Creativepreneur and Career

Cara Membangun Kepercayaan di Tempat Kerja, Agar Teamwork Solid!

Keandalan

melatih keandalan kerja

sumber: pexels.com

Jika kamu berkata akan melakukannya, lakukan – Kalau kamu membatalkan sesuatu di hari H, atau tidak menepati deadline, orang pasti berpikir kamu akan begitu lagi. Akhirnya, kebiasaanmu itu terus teringat dalam benak orang lain dan kamu jadi sulit dipercaya. Hal ini bisa menjadi penghambat untuk membangun kepercayaan terhadap dirimu sendiri.

Jika kamu harus melakukannya, lakukan – Ini berarti mengerjakan apa yang harus kamu kerjakan. Jangan sampai jadi orang lain yang mengerjakannya karena kamu tiba-tiba bolos misalnya. Kamu takkan dipercaya lagi.

Jelaskan cara berpikirmu – Bersikaplah transparan, apa adanya. Bicarakan pemikiran dan alasanmu di balik tindakan yang kamu lakukan. Ini membuat orang jadi mudah mempercayaimu karena keterbukaanmu.

Kedekatan

membangun kedekatan

sumber: pexels.com

Percayalah kepada orang lain – Jika kamu ingin orang mempercayaimu, maka awali dengan memberikan rasa percaya kepada orang lain. Dengan begitu, kepercayaan tersebut akan kembali padamu.

Ajak orang lain ikut serta – Kalau kamu ikut dalam acara meeting, review atau brainstorming, libatkan rekan kerjamu yang tidak diajak. Bila ada informasi baru yang bermanfaat dan bisa kamu bagikan, sampaikanlah.

Hati-hati dalam merespon sesuatu – Jika kamu mengabaikan, mencibir atau menertawakan ide maupun kontribusi orang lain, maka kamu akan sulit mendapatkan kepercayaan. Bersikaplah peka terhadap orang di sekitarmu.

Orientasi diri sendiri

menahan diri

sumber: pexels.com

Beri kesempatan orang lain untuk bicara – Apabila kamu selalu mendominasi dan tidak memberi kesempatan orang lain untuk berbicara, ini menunjukkan kamu tidak peduli dengan mereka. Selalu beri kesempatan lawan bicaramu untuk berbicara, ini menumbuhkan kepercayaan dan respect.

Dengarkan dengan tulus – Saat ngobrol, jangan hanya menunggu kesempatan untuk bicara. Jadilah pendengar yang baik dan dengarkan lawan bicaramu dengan sungguh-sungguh. Bahkan, kamu bisa bertanya kepada mereka terkait hal yang mereka ceritakan. Ini menunjukkan bahwa kamu peduli.

Bertanggung jawab atas kegagalan – Saat terjadi kesalahan, sangat wajar apabila kita refleks menyalahkan orang lain. “Oh, itu karena dia yang salah.” Ini bisa menghilangkan kepercayaan antara kamu dan orang yang kamu salahkan. Juga membuat orang lain yang mengetahui bahwa kamu menyalahkan pihak lain, jadi sulit percaya kepadamu lagi.

Nah, membangun kepercayaan di tempat kerja terkesan sepele dan gampang melakukannya. Namun, kenyataannya tidak semudah itu. Sebab, ada kalanya kita lupa sendiri sebagai manusia. Maka dari itu, selalu biasakan dirimu untuk menanamkan kejujuran di dalam diri sendiri. Sikap jujur adalah akar dari segalanya, terutama penting dalam membangun kepercayaan. Kalau kamu bisa saling percaya dengan rekan kerjamu, tim kalian pasti bakal solid.

Editor: Isyhari Maheswar

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Sukses Bikin Video ASMR Eating di YouTube untuk Pemula

Creativepreneur and Career

6 Ide Konten Tanpa Wajah, Cocok untuk Introvert yang Ingin jadi YouTuber

Creativepreneur and Career

7 Pekerjaan Part Time Bidang Musik yang Cocok untuk Mahasiswa atau Pegawai Kantoran

Creativepreneur and Career

Jurusan yang Harus Kamu Ambil Kalau Ingin jadi Game Designer