Dengan menggunakan bantuan berupa alat tunjuk atau dengan jari telunjukmu, kamu dapat memfokuskan matamu pada bagian dari teks yang sedang dibaca. 

Kunci utama dari trik cara membaca cepat menggunakan bantuan alat tunjuk adalah pada konsistensi tempo gerakan. Cobalah untuk mempertahankan kecepatan tunjuk saat sedang membaca tanpa perlu bolak-balik ke paragraf sebelumnya. 

Kelebihan yang ditawarkan dari metode ini adalah fokus matamu yang dapat lebih terarah pada bagian yang ditunjuk saja, dibanding hanya membaca tanpa bantuan penunjuk. 

4. Jangan Baca Setiap Kata!

(sumber: unsplash.com)

Ilustrasi orang membaca (sumber: unsplash.com)

Untuk meningkatkan kecepatan baca, kamu harus mampu mengenali kalimat-kalimat tertentu pada teks yang mengandung inti dari materi tersebut. Perlu diperhatikan, kalau tidak semua kata yang ada pada teks penting untuk kamu baca. 💁‍♂️

Beberapa kata yang ada pada kalimat hanya berfungsi sebagai pelengkap tanpa memiliki arti yang signifikan untuk membantumu menemukan informasi yang kamu cari, GenK. Maka dari itu, hindarilah untuk memaksakan dirimu membaca kata demi kata. 

Pada beberapa jenis materi, misalnya dalam konteks akademik seperti jurnal atau esai, kamu dapatmenemukan kata kunci yang menjadi kata utama dari isi buku tersebut. Carilah kata kunci pada bagian abstrak di halaman depan untuk mengetahui inti yang mesti kamu perhatikan dari buku. 

Untuk jenis bacaan lainnya, kamu bisa mengakalinya dengan cara melewati kata-kata tambahan seperti “di”, “jika”, “kalau”, “ke”, dan berbagai kata yang tidak memiliki mengandung konteks langsung isi materi. 

Baca Juga :   5 Cara Cepat Menghafal yang Paling Efektif, Kamu Wajib Baca

5. Minimalisir Gerakan Mata 

(sumber: unsplash.com)

Ilustrasi anak membaca buku (sumber: unsplash.com)

Tips cara membaca cepat berikutnya yang bisa kamu coba adalah melatih matamu untuk meminimalisir gerakan saat membaca. Pada umumnya, rata-rata orang akan mengalami kesulitan ketika membaca suatu kalimat dalam sekali lihat tanpa perlu bolak-balik ke sebelumnya. 🙅‍♀️

Nah, kamu bisa mencoba melatih matamu untuk dapat membaca dengan lancar tanpa perlu maju mundur ke bagian sebelumnya dengan cara ini, GenK: 

  • Pilihlah satu benda yang di hadapanmu untuk menjadi titik fokus. Bisa tembok, meja, orang, atau benda-benda lain yang ada di sekitar. 
  • Fokuskan penglihatanmu pada satu titik tersebut, lalu cobalah gerakan kepalamu ke kiri dan ke kanan tanpa perlu menggerakan mata. 
  • Ulangi latihan ini secara berulang. Secara berangsur, kamu dapat membaca tulisan dengan lebih cepat dan efektif. 


Sekarang, kamu sudah tidak perlu lagi habis menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencari informasi tertentu pada buku, GenK. Cukup praktikan saja cara membaca cepat di atas. Selamat mencoba, GenK! 😉

Polling 

About author

Related posts
Buku

Tertarik Menulis Buku Biografi? Simak Tipsnya Disini!

Buku

Rekomendasi Webtoon Terbaik yang Wajib Dibaca di Tahun 2021!

Buku

Pengen Nulis Novel? Ini Dia Tips Untuk Menulis Novel

Buku

Sejarah Hari Dongeng Sedunia dan Pentingnya Cerita untuk Edukasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.